Sejarah dan Ciri Ayam Bangkok

By On Saturday, March 17th, 2018 Categories : Sejarah

Sejarah dan Ciri Ayam Bangkok – Ayam Bangkok merupakan ayam ras yang sudah sangat populer  dikalangan masyarakat pada umum nya dan dikalangan para pecinta ayam ras pada khusus nya.

Ayam Bangkok dikenal pula sebagai ayam aduan atau ayam tarung yang sudah dilakukan pada beberapa tempat seluruh pelosok penjuru di daerah tertentu.

Sesuai dengan bagian dari namanya yaitu “Bangkok”,  ayam ini  mula nya berasal dari Negara Thailand yang sangat terkenal  memiliki kualitas yang bagus untuk fungsi nya sebagai  ayam aduan atau ayam petarung.

Selain itu ayam ini juga memiliki sifat khusus  berupa instink yang selalu ingin bertarung sampai akhir. Sifat petarung seperti ini sangat mirip dengan dengan  jenis ayam liar yang mempunyai instink untuk bertarung sampai mati untuk dapat  mempertahankan wilayah kekuasaannya.

Baca Juga : Ciri dan Jenis-jenis Ayam Bangkok Blorok Madu

Berdasarkan sejarah nya, Ayam Bangkok merupakan hasil temuan dari Bangsa Thailand  yang berhasil menemukan ayam petarung baru yang saat itu dikenal dengan nama King’s Chicken.

Salah satu ciri khas dari ayam tersebut adalah mempunyai gerakan tubuh yang gesit  dan terjangan yang mematikan saat bertarung.

Keistimewaan lain nya adalah, jenis ayam ini dikenal sebagai ayam yang cerdas, karena memiliki strategi berperang dan bersifat taktis  saat melakukan pertarungan.

Di Negara Cina ayam ini disebut  dengan namaLeung hang zhao. Negara Cina merupakan negara yang sangat populer di seluruh dunia sebagai salah satu tempat yang terkenal  dengan kegiatan Sabung Ayam.

Sejarah Ayam Bangkok Masuk ke Indonesia

Asal mula pertama kali Ayam Bangkok masuk ke Indonesia saat diperkenadalah  berawal dari Kota Tuban, Jawa Timur. Tidak dapat diidentifikasikan  dengan jelas siapa sebenar nya yang pertama kali memperkenalkan nya.Tetapi yang pasti, hingga era di jaman ini, kepopuleran Ayam Bangkok  tersebut telah menyebar hingga ke seluruh antero Indonesia terutama dikalangan pecinta ayam aduan.

Ayam Bangkok  yang berasal dari Negara Thailand ini sudah banyak dikawin silangkan dengan ayam betina lokal dengan tujuan untuk memperkaya ras yang dimiliki.

Baca Juga : Jenis-jenis Warna Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok

Hasil dari persilangan tersebut  merupakan keturunan Ayam Bangkok yang secara sepintas dapat dilihat dari penampilannya yang terlihat tidak jauh berbeda dengan Ayam Bangkok asli atau yang bukan berasal dari hasil persilangan.

Berdasarkan corak dan warna bulunya :

  1. Wiring. Cirinya adalah memiliki warna dasar hitam  yang dihiasi dengan bulu rawis dan ekor yang berwarna kuning bercampur kemerahan.
  2. Wangkas. Cirinya adalah memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya, yaitu berwarna kuning bercampur kemerahan.
  3. Klawu. Cirinya adalah mempunyai warna dasar keabu-abuan.
  4. Blorok. Cirinya adalah memiliki warna dasar dihiasi dengan bulu berbintik-bintik  dari berbagai kumpulan campuran warna seperti hitam, merah, dan putih.
  5. Jragem. Cirinya adalah memiliki warna dasar yang berbulu hitam.
  6. Jali. Cirinya adalah memiliki warna dasar dengan bulu blirik yang merupakan campuran dari beberapa warna dengan garis-garis kecil.
  7. Putih. Cirinya adalah mempunyai warna dasar  yang berbulu putih

Ciri-Ciri Umum Pada Ayam Bangkok Adalah :

  • Memiliki ukuran tubuh yang besar dan pada bagian dada terlihat tegap, gagah dan lurus berdiri dengan ukuran kira-kira 90 derajat.
  • Memiliki warna bulu yang beragam.
  • Memiliki sorot mata yang terlihat cerah dan terang.
  • Memiliki bentuk leher yang panjang.
  • Memiliki jengger yang berbentuk roes dan Pial, berukuran pendek dan berwarna kemerahan.
  • Memiliki bentuk paruh yang panjang dan tebal berwarna kekuningan.
  • Memiliki kaki yang terlihat bulat, kering, dengan sisik rapih berwarna kekuningan.
  • Memiliki berat ukuran dewasa pejantan sekitar 2,5-4Kg.

Baca Juga : Cara Memilik Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina Yang Berkualitas Baik

Loading...
Loading...
Sejarah dan Ciri Ayam Bangkok | ilmuhewan | 4.5