Struktur dan Fungsi Dinding Sel

By On Thursday, April 4th, 2019 Categories : Uncategorized

Struktur dan Fungsi Dinding Sel – Salah satu perbedaan utama antara sel tumbuhan dengan sel hewan adalah pada ada tidaknya dinding sel.

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang membuat sel tersebut memiliki struktur kaku dan tidak dapat berubah bentuk, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel sehingga lebih lentur.

Adanya dinding inilah yang menyebabkan tumbuhan dapat berdiri kokoh menjulang tinggi di permukaan bumi. Dinding sel adalah fitur karakteristik dari sel tanaman, bakteri, jamur, banyak ganggang dan beberapa archaea.

Protozoa dan hewan tidak memiliki dinding sel. Dinding sel sendiri dapat diartian sebagai lapisan kaku yang mengelilingi beberapa jenis sel.

Daerah ini terletak di luar membran sel yang berfungsi untuk memberikan kekakuan, kekuatan, perlindungan terhadap stres mekanik dan infeksi.

Struktur dinding sel terdiri dari lamella tengah atau lapisan antar sel, dinding primer dan dinding sekunder. Lamella tengah terdapat diantara dua dinding primer dari dua sel yang merupakan senyawa yang tanpa bentuk (amorf).

Dinding sel primer dimiliki oleh sel-sel yang masih aktif tumbuh dan membelah diri, sedangkan dinding sel sekunder dimiliki oleh sel yang telah dewasa dan tidak tumbuh lagi. Pada awalnya semua sel tumbuhan tersusun atas dinding sel primer.

Ketika suatu sel telah matang, mencapai ukuran maksimum dan tidak tumbuh lagi, akan terbentuk dinding sel sekunder di bagian dalam dinding sel primer tersebut. Dinding sel merupakan bagian sel tumbuhan yang sangat penting, fungsi dinding sel bagi tumbuhan adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan struktur dan bentuk sel yang pasti.
  2. Memberikan dukungan struktural.
  3. Perlindungan terhadap infeksi dan stres mekanik.
  4. Memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar.
  5. Dinding sel memungkinkan transportasi zat dan informasi dari bagian dalam sel ke eksterior.
  6. Juga membantu dalam regulasi osmotik.
  7. Mencegah kehilangan air.
  8. Kegiatan fisiologis dan biokimia dari dinding sel membantu dalam komunikasi sel-sel.
  9. Membantu difusi gas masuk dan keluar dari sel.
  10. Juga memberikan perlindungan mekanik dari serangga dan patogen.

Dinding sel tidak hanya dimiliki oleh sel tumbuhan, namun juga pada jamur dan bakteri. Perbedaan antara dinding sel tumbuhan, jamur, dan bakteri terdapat pada komponen penyusunnya.

Namun semua dinding sel tersebut memiliki fungsi yang sama sebagai struktur yang akan memberikan kekuatan pada sel.

Loading...
Loading...
Struktur dan Fungsi Dinding Sel | ilmuhewan | 4.5