Teknik dan Panduan  Budidaya Ikan Tuna

By On Friday, March 18th, 2016 Categories : Perikanan

Diantara ikan konsumsi ikan tuna merupakan  primadona di sektor perikanan. Sehingga komoditas ini selalu menjadi sorotan utama.

Secara potensi  ikan ini memang mempunyai banyak keistimewaan ,maka selalu menjadi daya tarik untuk  dicoba dibudidayakan.

Kecenderungan jumlah penurunan baik populasi dan juga berat badan masing masing ikan tuna hasil tangkapan di laut, telah menuukan bahwa kondisi keberadaan tuna ini sudah makin  sedikit dan sangat terbatas di alam.

Untitled1

Maka langkah yang tepat solusi ini ialah kepedulian manusia untuk merekayasa melestarikan supaya tidak terjadi kepunahan dengan cara antara lain membudidayakan ikan tuna.

Untuk mengenal ikan tuna lebih dekat kita  harus ketahui dahulu  tentang  klsifikasinya. Ikan tuna termasuk dalam kelompok ikan palagis yang memang dikenal sangat aktif memiliki  dinamika gerakan  di air yang sangat leluasa.

Kebiasaan dari ikan tuna ini sering hidup secara beramai ramai bergerombol disaat sedang mencari makan, kita tidak heran jika ikan tuna mempunyai kecepatan renang yang sangat  fantastis bisa mencapai 50 km per jamnya.

Konon ikan ini tersebar luas di perairan tropis dan sub-tropis. Di Indonesia  diantaranya tersebar di laut sepanjang  wilayah pantai utara kemudian wilayah perairan timur Aceh  hingga ke perairan  sekitar  selat Maluku.

Berkat terus  meningkatnya permintaan di pasar akan ikan jenis karnivora ini, maka menjadikan pembudidayaan ikan tuna ini mampu memberikan keuntungan yang  berarti .

Sekarang  budidaya ikan tuna  lebih banyak pada usaha pembesaran,aktivitasnya masih terbatas berupa  melakukan penangkapan  anakan  tuna di alam kemudian melakukan pembesaran di jaring apung. Usaha seperti ini sudah mulai dirintis oleh Australia.

Disana anakan tuna yang bersirip biru  dari berat semula  hanya 1kg  dan 5kg untuk  dipelihra  sampai 2 tahun  dilakukan pembesaran sampai mencapai target berat tertentu yang layak untuk dipasarkan.

Konon produksi ikan tuna hasil dari budidaya pembesaran ini  kapasitasnya sudah mencapai 7500 ton per tahun,tentu sangat mengagumkan,kenapa tidak termotivasi?

Pembudidayakan ikan tuna  sering mendapatkan kendala seperti dalam hal pemenuhan dari pakan hidup ikan karnivora ini.

Kini  tantangan tersebut menjadi  pemicu semangat supaya dicarikan solusinya yang benar agar  menghasilkan keuntungan yang besar dengan memperhatikan  teknik budidaya yang baik dan benar,maka ada beberapa point penting  yaitu :

  1. Harus diperhatikan dalam cara budidaya  ikan tuna adalah menentukan terlebih dahulu metode sekaligus  media dari budidaya ikan ini yang  akan digunakan.
  1. Biasanya dan yang dilakukan dalam pemeliharaan budidaya ikan tuna ini dengan menggunakan keramba jaring apung.
  1. Budidaya semacam ini juga tidak akan mencemari lingkungan. Kendala yang harus dihadapi dari sistem resirkulasi adalah kebutuhan listrik lumayan tinggi.

Tahap Pengumpulan Benih

Selanjutnya  cara budidaya  ikan tuna ini adalah pengumpulan benih. Biasanya cara mendapatkan  benih  ikan tuna ini dapat diperoleh dari penangkapan di alam  bebas  yang  kemudian dibesarkan di kolam dengan tujuan meningkatkan kandungan lemak pada ikan tuna tersebut.

Akan tetapi untuk  jenis khusus yakni ikan tuna sirip biru, kita  bisa mendapatkan benihnya dari induk dari kolam penangkaran, karena sudah banyak pengembangan jenis ikan tuna yang ber sirip biru saat ini.

Tahap Pemberian Pakan

Setelah itu   pemberian pakan tuna. Budidaya dari ikan tuna yang baik membutuhkan sekitar  dua ribu  benih ikan  untuk setiap periode dari budidaya.

Ikan tuna merupakan ikan karnivora yang memangsa jenis  ikan jenis lain. Maka sebaiknya berilah pakan ikan  yang  cocok biasanya  berupa  ikan sarden, ikan pilchard atau ikan teri.

Pemanenan Ikan Tuna

Terakhir  dalam teknik pemanenan  hasil budidaya  ikan tuna  sebaiknya langsung untuk turun ke dalam keramba.

Lalu melakukan  panen terus menerus langkah ini sampai ikan tuna dalam keramba habis  jika masih ada yang tertinggal namun sulit untuk ditangkap,  pakailah pancing rawai.

Baca Juga : Tips dan Cara Praktis Budidaya Udang Hias Air Tawar

Teknik dan Panduan  Budidaya Ikan Tuna | ilmuhewan | 4.5