Tanda Tanaman Padi Siap Panen

By On Monday, October 21st, 2019 Categories : Biologi

Tanda Tanaman Padi Siap PanenTidak bisa di pungkiri bahwa Indonesia merupakan Negara yang memiliki komoditas padi yang cukup tinggi dibandingkan dengan Negara-negara lainnya.

Bahkan sangking banyaknya, di Indonesia para petani bisa menanam 3 kali, dan minimal penanaman 2 kali dalam satu tahun. Untuk menandai apakah padi siap panen pun, menjadi hal yang sangat sederhana untuk di tentukan oleh mereka.

Tapi, hal itu menjadi sangat sulit untuk kita yang masih dalam kategori awam untuk hal tersebut. Namun jangan khawatir, di sini akan sedikit membahas mengenai berbagai tanda padi siap panen untuk dijadikan referensi Anda:

Warna Mulai Berubah

Biasanya padi memiliki warna khas jika sudah waktunya panen, yakni warna kuning tua. Jika mereka mulai berangsur-angsur berwarna demikian, maka itu tandanya padi siap untuk di panen dan di produksi sebagai beras. Hal ini akan berbeda jika masih berwarna hijau.

Warna Daun Berubah

Bukan hanya dari biji padi yang berubah, namun warna daunnya pun berubah. Perubahan mereka dapat di pantau dengan mudah, yakni warna mereka akan berubah kuning kecoklatan jika sudah waktunya untuk di panen. Ini adalah waktu yang pas untuk Anda bisa memetik padi dengan kualitas tinggi.

Perubahan Posisi Padi

Jika pada saat pertama kali tumbuh, mereka akan memiliki posisi tegak lurus, dan lainnya. Namun beda halnya jika mereka sudah saatnya untuk di panen. Selain warna yang berubah, posisi padi juga mulai berubah. Yakni mereka semakin hari semakin merunduk, hal ini juga yang menjadi inspirasi sebuah kata-kata bijak yang sering kita dengar.

Hama Mulai Berdatangan

Bukan hama yang seperti kita biasanya lihat. Hama yang menyerang padi ialah hama burung yang lama-kelamaan akan banyak, serta mengitari padi yang sudah tua tersebut. Dan apa lagi kalau bukan burung prit atau emprit, yang kita tahu bahwa hewan tersebut sangat menyukai padi yang sudah demikian.

Meski mereka dianggap sebagai pengganggu, di sisi lain mereka menjadi pengingat kita bahwa padi siap untuk di panen dan di olah menjadi beras siap masak, dan dijadikan nasi. Sekian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Mutasi Gen

Loading...
Loading...
Tanda Tanaman Padi Siap Panen | ilmuhewan | 4.5