Ramuan tradisional untuk mengobati penyakit ikan lele

By On Wednesday, December 14th, 2016 Categories : Penyakit Hewan

Ramuan tradisional untuk mengobati penyakit ikan lele – Ada banyak langkah yang dilakukan dalam pembudidayan lele agar tetap sehat dan jauh dari segala macam penyakit pada kolam budidayanya.

Anda tidak perlu selalu menggunakan obat  kimia untuk mengobati, namun anda bisa  menggunakan ramuan herbal sebagai obat.

Ada banyak ramuan herbal yang sudah mendunia sehingga anda bisa mencoba salah satu tips ramuan untuk budidaya lele anda.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing

Anda bisa menggunakan bawang putih yang kaya khasiatnya . cara pembuatanya adalah dengan mencampurkan bawang putih dengan pakan lele lalu anda bisa memasukkan ke kolam lele yang anda miliki.

Ramuan herbal untuk lele meruapakan salah satu ilmu perikanan yang harus anda keatahui. Untuk mengatasi lele dari jamur anda bisa menggunakan ramuan herbal. jamur merupakan hal yang paling menakutkan bagi para petani ikan karena bisa menginfeksi lele.

Jangan sampai jamur tumbuh dengan bebas karena lele bisa melepuh dan akan mati. Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari bawang putih kurang lebih 2 siung, daun sirih kurang lebih 10 lembar, kunyit kurang lebih 1/4 kg, danun pepaya kurang lebih 10 lembar.

Anda bisa menghaluskan semua bahan tersebut lalu tambahan air kurang lebih 2 liter dan rebuslah. Setelah dingin anda bisa mencampurkan ke kolam

Untuk budidaya ikan yang baik harus memiliki kualitas lingkungan yang baik serta air yang baik. Anda bisa menggunakan ramuan herbal untuk menjaga kualitas lingkungan kolam agar tetap bersih.

Anda bisa menyiapkan air kurang lebih 5 liter yang higienis, daun sirih kurang lebih 10 lembar, daun pepaya jantang kurang lebih 10 lembar, daun jawer kurang lebih 10 lembar, daun ketapang kurag lebih 10 lembar. arang kayu kurang lebih 1 kg.

kotoran dari kambing  yang basah kurang lebih 1 kg. Anda bisa merendam ramuan diatas selama 2 pekan lalu campurkan ke kolam.

Bawang yang putih memiliki fungsi untuk membasmi penyakit dan mengendalikan penyakit agar tidak menyebar. Tanaman obat tradisional ini bisa digunakan untuk mengatasi jamur yang menjangkit lele.

penyembuhan melalui ramuan tradisional memang membutuhkan beberapa waktu namun anda bisa lebih menghemat pengeluaran dan juga cara pembuatannya sangat mudah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak untuk menjaga kesehatan lele anda.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Eceng Gondok

Loading...
Loading...
Ramuan tradisional untuk mengobati penyakit ikan lele | ilmuhewan | 4.5