Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Tipe dan Jenis Kandang Kambing

By On Sunday, February 28th, 2016 Categories : Kandang

Tipe dan Jenis Kandang Kambing – Kambing merupakan hewan herbivora atau pemakan rumput yang berkaki empat.

Kambing biasanya dibudidayakan atau diternak untuk dimanfaatkan daging dan juga kulitnya. Sebagian besar pemanfaatan hewan ini adalah untuk konsumsi.

Oleh karena itu banyak orang tertarik untuk membudidayakan kambing karena tingkat kebutuahan akan konsumsi hewan ini yang amat tignggi di pasaran.

Untitled

Jika tertarik untuk membudidayakan kambing, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah perihal kandang kambing.

Baca Juga : Jenis-jenis Domba yang Layak untuk Dibudidayakan

Kandang merupakan sebuah bangunan yang memiliki fungsi untuk melindungi hewan ternak dari gangguan luar. Misalnya terik sinar matahari, hujan, angin dan lain sebagainya.

Fungsi lain dari kandang ialah memudahkan pengawasan dan pemeliharaan serta memudahkan dalam pengumpulan kotoran.

Sehingga kebersihan akan lingkungan ternak tetap terjaga. Kandang juga bisa dibilang sebagai tempat tinggal hewan ternak. Kandang dikatakan baik apabila telah memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut anatara lain:

  • Bangunannya kuat dan kokoh.
  • Sirkulasi udara yang baik.
  • Sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang. Usahakan kandang menghadap ke timur.
  • Kandang mudah untuk dibersihkan.
  • Letak kandang jauh dari rumah dan jalan umum.
  • Lingkungan kandang yang bersih dan kering

Dalam hal berternak kambing, kandang kambing dibedakan menjadi dua model. Dua model tersebut ialah kandang kambing model lantai atau latar dan kandang kambing model panggung.

Namun model kandang yang sesuai untuk berternak kambing adalah kandang model panggung. Hal ini dikarenakan peternak dapat mengendalikan kesehatan ternak secara optimal. Namun model kandang tersebut juga memiliki kelebihan dan kekuranga, diantaranya:

Kelebihan kandang model panggung

  • Kandang lebih bersih dan kering.
  • Kandang mudah dibersihkan.
  • Sirkulasi udara yang baik.
  • Ternak aman dari predator.

Kelemahan kandnag model panggung

  • Ada kemungkinan kaki kambing terpelosok ke celah lantai kandang.
  • Ada kemungkinan kambing lompat kebawah.
  • Bahan baku yang digunakan lebih banyak.

Walaupun kandang model panggung memiliki beberapa kekurangan, namun semua kekurangan tersebut masih bisa dimanipulasi agar kambing tetap merasa nyaman didalam kandang tersebut.

Selain itu dengan menggunakan kandang model panggung dapat menjauhkan atau mengurangi resiko kambing terkena penyakit dari pada menggunakan kandang dengan model lantai atau latar.

Selain itu ada beberapa jenis kandang untuk kambing. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan fungsinya. Jenis kandang tersebut antara lain:

Kandang kambing individu

Jenis kandnag kambing ini ialah kandnag yang memiliki sekat. Sehingga antara kambing satu dengan yang lainnya memiliki batas.

Ukuran yang digunakan ialah 0,75m x 1,4m atau 0,7m x 1,5m. Kandnag ini memiliki fungsi untuk penggemukan kambing.

Kandang kambing beranak dan menyusui

Sesuai dengan namanya, kandang ini dihuni oleh indukan kambing yang baru melahirkan dan sedang menyusui anaknya. Kandang ini dimaksudkan untuk memisahkan anak kambing agar tidak bercampur dengan indukan lain. Ukuran normal untuk kandnag ini ialah 1,5m x 1,5m.

Kandang kambing koloni

Jenis kandang kambing ini amatlah luas dan tidak memiliki sekat. Sehingga kandang ini dapat dihuni oleh kambing dalam jumlah banyak.

Ukuran jenis kandang ini disesuaikan dengan jumlah dan ukuran kambing. Untuk kambing yang berumur 3-7 bulan, setiap ekor memerlukan luas lantai 0,5m2, sedangkan kambing yang berumur diatas 7 bulan memerlukan luas lantai 0,75m2 dan untuk kambing indukan memerlukan luas 1m2.

Baca Juga : Ini Dia Tipe dan Jenis Kandang Kelinci

Loading...
Tipe dan Jenis Kandang Kambing | ilmuhewan | 4.5