Tips dan Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

By On Monday, September 5th, 2016 Categories : Burung

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor – Pada dasarnya burung jenis pleci akan cepat berkicau apabila ia dirawat dengan baik, benar dan juga sesuai.

Akan tetapi jika burung ini cuma dipelihara dengan cara standar (biasa saja) tanpa dengan memperhatikan pola perawatan burung yang sesuai, maka hasilnyapun tak akan bisa maksimal seperti yang diharapkan.

Adapun tips perawatan pleci agar cepat bisa gacor yang bisa anda coba dan berikan pada pleci misalnya dengan pengembunan, pemberian pakan, penjemuran, pemasteran (pelatihan suara) dan sebagainya.

placi

Baca Juga : Cara Menyiapkan Burung Kacer Agar Menang di Perlombaan

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa menyimak beberapa tips untuk melakukan perawatan harian burung pleci yang telah berhasil saya rangkum.

Penjemuran Burung Pleci Gacor

Menjemur pleci secara rutin merupakan langkah awal dalam perawatan burung pleci harian. Tidak hanya pleci, hal tersebut merupakan kebutuhan penting bagi hamper semua jenis burung.

Proses penjemuran dilakukan dipagi hari saat matahari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam. Sebelum penjemuran, disarankan untuk memandikanya terlebih dahulu.

Apabila anda memiliki pleci lebih dari satu ekor, sangat dianjurkan untuk menjemurnya bersamaan dalam satu tempat dan juga waktu yang sama.

Ini bertujuan supaya nantinya bisa merangsang semua burung tersebut untuk saling bersahutan, selain itu metode ini juga melatih kelantangan suara kicauannya.

Pembentukan Fisik dalam Perawatan Burung Pleci Gacor

Pada dasarnya burung yang berkicau secara lantang, merdu dan maksimal adalah yang aktif dan selalu prima. Maka itu kita perlu membentuk fisik burung yang tangguh.

Tahapan yang dapat anda lakukan pertama kali adalah dengan memberi dua tenggeran dengan jarak agak berjauhan, supaya pleci lebih aktif bergerak. Kesimpulannya, bila pleci lebih banyak bergerak, ia akan lebih gesit dan secara otomatis lemak pada tubuhnya banyak yang terbakar sehingga laju pembentukan postur serta fisiknya akan lebih bagus lagi.

Tak hanya itu, jika pleci semakin aktif, nafasnya pun akan terbentuk lebih panjang. Sehingga dorongan untuk gacor dapat keluar dengan lantang.

Pemberian Pakan Burung Pleci Gacor yang Baik dan Sesuai

Pakan yang cocok untuk burung pleci diharuskan mengandung nutrisi atau zat gizi lengkap dan sesuai kebutuhan tiap individunya. Apabila kita hanya memberikan voor standar, maka penampilannya akan cenderung biasa saja, hal itu terjadi karena kadar nutrisi yang dibutuhkannya belum terpenuhi.

Akan sangat berbeda penampilannya jika kita memberi voor yang bernutrisi lengkap, pleci akan tampil oke. Dan pleci gacor tak hanya butuh voor berkualitas tinggi saja, adapun jenis makanan pokok yang juga harus diberikan semisal Buah-buahan segar seperti pisang kepok, apel, pepaya, jeruk, dll.

Kemudian Ekstra Fooding dapat berupa kroto, ulat hongkong, dan sebagainya. Lalu jangan sampai lupa memberikan sedikit Nektar. Apabila anda kesulitan mencarinya, anda bisa menggatikannya dengan cara membuat air gula yang memiliki perbandingan 1:4.

Pengembunan Burung Pleci Sangat Penting dalam Perawatan Pleci Harian

Pengembunan dilakukan dengan menggantung pleci diluar ruangan. Proses ini mirip dengan metode penjemuran yang bisa dilakukan di pagi hari.

Perbedaannya jika penjemuran dilakukan ketika terbit sinar matahari, akan tetapi pengembunan harus dilakukan sebelum matahari terbit. Tepatnya sesudah subuh berkisar antara pukul 05.00 hingga 06.00 pagi.

Kemudian peletakkan posisi sangkar saat pengembunan akan dapat lebih bagus lagi jika ditempatkan pada posisi ranting-ranting pepohonan, sehingga burung pleci dapat menghirup udara segar yang akan dimanfaatkan olehnya untuk berlatih olah pernafasan.

Apabila burung ini sudah cukup sering diembunkan, otomatis pernafasannya pun akan bisa lebih bagus sehingga burung pleci dapat segera melantunkan gacoran ngalasnya.

Pelatihan Suara atau Pemasteran untuk Merawat Burung Gacoran Pleci

Metode yang paling penting yang dapat menunjang kemampuan dari kicau burung ini adalah dengan pemberian pemasteran. Untuk pemasterannya, kita bisa memakai suara masteran yang sesuai baginya. Pemasteran dilakukan untuk memancing suara pleci bakalan, dapat kita lakukan dengan gacoran burung pleci betina.

Sedangkan untuk burung pleci yang sudah siap atau jadi, bisa dimaster dengan beberapa jenis suara seperti jalak suren, burung madu, dsb. Lakukan tahapan ini secara telaten ketika malam hari agar pleci cepat bisa gacor.

Sekian artikel dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih, see you next post!

Baca Juga : Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci?

Loading...
Tips dan Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor | ilmuhewan | 4.5