Tahukah Anda Hewan Apa Saja yang Bisa Diajak Berperang

By On Thursday, June 15th, 2017 Categories : Daftar TOP

Hewan yang Bisa Diajak Berperang – Berakhirnya masa-masa penjajahan, ternyata tidak membuat perang berakhir. Beberapa negara di bagian bumi ini masih disibukan dengan berbagai konflik yang diwarnai dengan peperangan.

Tak hanya perang antarnegara saja, tetapi juga antardaerah di suatu negara itu sendiri. Meskipun tidak banyak, perang zaman dahulu dengan sekarang memiliki perbedaan, salah satunya dalam hal senjata.

Jika perang saat ini sudah menggunakan teknologi canggih, dahulu orang berperang masih mengandalkan senjata sederhana dan binatang-binatang tangguh.

Adapun beberapa binatang yang pernah dibawa ke medan perang yaitu seperti di bawah ini.

  1. Gajah

Kekuatan gajah sebagai hewan darat terbesar di dunia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, gajah masuk ke dalam daftar hewan-hewan yang dahulu sering dibawa ke medan perang.

Tak hanya memiliki tenaga yang sangat kuat, gajah juga berkulit tebal yang tidak akan mampu dilumpuhkan hanya dengan satu anak panah.

Dengan kelebihan tersebut, musuh akan dengan mudah dilumpuhkan oleh gajah-gajah tersebut, bahkan gajah sebagai hewan yang diajak berperang pun tercatat di dalam Al-qur’an.

  1. Kuda

Hewan selanjutnya yang digunakan untuk berperang adalah kuda. Jika Anda melihat film yang mengusung tema peperangan, khususnya perang yang dilakukan di zaman dahulu, kuda pasti ada di dalamnya.

Hewan ini digunakan sebagai kendaraan oleh para prajurit perang.

Selain karena kuat, kuda juga dapat berlari dengan kencang sehingga sangat membantu para prajurit maupun tentara perang yang menggunakannya.

  1. Lumba-lumba

Mamalia laut yang satu ini memang terlihat menggemaskan ketika di dalam pertunjukan sirkus. Tapi, siapa yang menyangka kalau lumba-lumba juga salah satu hewan yang pernah digunakan sebagai senjata di peperangan, khusunya oleh tentara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Lumba-lumba yang pada dasarnya hewan cerdas ini dilatih sedemikian rupa agar dapat menyerang para musuh di lautan. Cara penyerangannya pun beragam, yaitu dengan menusukan tombak hingga menyerang kapal-kapal musuh.

  1. Anjing

Selain bisa menjadi hewan peliharaan yang lucu, anjing pada zaman perang juga sering digunakan sebagai salah satu senjata. Salah satu perang yang pernah menggunakan anjing yaitu perang antara Inggris dan Irlandia.

Tentara Inggris mengerahkan banyak sekali anjing untuk memberikan perlawanan kepada tentara Irlandia di baris depan.

Tak hanya itu saja, anjing juga dapat berguna untuk melacak bom, ranjau, hingga mayat-mayat tentara yang telah gugur di medan perang.

  1. Lebah

Hewan terakhir yang juga masuk ke dalam daftar hewan yang dibawa untuk berperang yaitu lebah. Serangga kecil ini memang dikenal memiliki sengat yang akan membuat korbannya lari ketakutan.

Pada zaman dahulu, koloni lebah digunakan sebagai senjata untuk melumpuhkan musuh oleh bangsa Yunani dan Roma.

Lebah juga pernah digunakan untuk tujuan yang sama saat perang dunia I. Tidak cukup sampai di situ, seorang ilmuwan asal Amerik Serikat juga berhasil menemukan kegunaan lebah untuk mendeteksi keberadaan ranjau.

Demikian beberapa daftar hewan yang bisa diajak perang. Beruntung, saat ini hewan-hewan tersebut sudah tidak lagi digunakan sebagai senjata untuk berperang karena perang yang terjadi dewasa ini lebih banyak menggunakan senjata dan teknologi modern, seperti bom dari bahan-bahan kimia, pesawat tempur, rudal, dan lain sebagainya yang tentu saja memiliki dampak yang lebih buruk karena bukan hanya membunuh para tentara yang berperang, tetapi juga masyarakat sekitar yang tidak bersalah.

Tahukah Anda Hewan Apa Saja yang Bisa Diajak Berperang | ilmuhewan | 4.5