Teknik cubit untuk mengobati kambing yang keracunan

By On Wednesday, February 8th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Teknik cubit untuk mengobati kambing yang keracunan – Membudidayakan dan mengembang biakan kambing jenis peranakan etawa memang memberikan hasil yang bisa dibilang maksimal bagi para peternak.

Selain, nilai jual yang relatif tinggi. Banyak hasil kambing jenis peranakan etawa yang bisa dimanfaatkan. Seperti kulit, daging dan sebagainya.

Akan tetapi, cukup banyak masalah dan tantangan para peternak kambing jenis peranakan etawa yang hadir silih berganti. Salah satunya adalah keracunan.

Baca Juga : Beberapa Ciri dan Cara Mengatasi Kambing Yang Keracunan

Keracunan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, yang paling umum adalah melalui makanan dan minuman.

Jenis rumput tertentu baik alami ataupun tidak. Bisa mengandung zat zat kimia yang menyebabkan kambing keracunan.

Misalnya rumput yang terkontaminasi insekstisida. Selain itu, minuman berupa air yang kurang bersih juga bisa menyebabkan kambing keracunan.

Untuk mengobati kambing yang keracunan. Para peternak bisa menggunakan beberapa metode. Di antaranya seperti pengirisan telinga dan teknik cubit. Tidak semua metode bisa diterapkan karena harus melalui berbagai pertimbangan yang matang.

Kelebihan dan kekurangan pada teknik pengirisan telinga untuk mengobati kambing yang keracunan

Kambing indukan yang keracunan umumnya memiliki gejala. Berikut ini adalah gejala kambing yang keracunan:

  1. Pupil mata mengecil
  2. Limbung dan tidak fokus hingga hilang kesadaran
  3. Tidak mau makan dan minum selama rentang waktu 2 – 3 hari
  4. Nafas dan denyut jantung melemah dan tidak teratur

Jika menjumpai beberapa gejala keracunan di atas, peternak harus waspada karena bisa menyebabkan fatal yaitu kematian.

Dalam kasus keracunan yang terjadi pada kambing jenis peranakan etawa teknik pengirisan telinga sesungguhnya cukup efektif. Akan tetapi, tetap memberikan kerugian.

Teknik pengirisan telinga dipakai untuk memberikan rangsangan rasa nyeri pada kambing agar tetap sadar dan tetap menahan sakit.

Dalam melewati masa – masa kritis tersebut, diharapkan obat – obatan yang sudah diberikan bisa bekerja maksimal saat menetralisir racun.

Sayangnya, ketika sudah melewati masa kritis dan dinyatakan sembuh. Kambing peranakan etawa tersebut sudah cacat karena telinganya terpotong. Perlu diketahui bahwa, nilai jual kambing jenis peranakan etawa juga bisa dilihat dari bentuk dan ukuran telinganya.

Jadi, teknik pengirisan telinga pada kambing yang keracunan dianggap kurang populer. Karena metode di atas bisa memberikan dampak kerugian saat kambing akan dijual.

Metode alternatif yang bisa dipakai adalah metode atau teknik cubit. Inilah beberapa panduan untuk menggunakan teknik cubit untuk mengobati kambing yang keracunan.

Selama terapi teknik cubit, kambing harus selalu dirawat dengan memberikan cairan secara kontinyu agar kambing tidak kehilangan cairan alami tubuh. Misalnya saja bisa menggunakan air kelapa. Jika tidak ada air kelapa, silakan untuk membuat campuran di bawah ini:

Manfaatkan bahan sebagai berikut:

  1. Telor bebek sebanyak 2 butir
  2. Air tebu
  3. Air hangat

Caranya:

  1. Campurkan ketiga bahan di atas sampai merata. Minumkan secara bertahap kepada kambing untuk mengganti cairan tubuhnya yang hilang.
  1. Rentang waktu 2 jam, kembali berikan air kelapa atau campuran alternatif untuk memberikan protein tinggi guna menambah daya tahan tubuh kambing dan segera membuang racun – racun yang ada di dalam tubuh kambing.
  1. Terapkan teknik cubit dengan cara mencubit bagian telinga kambing secara bergantian. Jika kambing terlihat kehilangan fokus, segera cubit lagi secara bergantian telinga kiri dan kanan. Teknik ini akan memberikan dampak positif yaitu menjaga agar kambing tetap sadar dan menahan rasa sakit.
  1. Rangsangan berupa cubitan di telinga juga membuat sirkulasi peredaran darah kembali normal serta kambing mau makan kembali.

Semoga teknik cubit untuk mengobati kambing yang keracunan dapat membantu dan bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf Pada Hewan Kambing

Loading...
Loading...
Teknik cubit untuk mengobati kambing yang keracunan | ilmuhewan | 4.5