Tips dan Trik Grooming Anjing dan Kucing

By On Monday, April 17th, 2017 Categories : Tips Dan Trik

Cara Grooming anjing dan kucing – Melakukan grooming atau memandikan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing sangat diperlukan, apa lagi mereka termasuk dalam hewan yang harus di rawat secara khusus karena bulunya misalnya.

Melakukan grooming akan menjadikan anjing dan kucing anda semakin bersih dan dapat menurunkan resik terserang penyakit kulit.

Namun proses grooming tidak asal grooming ya, takutnya nanti salah cara menjadikan anjing dan kucing anda semakin terganggu pada kesehatannya.

Baca Juga : Jenis Obat-Obatan Sakit Mata Pada Kucing Anggora Atau Persia

Berikut ini tips dan trik grooming anjing dan kucing kesayangan anda:

Pastikan hewan pada kondisi prima

Ketika anda akan melakukan grooming maka pastikan bahwa kondisi anjing dan kucing anda dalam kondisi prima yang mana sedang tidak mengalami bersin, pilek, diare atau gejala sakit lainnya.

Hal ini diperlukan karena mereka jika proses grooming di lakukan pada hewan dengan kondisi tak baik bisa menyebabkannya menjadi stres dan imun tubuh menurun sehingga akan mudah terserang penyakit.

Sebaiknya proses grooming dilakukan ketika anjing atau kucing anda berusia 2 bulan dan menggunakan air hangat.

Alat grooming

Siapkan juga peralatan grooming, seperti, handuk, hairdryer, sisir, pembersih telinga, pemotong kuku, bedak dan juga parfum. Pilihlah sampo khusus hewan, misalkan untuk anjing maka pilihlah untuk anjing dan sampo lain untuk kucing.

Jangan memakai sampo untuk manusia, karena kulit mereka berbeda dengan manusia, selain itu dapat menyebabkan kulit hewan anda rusak, maka dari itu sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter hewan langganan untuk menentukan sampo apa yang sesuai dengan jenis kulit hewan anda. Sampo – sampo tersebut juga sudah di jual di pasaran seperti penghilang kutu dan jamur.

Teknik memandikan

Proses yang harus dilakukan sebelum anjing di mandikan adalah sisir rambut kucing dari atas hingga bawah menggunakan sisir pengangkat bulu Mati baru kemudian sisir ulang dari bawah ke atas dengan sisir furbrow. Lakukan pemotongan kuku terlebih dahulu baru kucing di mandikan.

Jika anda memandikan kucing maka anda perlu membasuh seluruh tubuh kucing secara teratur secara perlahan, jangan langsung di siram air karena kucing tidak bersahabat dengan air, sehingga mereka akan berontak.

Sebaiknya jangan basahi bagian kepala kucing, karena di khawatirkan air masuk ke telinga dan menyebabkan peradangan. Anda bisa memberinya sampo menggunakan spons usus ke seluruh tubuh kucing dan bilang hingga bersih.

Perawatan kucing

Tahap selanjutnya adalah beri rambut hewan anda kondisiner dan usapkan secara merata guna melembutkan bulu – bulu mereka.

Lakukan pengeringan menggunakan handuk yang di lanjut menggunakan hairdryer atau blower agar rambut anjing dan kucing benar – benar kering, karena jika rambut mereka masih basah dapat memicu terjadinya penyakit kulit seperti jamur.

Jika anda menginginkan adanya pemberian bedak pada hewan peliharaan anda, maka segera lakukan blow dengan blower agar bedak – bedak yang menempel pada lapisan kulit tidak tersisa, karena di khawatirkan memicu terjadinya gangguan pada hewan anda.

Memberikan bedak dapat menjadikan bulu – bulu kucing dan anjing semakin halus.

Jika anda menginginkan anjing dan kucing anda wangi maka anda bisa menggunakan paru,. Tapi pilih parfum yang sesuai, aman dan tidak berjaya untuk kesehatan mereka, apalagi kucing sering sekali menjilati bulu mereka, jadi anda harus berhati – hati memilih parfum.

Anda dapat melakukan proses grooming ini seminggu sekali tanpa harus pergi ke salon hewan, dengan begitu anda dapat mengirit pengeluaran.

Baca Juga : Penyakit yang menyerang kucing pada usia tua

Loading...
Loading...
Tips dan Trik Grooming Anjing dan Kucing | ilmuhewan | 4.5