Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Tahapan dan Proses Spermatogenesis Pada Ternak

By On Friday, March 3rd, 2017 Categories : Info Lainnya

Tahapan dan proses spermatogenesis pada ternak – hewan ternak jantan memiliki sistem reproduksi yang tidak kalah unik. Meski hanya dijadikan sebagai pejantan untuk mendukung proses pembuahan.

Tidak ada salahnya, untuk peternak belajar dan mengetahui tentang seluk beluk Tahapan dan proses spermatogenesis pada ternak.

Pengertian spermatogenesis pada ternak

Spermatogenesis berasal dari kata sperma lebih tepatnya fase untuk menghasilkan sperma atau spermatozoa.

Baca Juga : Pengertian, Cara Dan Proses Metamorphosis Katak

Proses spermatogenesis pada ternak

Dibagi menjadi 2 proses tahapan, antara lain:

  1. spermatocytogenesis
  2. spermiogenesis

Pengertian spermatocytogenesis

Pada dasarnya, Spermatocytogenesis merupakan masa berlangsungnya pertumbuhan sel spermatogenik yang terdapat pada testis. Hal ini terjadi akibat dari produksi pembelahan sel spermatogenia yang berada pada peripheral testicular.

Peripheral testicular ini mempunyai pergerakan konkrit ke arah lubulus. Apabila spermatogenia sudah mengalami sejumlah pembelahan beberapa kali. Maka nantinya akan membentuk sebagai spermatosit primer besar.

Tahapan proses spermatocytogenesis

Sesudah spermatocyte primer mulai terbentuk, selanjutnya terjadi pembentukan  spermatocyte sekunder yang melalui proses pembelahan meiosis.

Selama terjadi pembelahan meiosis, nantinya akan mengurangi jumlah sel kromosom. Tepatnya, pada angka 60 kromosom hanya tinggal 30 kromosom saja.

Sesudah pembelahan  meisosis spermatocyte prime. Lalu spermatocyt sekunder akan terus menjalankan pembelahan dan produksi sel-sel yang lebih minor yaitu dikenal sebagai spermatid.

Pada tiap satu spermatocyte sekunder akan produksi 2 spermatid. Jika sudah menghasilkan hingga 2 spermatid, maka berakhirlah tahapan proses  spermatocytogenesis. Tahapan selanjutnya yang akan dibahas adalah tahapan spermiogenesis. Baca terus sampai habis ya.

Tahapan proses   spermiogenesis pada ternak

Sebelum sebuah sperma berhasil membuahi sel telur. Dibutuhkan banyak ‘perjuangan’ bagi sperma dengan ujian dan tahapan yang jumlahnya tidak sedikit. Selain proses spermatocytogenesis, sel sperma pada ternak jantan akan memasuki tahapan proses spermiogenesis.

Pada tahapan proses spermiogenesis ini, spermatid selanjutnya akan mengalami perbedaan ciri karakteristik. Nantinya setiap spermatid yang berhasil tumbuh akan berproses hingga menghasilkan  sperma.

Selama proses spermatid menjadi sperma berlangsung. Terdapat berbagai bentuk perubahan yang terjadi. Tak terkecuali, pembentukan sel akrosom, ekor, kepala, midpice dan masih banyak lagi.

Jika ditotal keseluruhan, maka proses tahapan spermatogenesis yang terjadi pada hewan ternak sapi jantan umumnya tepat berlangsung pada hitungan sekitar rata rata 60 hari atau 2 bulan.

Per sel sperma mencapai bobot rata rata antara 2,5 x 10-11 gram. Bahkan, dari separuh bobot tubuh ini didominasi oleh bobot dari kepala sperma. Bagian kepala sperma berisi materi pembawa gen.

Tahapan Spermatogenesis pada ternak

Jika dirunut lebih dalam, Spermatogenesis pada intinya dikendalikan oleh  FSH. Hal ini terjadi akibat dari suatu umpan balik terhadap aktivitas yang dilakukan sel sel sertoli.

Sel sel sertoli berperan sebagai pengendali pergerakan spermatogenesis. Selama proses ini berlangsung, testoteron turut memberi andil.

Sel sel sertoli yang menjadi penyusun utama inhibin, atau sumber hormon polipetida nantinya akan peredaran sitemik guna menekan sekresi FSH oleh kelenjar pituitary.

Pengeluaran hormon pada ternak jantan sebenarnya tidak berbeda terlalu jauh dengan pola atau ritme pengeluaran hormonal pada ternak betina.

Yaitu, setiap pulse LH dan FSH akan diikuti dengan pulse testoteron. Intensitas kadar testosteron yang bertambah ini akan  memberikan respon negative (feedback negative) sehingga sekresi LH akan dihambat.

Dengan mengetahui sekilas tentang tahapan dan proses spermatogenesis pada ternak. Para peternak akan mendapat beberapa manfaat.

Antara lain, lebih mudah mendeteksi kesehatan organ reproduksi termasuk masa kawin hewan ternak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Organ Reproduksi Ternak Jantan

Loading...
Tahapan dan Proses Spermatogenesis Pada Ternak | ilmuhewan | 4.5