Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Sistem Ekskresi Pada Pisces dan Aves

By On Thursday, November 16th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Sistem Ekskresi Pada Pisces dan Aves – Setiap mahluk hidup mempunyai organ dengan fungsi yang berbeda. Organ-organ ini saling bekerja sama dan membentuk satu sistem.

Dalam setiap tubuh mahluk hidup terdapat beberapa sistem yang bekerja, seperti sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem ekskresi.

Dalam artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan sistem ekskresi? Proses pembuangan zat hasil metabolisme tubuh dinamakan sistem ekskresi.

Pada setiap mahluk hidup memiliki sistem ekskresi yang berbeda. Berikut ini akan dijabarkan mengenai sistem ekskresi pada pisces dan aves.

Baca Juga : Penjelasan dan Peranan dari Sistem ekskresi Pada Hewan

Sistem Ekskresi Pisces

Ikan mempunyai 3 alat ekskresi, yaitu insang, kulit, dan ginjal. Mari kita bahas satu persatu:

  • Insang

Insang merupakan alat pernapasan pada ikan. Hampir semua ikan menggunakan insang untuk bernapas. Insang terletak dibagian depan, menyatu dengan kepala. Fungsinya sebagai alat pernapasan yaitu untuk membuang CO2 dan H2O. Tetapi terdapat fungsi lain dari insang, yaitu alat penggerak dan menstabilkan saat ikan berenang.

  • Kulit

Seluruh tubuh ikan dilapisi kulit yang bernama sisik. Sisik ikan mengeluarkan lendir yang berfungsi berfungsi mempermudah ikan berenang dan tidak basah.

  • Ginjal

Pada ikan terdapat dua ginjal yang memiliki fungi yang berbeda. Ginjal pertama dinamakan mesonefros. Ginjal ini tumbuh dan berfungsi saat ikan pada fase embrio.

Dan tidak berfungsi ketika dewasa. Ginjal kedua dinamakan opistonefos. Mirip dengan ginjal manusia, namun lebih kecil. Ginjal ini menggantikan organ sebelumnya yang berhenti bekerja.

Ginjal pada ikan berfungsi menyaring sisa metabolisme tubuhnya.

Sehingga sisa zat yang masih bisa dipakai diedarkan kembali lewat darah. Selain itu, berfungsi juga mengatur kekentalan urine untuk kestabilan tekanan osmotik dalam tubuh ikan.\

Sistem Eksresi Aves

Sama seperti ikan, aves atau unggas memiliki 3 organ yang berfungsi sebagai alat ekskresi. Diantaranya:

  • Ginjal

Layaknya manusia, aves mempunya ginjal yang berfungsi sebagi sistem ekskresi. Terdapat sepasang ginjal berwarna coklat pada aves. Ginjal aves bertipe metanefors, yaitu tidak mempunyai segmen khusus, tidak ada inefrostoma, dan jumlah glomerulusnya sedikit.

Fungsi ginjal pada aves sebagai pengambil zat sisa berupa darah tetapi bentuknya urine. Karena aves tidak memiliki kantung kemih atau vesikuarinair, mengakibatkan saluran ureter langsung menuju kloaka.Yang dimaksud kloaka yaitu 3 ujung saluran dari burung, diantaranya saluran reproduksi, saluran kotoran, dan saluran urine.

  • Paru-paru

Paru-paru merupakan alat pernafasan pada burung. Burung memiliki sepasang paru-paru yang berfungsi membuang gas karbon hasil metabolismenya. Udara yang masuk pada burung melalui hidung diparuhnya, akan diteruskan lewat trakea.

Trakea inilah yang menghubungkan udara dari luar keparu-paru. Udara yang masuk diolah dan menghasilkan CO2.  Senyawa ini kemudian dikeluarkan melalui saluran yang sama.

Burung memiliki 4 kantung udara ditubuhnya, yakni dibagian perut, leher, dan sayap. Kantung ini berfungsi sebagai cadangan udara, sehingga kerja paru-paru lebih efisien.

Selain itu berfungsi juga untuk meringankan burung saat terbang, memperkeras suara, dan mempertahankan suhu tubuh.

  • Kulit

Umumnya kulit aves berguna untuk menghasilkan minyak yang melumuri bulu-bulunya. Minyak ini berfungsi menjaga bulu burung tidak basah saat terkena air. Selain itu berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

Itulah sistem ekskresi yang bekerja pada ikan dan burung. Meskipun sesama mahluk hidup, tetapi sistem ekskresi dan organ yang berkerjanya jelas berbeda. Karena setiap mahluk hidup memang memiliki organ yang berbeda untuk sistem ekskresinya.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Sistem Sirkulasi Air Porifera

Loading...
Sistem Ekskresi Pada Pisces dan Aves | ilmuhewan | 4.5