Resep Umpan Teknik Galatama Untuk Ikan Hias Dimalam Hari

By On Saturday, August 5th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Resep Umpan Teknik Galatama – Senang mancing? Mancing mania, mantap… Seperti itu salah satu slogan yang populer dari sebuah acara televisi di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Bagi sebagian kaum awam mungkin memancing bukanlah alternatif hobi yang bisa dilakukan oleh banyak orang, karena untuk memancing diperlukan peralatan, keahlian, pengetahuan dan tentunya minat dan kesabaran khusus.

Bagi yang hobi, memancing jelas merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu.

Untuk mendapatkan ikan waktunya tidak bisa ditentukan. Bisa saja sebentar dapat, bisa juga berjam-jam belum menemukan hasilnya.

Baca Juga : Jenis Umpan Mancing Iklan Patin Paling Galak

Namun ada kesenangan tersendiri bagi para penggemar ketika berhasil memancing.

Ada yang pernah mendengar galatama?

Galatama merupakan istilah yang diberikan untuk event memancing yang diselenggarakan oleh sponsor, yang kegiatannya kurang lebih seperti kompetisi memancing.

Jadi, panitia akan memilih kolan yang cukup besar (sungai, danau), kemudian melemparkan ikan berbagai ukuran ke dalam kolam.

Nah, peserta lomba diwajibkan membayar untuk pendaftaran dan mempersiapkan strategi untuk memancing ikan yang besar. Biasanya terdapat kategori pemenang galatama.

Mulai dari kategori terberat sampai terbanyak. Untuk peraturan juga beragam, mulai dari jenis umpan yang diperbolehkan, banyaknya joran, dan waktu pemancingan

. Ada berbagai kategori untuk ikan yang biasa dipertandingkan, mulai dari ikan bawal, emas, lele, dan ikan lainnya. Lalu bagaimana dengan ikan hias?

Rasa-rasanya jarang ada galatama untuk ikan hias.

Namun untuk galatama pada umumnya, ada trik untuk mempersiapkan umpan.

  1. Umpan pelet yang biasanya ada di area pemancingan, campur dengan air dan bubuk vanili dan pandan. Semua jenis ikan pasti suka pelet.
  2. Selain pelet, bisa juga dengan menggunakan campuran susu dancow, telur, santan dan kroto (ini mah manusia juga mau asal jangan pake kroto). Kroto adalah sejenis semut rangrang.
  3. Bisa juga dengan campuran cacing dan pelet ikan.
  4. Tiap-tiap ikan hias punya kesukaan sendiri, namun yang paling umum adalah pelet, cacing dan kroto. Bisa campurkan bahan-bahan ini dengan bahan lain seperti sekam padi.
  5. Atau udang kecil yang dicampur dengan pelet. Bisa juga diganti dengan undur-undur, atau untuk ikan yang lebih besar dengan belut.
  6. Bahan-bahan ini bisa dicari di area pemancingan, ataupun disiapkan terlebih dahulu di rumah.
  7. Untuk ikan hias yang lebih besar, seperti arwana bisa menggunakan jangkrik, belalang, kelabang, atau udang yang ukurannya lebih besar.
  8. Ada juga nih resep unik. Siapkan 2 butir telor bebek, susu bubuk dancow (mirip resep yang sebelumnya), 1 sendok makan margarin, 50 gram kroto, essen premium. Campurkan semua, buat jadi kecil-kecil bulat. Biasanya ini cocok untuk memancing ikan emas.

Nah bagaimana kalau kita ingin memancing di malam hari?

  1. Untuk malam hari, jelas yang menjadi kendala adalah pencahayaan. Bisa digunakan umpan tiruan seperti Jig metal dan lure. Lure adalah sejenis umpan tiruan yang bisa bergerak dan menyala.
  2. Pasangkan chemical lightning snap,yang bisa menyala jika dipatahkan di pelampung. Jadi bisa menerangi area yang sedang ditarget.
  3. Bisa juga dengan bel yang dipasangkan di pelampung. Beberapa jenis ikan tertarik dengan cahaya.
  4. Umpan yang baik di malam hari juga harusnya umpan yang berbau amis. Aroma amis bisa didapat dari ikan sareden dan tamban. Udang juga menyala matanya di malam hari, sehingga cocok untuk dijadikan umpan.

Bagaimana dengan tips resep umpan teknik galatama untuk ikan hias di malam hari? Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Jenis-jenis Umpan Dalam Memancing

Loading...
Loading...
Resep Umpan Teknik Galatama Untuk Ikan Hias Dimalam Hari | ilmuhewan | 4.5