Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan

By On Monday, May 1st, 2017 Categories : Tips Dan Trik

Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan – Bisnis ternak sapi merupakan suatu usaha peternakan yang memerlukan ketelitian dan keuletan dalam menjalankan agar dapat menguntungkan.

Memang tidak mudah untuk menjalankan peternakan dengan baik karena sebagai peternak harus menjamin kondisi sapi yang diternak selalu dalam keadaan sehat atau jika ada sapi yang sakit peternak harus cepat tanggap untuk menyembuhkannya.

Sapi yang sehat tentunya akan menghasilkan daging yang berkualitas bagus dan susu yang berkualitas baik juga. Ada beberapa ciri-ciri sapi yang dikategorikan sehat yaitu sebagai berikut ini :

  • Secara fisik sapi tidak kekurangan apapun, dalam kata lain fisik sapi sempurna
  • Gerakan sapi lincah dan responsive terhadap bunyi dan gerakan benda
  • Bulu sapi bersih dan tidak berdiri
  • Pertumbuhannya cepat

Kunci kesuksesan dari peternakan sapi adalah bagaimana taktik peternak untuk memilih bibit sapi potong(bakalan) yang baik agar dapat menguntungkan peternakan sapi itu sendiri.

Untuk dapat memilih bibit sapi potong yang baik bukan perkara yang sepele dan dibutuhkan ketelitian untuk itu.  Sapi bakalan dengan performa yang unggul cenderung memiliki potensi tumbuh kembang yang baik, kondisi fisik yang stabil dan bobot yang baik dan bertambah secara optimal pada masa pemeliharaan.

Oleh karena itu, sapi bakalan yang unggul harus memenuhi kritera performa tubuh dan kesehatan dengan standard tertentu. Ada beberapa kriteria performa sapi bakalan yaitu sebagai berikut ini :

  • Jenis sapi adalah sapi cross simenthal, cross brahman dan cross angus. Ketiga jenis sapi tersebut memiliki sifat genetis yang baik untuk digemukkan.
  • Bentuk badan sapi yang berbadan panjang dan berpostur tinggi dan kokoh dengan berat kurang lebih berkisar 300 hingga 400 kg merupakan sapi bakalan yang dapat menguntungkan peternak.
  • Dalam posisi berdiri, sapi harus terlihat lurus kokohm bentuk kaki belakang dan depan jangan sampai menyudut karena itu tidak bagus.
  • Kondisi kulit dan rambut sapi sehat terlihat dari rambut terlihat halus, mengkilap dan bebas dari parasite. Apabila rambut sapi tidak sehat maka sapi dengan mudah terserang oleh penyakit terutama penyakit gangguan pencernaan.
  • Kondisi fisik sapi baik yaitu tanduk normal tidak ada yang cacat, telinga bersuhu hangat, mulut bersih tanpa busa dan tidak mengeluarkan liur yang berlebihan, hidung basah tidak kering dan panas, mata bersih dan cerah, pernafasan normal yaitu tidak terlalu cepat dan berat, kaki tidak pincang dan kotoran lembek normal tidak cair.
  • Waktu yang tepat untuk membeli bakalan sapi potong (bakalan) dengan harga yang termurah adalah saat permulaan tahun ajaran baru sekolah yaitu bulan juni dan juli dan hari ke 20 hingga 2 hari sebelum lebaran. Harga sapi potong yang murah pastinya akan menguntungkan peternak. Harga sapi bakalan cenderung murah pada tahun ajaran baru karena kebiasaan orang di desa-desa yang membeli sapi untuk tabungan yang berguna apabila ada keperluan mendesak. Pada saat tahun ajaran baru maka orang-orang pasti membutuhkan dana yang lebih untuk biaya masuk sekolah oleh karena itu di desa-desa pada saat tahun ajaran baru pasti akan cenderung menjual sapi peliharaannya ke pasar dan biasanya dijual dengan harga murah. Lalu harga murah pada saat hari ke 20 atau 2 hari sebelum lebaran karena pada saat itu pasti pedagang sapi membutuhkan uang untuk lebaran jadi mereka tidak ada pilihan lain selain menjual murah sapi dagangan mereka.

Baca Juga : Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi

Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan | ilmuhewan | 4.5