Tips Budidaya dan Ternak Bebek atau Entok

By On Saturday, February 27th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Tips Budidaya dan Ternak Bebek atau Entok – Bebek atau entok adalah salah satu jenis unggas yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia.

Banyak kita jumpai berbagai kuliner yang memanfaatkan daging bebek atau entok ini, mulai dari dibakar, penyet, sup, sate dan lain sebagainya.

Maka dari itu, harga bebek atau entok ini pun tergolong mahal. Entok pejantan yang sudah besar saja bisa mencapai harga 100 ribu rupiah. Belum harga di area Jawa Tengah yang kabarnya lebih tinggi lagi.

Untitled

Mengenai unggas ini, pengembangbiakanya mudah, karena unggas jenis bebek atau entok ini bisa memakan banyak jenis makanan dibanding jenis unggas lain.

Bahkan dengan budidaya metode ‘umbar’ (dibiarkan saja) entok ini dapat berkembang biak dengan sendirinya.

Baca Juga : Jenis-jenis Domba yang Layak untuk Dibudidayakan

Daya tahanya terhadap penyakit juga dikenal baik. Entok dapat bertahan dari berbagai serangan penyakit sehingga angka kematianya rendah. Untuk itulah budidaya bebek atau entok ini banyak digemari para peternak unggas.

Jika anda berminat membudidayakan unggas jenis ini, berikut kami berikan tips budidaya dan ternak bebek atau entok agar anda mendapat hasil maksimal dari usaha ternak tersebut.

Mengenai Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit akan menentukan keberhasilan budidaya entok. Maka dari itu penting untuk diketahui cara terbaik untuk menentukan bibit yang baik. Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan di sini, yaitu calon induk, calon pejantan dan telur tetas.

Untuk calon induk dan calon pejantan, pilihlah entok yang sehat dan unggul fisiknya. Ciri-ciri umum dari entok yang sehat adalah nafsu makanya baik, warna kotoranya normal, gerakanya lincah (bahkan bisa terbang walaupun jarak pendek) serta pertumbuhanya cepat.

Sedangkan untuk ciri dari bibit unggul bisa dilihat dari ciri fisiknya yang tegak, bentuk tubuh kompak, susunan bulunya rapi an tidak ada tanda-tanda cacat.

Telur tetas pun demikian, pilihlah telur yang bersih, tidak retak, bentuknya oval dan beratnya antara 60 hingga 70 gram.

Mengenai Pengaturan Kandang

Ada bebarapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang entok yang baik. Selain dapat menjaga keamanan entok, kandang juga harus disesuaikan dengan karakter dan habitat asli entok. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan.

  1. Pastikan kandang entok mempunyai pembatas yang cukup tinggi. Ingat, bebek atau entok adalah unggas yang mempunyai kemampuan terbang yang cukup baik. Jadi pembatas ini haruslah mampu menghalangi entok terbang keluar dari kandang.
  2. Bebek atau entok dalam habitat aslinya hidup di darat dan di air. Maka berilah kubangan air di dalam kandang untuk menyesuaikanya dengan habitat asli.
  3. Kandang harus memberikan ruang gerak yang cukup untuk menghindari pertengkaran antar entok dewasa.
  4. Usahakan kandang menghadap ke sisi timur agar bebek atau entok mendapatkan sinar matahari pagi yang baik.
  5. Terakhir, pastikan sirkulasi udara dan kebersihan kandang terjaga demi kesehatan entok-entok di dalamnya.

Mengenai Pemberian Pakan

Pada dasarnya pemberian pakan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi entok. Kebutuhan nutrisi entok dewasa tentu berbeda dengan kebutuhan nutrisi entok muda, dan lain sebagainya. Maka dari itu, poin-poin berikut ini perlu anda perhatikan dalam pemberian pakan entok.

  1. Cukup berikan konsentrat starter untuk entok usia 1 sampai 2 minggu.
  2. Setelah usia lebih dari 2 minggu, anda bisa mencampurkanya dengan pakan biasa.
  3. Kelompokan mereka berdasarkan usia untuk memudahkan dalam pemberian porsi pakan.
  4. Usahakan pakan mengandung nutrisi yang baik, terutama protein, agar tumbuh kembang entok dapat maksimal.
  5. Selalu jaga tempat pakan dalam kondisi layak dan bersih untuk menghindari kuman dan bakteri yang berbahaya bagi entok.

Vaksinasi

Meskipun daya tahan terhadap penyakit bebek atau entok ini tergolong baik, tetap dibutuhkan vaksinasi untuk menghindari virus yang rentan menyerang entok.

Salah satu virus yang rentan menyerang entok adalah virus flu dan pilek. Virus ini rentan menyerang terutama di saat-saat musim penghujan atau kondisi kandang yang lembab.

Anda bisa menggunakan vaksin Vitachicks untuk menangkal penyebaran virus flu dan pilek ini pada entok.  Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Mudah Ternak dan Budidaya Cucak Jenggot

Tips Budidaya dan Ternak Bebek atau Entok | ilmuhewan | 4.5