Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Sejarah Dan Manfaat Burung Puyuh

By On Sunday, December 24th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Sejarah Dan Manfaat Burung Puyuh – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai burung puyuh tentunya menarik untuk dibahas yha. Tapi readers tahu tidak bagaimana sejarah dan juga manfaat dari burung puyuh?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Karena pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai sejarah dan manfaat burung puyuh.

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Sejarah burung puyuh

Burung puyuh adalah salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Ukuran tubuh yang dimiliki burung puyuh relatif kecil. Selain itu ciri dari burung ini yaitu bekaki pendek dan juga dapat diadu.

Baca Juga : Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Di dalam bahasa jawa, burung puyuh ini biasa disebut dengan gemak. Sedangkan dalam bahasa asing, burung puyuh diebut dengan ‘Quail’.

Burung puyuh ini pada awalnya merupakan bangsa burung yang termasuk liar yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat yakni pada tahun 1870.

Setelah itu, burung puyuh ini mulai dikembangkan ke seluruh penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, burung puyuh ini mulai dikenal dan juga diternakkan yaitu pada akhir tahun 1979.

Puyuh yang sekarang diternakkan di Indonesia merupakan jenis puyuh jepang (coturnix Japonica) yang asalnya dari Jepang sejak tahun 1907 sampai 1941.

Selain itu, jenis puyuh ini diternakan di daratan asia sebagai puyuh petelur dan juga diternakan di Eropa sebagai puyuh pedaging. Untuk sentra peternakan burung puyuh yang ada di Indonesia, yaitu terdapat di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, dan juga Jawa Tengah.

Manfaat burung puyuh

Di Indonesia, daging dan telur dari puyuh sangat di gemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak.

Dan ternyata, di balik ukurannya yang kecil ini, burung puyuh memiliki beberapa manfaat dan juga khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Adapun manfaat serta khasiatnya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan mata

Kuning telur selain memiliki kandungan protein, juga memiliki kandungan lutein dan juga zeaksantin yang berfungsi menjaga kesehatan retina mata. Lutein dan zeaksantin dapat melindungi mata dengan cara mengatur sinar biru yang masuk ke dalam mata. Karena, apabila sinar biru yang masuk ke mata tanpa adanya filter akan berdampak buruk terhadap kesehatan mata.

  • Menjaga kesehatan kulit

Daging puyuh mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan juga bermanfaat untuk proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap saat.

  • Menguatkan tulang

Di dalam daging puyuh terkandung fosfor dan kalsium yang memiliki manfaatuntuk menjaga tulang dari keropos dan juga masalah tulang seperti osteoporosis.

  • Menjaga kesehatan jantung

Di dalam daging puyuh terkandung protein yang dapat membantu menyeimbangkan kolesterol buruk yang masuk dalam tubuh.

  • Memberi nutrisi pada otak

Di dalam telur puyuh terkandung kolin yang memiliki peran untuk perkembangan fungsi otak. Kolin ini dapat membantu kinerja syaraf yang ada di otak untuk meningkatkan daya ingat.

  • Mengatasi anemia

Dalam daging burung puyuh terkandung zat besi yang dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai sejarah dan manfaat burung puyuh. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Yang Menyerang Burung Puyuh

Loading...
Sejarah Dan Manfaat Burung Puyuh | ilmuhewan | 4.5