Syarat Pakan Ternak Yang Baik

By On Sunday, April 16th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Syarat Pakan Ternak Yang Baik – Setiap hal yang pernah kita lihat pasti ada yang baik dan ada pula yang buruk. Tetapi pernahkah anda memperhatikan dengan lebih jelas lagi, apa yang membuat hal itu menjadi baik atau buruk?

Perlu diketahui, hal yang baik datang melalui sebuah peraturan yang diikuti sedemikian rupa dan menghasilkan sebuah sistem yang apat berjalan dengan baik dan berjalan dengan sempurna layaknya sebuah mekanisme yang sempurna.

Setiap peraturan pasti memiliki syarat yang harus ditepati untuk menciptakan keselarasan dan ketepatan yang akan menghasilkan hal – hal positif dan sempurna. Lalu apa yang dimaksud dengan syarat?

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Air Rebusan Kedelai Untuk Ternak

Syarat merupakan patokan dari sebuah cara yang harus dijalankan demi mewujudkan sesuatu yang kita inginkan. Biasanya syarat dapat kita temui idbeberapa tempat seperti taman, rumah, sakit, taman bermain, dll.

Hal ini dilakukan agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Begitu pula pakan untuk ternak. Pakan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan gizi yang diperlukan oleh hewan ternak sangat berpengaruh untuk perkembangan dan pertumbuhan yang dialami oleh hewan ternak tersebut. Karena jika hewan ternak dapat tumbuh dengan baik, maka peternakan pun akan menerima dampak yang baik pula.

Pakan ternak memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengindikasikan bahwa pakan tersebut baik untuk dikonsumsi ternak kita. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Syarat Pakan Ternak:

Syarat – Syarat yang harus diperhatikan

Pakan ternak harus memiliki dyarat yang harus dilakukan agar peternak tidak mengalami kendala dalam pemenuhan produktifitas atau ternak yang dirawat mengalami gangguan keshatan akibat pakan yang buruk dikemudian hari.

Oleh sebab itu, syarat – syarat ini harus diikuti demi mencegah hal buruk yang akan terjadi pada peternakan kita.  Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pakan ternak:

Kandungan nutrisi yang baik

Sebaiknya pakan ternak memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisi ini membuat hewan ternak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. hal ini dapat berdampak baik pula pada peternakan karena dapa menaikan harga jual ternak.

Ketersediannya selalu diperhatikan

Dalam hal ini, pakan diharapkan jangan sampai habis. Bagaimana caranya? Selalu memperhatikan persediaan pakan yang akan digunakan dengan yang tersisa.

Jika kira – kira pakan telah mencapai batas minimum, segeralah membeli persediaan baru untuk beberap[a waktu ke depan. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu khawatir dengan kehabisan persediaan pakan.

Harga bahan pakan yang ekonomis

Usahakan bahan pakan yang kita guanakan memiliki nilai beli yang murah. Hal ini dilakukan agar peternak tidak sulit untuk mendapatkan bahan pakan tersebut. Bahkan jika bisa, carilah bahan pakan yang gratis. Tetapi tetaplah memperhatikan kualitas dari pakan tersebut.

Tidak bersaing dengan manusia

Usahakan juga bahan pakan tidak boleh bersaing dengan pangan yang kita konsumsi setiap hari. Maksudnya, jangan sampai biaya satu porsi pakan ternak setara dengan 5 porsi pangan yang kita makan.

Palatabilitas (sesuai kesukaan)

Sesuaikanlah pakan yang kalian berikan dengan makanan yang biasa dimakan oleh hewan ternak kalian. Jangan sampai kalian memberikan daging pada ternak sapi.

Menurut penelitian, makanan yang telah disukai dan dimakan oleh hewan ternak biasanya telah mengandung gizi yang diperlukan oleh hewan ternak tersebut.

Itulah pengetahuan yang kami punya seputar Syarat Pakan Ternak. Jangan lupa untuk terus membaca artikel – artikel kami yang berisi tentang hal – hal seputar peternakan.

Demikian artikel yang telah kami buat, mohon maaf apabila ada ada kesalahan kata dan hal – hal yang kurang berkenan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Macam Pakan Ternak

Loading...
Loading...
Syarat Pakan Ternak Yang Baik | ilmuhewan | 4.5