Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Kandang Entok

By On Thursday, June 9th, 2016 Categories : Kandang

Persiapan Membangun Kandang Entok – Entok adalah salah satu unggas yang populer untuk dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itu kita dapat dengan mudah menemukan pembudidayaan hewan yang satu ini. Lalu bagaimana untuk mempersiapkan kandangnya? Berikut tips yang telah kami rangkum.

Bagian Lantai

Lantai untuk kandang entok dapat terbuat dari apa saja. Maksudnya dapat terbuat dari semen atau tanah biasa.

kandang entok

Hanya saja yang perlu untuk diperhatikan adalah sebaiknya kita meletakan jerami atau rumput kering untuk menyesuaikan dengan habitatnya juga untuk menjaga lantai agar selalu kering.

Baca Juga : Ini Dia Cara Ternak Bebek Petelur untuk Pemula

Bagian Dinding

Bahan dari bambu biasanya digunakan dalam membuat kandang untuk unggas jenis entok ini. Namun hal ini juga bukan merupakan aturan baku, untuk dinding kandang kita bebas menggunakan bahan apapun asalkan dapat mengamankan entok di kandang dan dapat memberinya akses udara.

Maka dari itu dinding sebaiknya tidak terlalu rapat dan terdapat rongga udara. Juga perhatikan tinggi dari dinding karena kemampuan entok untuk melompati dinding cukup baik.

Lokasi Kandang

Berternak unggas jenis entok sebaiknya jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini karena unggas ini cukup mengganggu dari segi bau yang ditimbulkan.

Jika terlalu dekat dengan pemukiman penduduk dikhawatirkan akan ada komplain dari penduduk yang mengeluhkan bau dari kandang entok.

Selain itu, jika dalam jumlah peternakan besar seperti milik suatu perusahaan, maka perijinan untuk mendirikan kandang juga akan mengalami kendala.

Tempat Pakan dan Minum

Tempat pakan yang ideal untuk kandang entok adalah diletakan di luar kandang. Hal ini karena untuk memudahkan kita ketika membersihkanya nanti.

Tipe Kandang

Kandan entok juga terdapat berbagai macam tipe:

  1. Kandang Postal

Tipe kandang postal adalah tipe yang paling umum digunakan dalam budidaya entok. Dapat dihuni secara beramai-ramai dan satu kandang populasinya dapat mencapai ratusan hingga ribuan ekor entok.

  1. Kandang Baterai

Tipe kandang ini berbeda dengan tipe baterai yang hanya diperuntukan untuk setiap 1 kandang untuk dihuni 1 entok dewasa.

Untuk itu bentuknya seperti kotak-kotak dengan ukuran sekitar 50×50 45 cm. Atau juga bisa dibuat berkelompok yaitu dihuni hingga 5 ekor entok dalam satu kotak.

Namun tentu saja ukuranya lebih luas. Biasanya, kandang berupa bambu atau rangka kawat. Untuk biaya pembuatan kandang tipe baterai relatif lebih tinggi. selain itu, untuk tipe kandang ini biasanya harus ada SDM yang mampu menjadi ahli inseminasi buatan.

Keuntungan dari tipe kandang ini adalah entok lebih terkontrol dan pengendalian penyakitnya lebih baik. Untuk pengambilan telur di kandang baterai juga lebih mudah karena tempatnya mendukung.

Sedangkan berdasarkan kondisinya, jenis kandang entok dapat dibagi menjadi kandang basah dan kandang kering.

  1. Kandang Basah

Kandang basah ini berarti kandang terdapat zona basah untuk entok seperti untuk aktivitas minum, berenang, dan proses perkawinan.

Entok adalah jenis unggas yang habitatnya di darat dan di air. Untuk itu pembuatan kolam untuk entok di kandang adalah upaya untuk membuat entok seperti hidup di habitat aslinya.

Sistem kandang basah sangat cocok untuk entok petelur dan mencetak telur tetas. Kolam untuk entok tidak perlu terlalu luas.

Hal ini agar entok tidak kehabisan tenaga saat hendak keluar kolam. Juga pisahkan agak jauh dari tempat makan agar tempat makan tidak terlalu basah oleh aktivitas berenang entok.

  1. Kandang Kering

Sedangkan sistem kandang kering hanya menyediakan air untuk cuci muka dan minum. Kelebihan dari kandang kering adalah dapat meinimalkan bau kotoran dari entok. Selain itu, sistem kandang kering lebih mudah dibersihkan dan lebih tidak rawan penyakit.

Baca Juga : Panduan Sederhana Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Loading...
Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Kandang Entok | ilmuhewan | 4.5