Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata

By On Thursday, December 22nd, 2016 Categories : Info Lainnya

Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata – Setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan beberapa hal untuk bisa bertahan hidup.

Mulai dari nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Namun ada satu hal penting yang tentunya sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup untuk bisa bertahan hidup. Satu hal tersebut adalah untuk melakukan pernapasan.

Seperti yang diketahui bernafas adalah kebutuhan yang diperlukan oleh tiap makhluk hidup. Karena melalui bernafaslah, makhluk hidup mendapatkan berbagai hal yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Salah satu yang paling vital adalah kebutuhan tubuh akan oksigen.

Baca Juga : Perkembangbiakkan Hewan Vertebrata

Dimana hal tersebut hanya bisa terpenuhi dengan melakukan penrafasan. Tidak terkecuali untuk hewan vertebrata. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan sistem pernapasan pada hewan vertebrata:

  1. Sistem Pernapasan Ikan

Hal pertama yang harus diketahui tentang sistem pernasapan Ikan tentu adalah alat pernapasannya. Seperti yang diketahui, Ikan menggunakan insang untuk membantunya melakukan pernapasan.

Dimana tiap jenis ikan maka berbeda pula jenis insang dan jumlah insang yang dimiliki. Namun tentunya tiap Ikan memiliki mekanisme yang hampir serupa. Seperti yang akan dijelaskan seperti dibawah ini:

  • Pengambilan Oksigen

Langkah pertama dalam tiap makhluk hidup dalam bernafas tentunya adalah pengambilan oksigen. Dimana untuk Ikan hal ini terjadi dengan sedikit perbedaan.

Dimana ketika Ikan akan mengambil oksigen maka mulutnya tertutup rapat hanya insangnya membuka ke samping untuk memasukan oksigen.

  • Pengeluaran Karbondioksida

Dalam pelepasan maupun pengeluaran karbondioksida pada ikan ternyata keberadaan air sangat membantu. Dimana air yang memenuhi rongga mulut dari Ikan akan menarik karbondioksida untuk keluar melalui insang yang terus bergerak. Sedangkan oksigen yang sudah masuk akan diikat oleh darah untuk kemudian diolah.

  1. Sistem Pernapasan Katak

Seperti yang diketahui Katak bukanlah seperti kebanyakan hewan lainnya yang langsung berada di titik sempurnanya ketika lahir. Karena nyatanya Katak membutuhkan banyak langkah untuk bisa berada di wujud sempurnanya.

Mulai dari fase telur, berudu, katak kecil hingga katak dewasa. Sehingga tiap prosesnya tentu Katak memiliki sistem pencernaan yang berbeda-beda. Untuk itulah akan dijelaskan sistem pencernaan tersebut satu per satu:

  • Fase Berudu

Dimana fase ini adalah fase pertama yang harus terlebih dahulu dilalui oleh Katak. Sedangkan untuk sistem pernafasannya sendiri Katak fase berudu sangat mengandalkan insang luar. Pada insang luarlah Katak Berudu mendapatkan oksigen untuk bisa bertahan hidup.

  • Fase Katak Kecil

Fase selanjutnya setelah mengalami fase berudu adalah fase Katak Kecil. Dimana setelah berada di fase ini tentunya Katak Kecil tidak lagi menggunakan insang luar untuk bernafas.

Seperti yang dilakukan ketika masih berada di fase berudu. Dimana pada fase Katak Kecil maka mereka menggunakan insang dalam sebagai sistem pernafasan.

  • Fase Katak Dewasa

Sistem pernapasan yang digunakan pada Katak Dewasa tentunya juga berbeda lagi. Dimana Katak Dewasa telah menggunakan paru-paru sebagai sistem pernafasan utamanya.

  1. Sistem Pernafasan Reptil

Seperti yang diketahui, Reptil memiliki banyak jenisnya. Sehingga tentunya sistem pernafasan pada Reptil tidak bisa dipukul sama rata dengan begitu saja. Karena Reptil sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Reptil Air dan Reptil udara:

  • Reptil Air

Yang dimaksud dengan reptil air adalah reptile yang menghabiskan banyak waktunya di air. Dimana reptil air memiliki katup pada hidungnya. Dimana katup ini berguna untuk melindungi hidung ketika Reptil berada di dalam air.

  • Reptil udara

Reptil Udara sendiri menggunakan paru-paru untuk bisa bernafas dengan sedikit bantuan dari pundi-pundi udara.

Baca Juga : Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)

Loading...
Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata | ilmuhewan | 4.5