Tips dan trik budidaya ikan neon tetra

By On Wednesday, August 30th, 2017 Categories : Perikanan

cara budidaya ikan neon tetra – Anda suka memelihara ikan hias? Ada keasyikan sendiri buat para penggemar ikan hias, ketika bisa membudidayakan jenis ikan hias.

Selain bentuknya yang unik, warna dan corak juga menjadi salah satu patokan bagi para penggiat ikan di dalam memilih jenis ikan yang akan dipelihara.

Ikan hias yang dipelihara dan dapat diperlihatkan kepada kerabat jelas menjadi kebanggaan, apalagi jika ikan hias yang dibudidayakan bisa mengikuti lomba-lomba bergengsi dan memenangkan banyak lomba. Tahukah kamu ikan neon tetra?

Baca Juga : Tips Budidaya dan Merawat Ikan Arapaima

Ikan neon tetra, atau yang bahasa latinnya Paracheirodon innesi, adalah jenis ikan air tawar.

Ikan neon tetra berasal dari Colombia, Peru dan Brazilm, yang berasal dari Solimoes yang merupakan bagian dari sungai Amazon, yang memiliki suhu 20 derajat sampai 26 derajat celcius.

Ikan neon tetra sangat cocok untuk para penggemar ikan jenis ikan tropis.

Ikan neon tetra memiliki warna punggung biru terang dan corak berwarna perak di bagian perut. Dan yang menjadikan ciri khas dari neon tetra adalah corak merah yang dimulai dari perut tengah sampai ke ekor.

Cukup menarik untuk dilihat, dan kesannya segar. Ukurannya memang kecil, hanya mencapai 3-4 cm.

Ikan ini pertama kali diimpor dari Amerika Selatan ke negara-negara seperti Hong Kong, Singapura dan Thailand.

Ikan neon tetra termasuk ikan yang tahan lama untuk dipelihara, karena tidak mudah mati. Ikan neon tetra bisa bertahan 10 tahun di sungai, atau 5 tahun jika dipelihara di akuarium.

Untuk perdagangan sendiri, sebanyak 1,8 juta ekor ikan neon tetra dihargai dengan 175.000 dollar Amerika, atau 10 dollar Amerika untuk setiap bibitnya. Lalu bagamana cara memelihara ikan neon tetra? Berikut tips budidaya ikan neon tetra.

  1. Siapkan lahan akuarium yang tidak perlu besar, karena ikan neon tetra besarnya hanya 3-4 cm, hampir mirip teri. Lahan harus diberi penutup agar tidak terkena debu, dan beri air suling. Suhu air harus di bawah 25 derajat celcius.  Siapkan berbagai jenis tanaman air yang sesuai seperti ganggang.
  2. Untuk permulaan bisa disiapkan 5-10 bibit ikan neon tetra. Jangan campurkan ikan neon tetra dengan ikan besar pemangsa, atau ikan yang agresif, karena meskipun senang bergerombol, ikan neon tetra tetap saja  hanyalah ikan kecil. Ikan neon tetra bisa menyala bahkan terliat bersinar di tengah kegelapan.
  3. Pakan untuk ikan neon tetra adalah berbagai jenis pellet ataupun konsentrat pellet campuran, yang berisi protein yang dicampur dengan cacing. Ikan neon tetra termasuk ikan omnivora.
  4. Ikan neon tetra jantan lebih kurus atau pipih, sedangkan ikan neon tetra betina lebih gembul. Untuk membudidayakan ikan neon tetra, kebanyakan para penggiat ikan hias neon tetra yang sudah pernah mencoba membudidayakan ikan neon tetra akan memisahkan ikan neon tetra jantan dan betina yang akan kawin, dan memberikan sedikit cahaya bahkan gelap sampai masa kawin tiba. Ada yang menggunakan larva nyamuk sebagai pakan juga. Telur ikan neon tetra sangat sensitive terhadap cahaya.
  5. Ikan neon tetra rentan dengan beberapa penyakit, seperti terkena parasit. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengen menyingkirkan ikan yang terkena virus. Meskpiun ada juga beberapa cara pengobatan yang akhirnya berhasil, tanpa harus memisahkan ikan neon tetra dari grup. Jangan lupa sering-sering mengganti air di dalam akuarium.

Itu tadi tips budidaya ikan neon tetra.

Baca Juga : Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup tanpa air

Loading...
Loading...
Tips dan trik budidaya ikan neon tetra | ilmuhewan | 4.5