Sejarah, Ciri, dan Tujuan Filsafat

By On Saturday, August 10th, 2019 Categories : Fisiologi

Sejarah, Ciri, dan Tujuan Filsafat – Sejarah filsafat harus diketahui terutama anda yang kuliah filosofi maupun pencinta tokoh-tokoh filsafat. Karena dengan mengetahui history of philosophy, latar belakang munculnya pemikiran ini juga bisa dideteksi.

Menurut sejarahnya, pemikiran filsafat sudah muncul di Yunani Kuno tepatnya pada abad ke-7 sebelum masehi. Namun, pada waktu itu, pemikiran berkelindan tanpa istilah. Namun, para ilmuan menganggap, nalar logika cendekiawan di kala itu adalah cikal bakal filsafat.

Salah satu tokoh yang dianggap pelahir pemikiran filsafat adalah Pythagoras. Namun, di beberapa waktu terakhir, pola pikir sang matematikawan top ini mirip dengan fenomena logika ilmuan India yang lahir di waktu yang jauh lebih kuno.

Ciri- Ciri Filsafat

Pikiran filsafat memiliki ciri ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut kami jelaskan karakteristik tersebut, yaitu:

  1. Menyeluruh

Pemikiran filsafat tidak terbatas pada satu ilmu. Tetapi justru mencoba menjelaskan tentang kaitan semua ilmu pengetahuan yang ada. Tidak adanya pembatasan inilah yang membuat filsafat diistilahkan sebagai induk segala ilmu.

  1. Mendasar

Kajian filsafat tidak hanya menyoal ilmu pengetahuan di kulit luarnya saja. Tetapi menyelami hingga esensi terdalam. Maka dari itu, tidak sedikit ilmuan menjadikan filsafat sebagai pijakan dalam menilai ilmu pengetahuan.

  1. Spekulatif

Hasil pemikiran filsafat adalah spekulatif atau bisa dibilang hipotesis. Walaupun begitu, peneliti bisa menjadikannya tolak ukur dalam menghasilkan wacana keilmuan yang baru.

Tujuan Filsafat

  1. Realisme

Tujuan dari aliran filsafat realisme adalah menjelaskan tentang pandangan realitas. Menurut tokoh filsafat ini, realitas memiliki dua unsur yaitu fisik dan ruh yang membentuk karakter manusia.

  1. Pragmatisme

Pragmatisme adalah aliran filsafat perpaduran antara empirisme dengan positivisme. Tujuan dari aliran ini adalah menjelaskan kalau esensi kehidupan tidak mencari kebenaran melainkan menemukan arti dari kehidupan itu sendiri.

  1. Humanisme

Humanisme adalah aliran filsafat yang tujuan pemikirannya identik dengan pendidikan. Maksudnya adalah, pendidikan filsafat harus digalakkan dalam kaitannya membentuk manusia agar memiliki moral yang baik.

Demikian ringkasan singkat tentang sejarah filsafat serta tujuan pemikiran filsafat. Dengan narasi ini, semoga anda tidak lagi antipati dengan pengetahuan yang satu ini.

Loading...
Loading...
Sejarah, Ciri, dan Tujuan Filsafat | ilmuhewan | 4.5