Perbedaan Organ Sel Hewan dan Tumbuhan

By On Monday, December 26th, 2016 Categories : Info Lainnya

Perbedaan Organ Sel Hewan dan Tumbuhan – Tiap mahkluk hidup tentunya diciptakan dengan berbagai ciri khas yang membuatnya menjadi unik.

Hal ini tentunya berguna untuk menjadi pembeda tiap makhluk hidup itu sendiri. Walaupun sebenarnya apabila dilihat dari awal pembentukannya maka semua makhluk hidup memiliki kesamaan unsur. Tidak terkecuali bagi hewan maupun tumbuhan.

Namun seiring dengan pertumbuhan maka sel-sel yang membentuk mereka pun mulai berbeda. Hal tersebut tidak lepas karena hewan dan tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga : Sistem Eksresi Pada Hewan

Seperti yang diketahui, tumbuhan memiliki peranan untuk menciptakan makanan sedangkan hewan memiliki peranan untuk memakan.

Perbedaan tersebutlah yang sehingga tidak heran apabila hewan dan tumbuhan terdiri dari sel organ yang berbeda. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan perbedaan organ sel hewan dan tumbuhan:

  1. Organ Sel Tumbuhan

Tumbuhan tentunya memiliki organ sel yang berada dalam tubuhnya. Hal tersebut berguna untuk sistem yang membentuk tumbuhan itu sendiri. Seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

  • Dinding Sel

Organ sel pertama yang dimiliki tumbuhan adalah dinding sel. Dimana dinding sel ini terletak pada bagian terluar dari sel. Seperti namanya maka dinding sel ini berguna sebagai dinding dari sel tersebut.

Yang dalam arti kata lain adalah dinding sel berguna sebagai pelindung dari sel itu sendiri. Seperti yang diketahui sel memang sesuatu yang cukup ringkih.

Sehingga dinding sel berguna untuk melindunginya. Dimana dinding sel itu sendiri terdiri dari dua jenis. Yakni dinding sel primer dan dinding sel sekunder.

  • Vakuola

Sebenarnya Vakuola bukan hanya terdapat pada tumbuhan. Karena nyatanya Hewan juga memiliki vakuola di dalam dirinya. Namun sayangnya vakuola yang dimiliki oleh tumbuhan memiliki peranan yang lebih nyata ketimbang vakuola yang dimiliki oleh hewan.

Dimana vakuola yang berada pada tanaman berguna untuk menyerap air yang tentunya sangat dibutuhkan tumbuhan untuk berkembang biak.

  • Plastida

Untuk plastisida sendiri sudah dipastikan hanya berada di dalam tumbuhan. Sehingga tidak mungkin berada dalam hewan. Dimana plastisida sendiri terdiri dari Klorolaps, Kromoplas dan leukoplas.

  1. Organ Sel Hewan

Tak ubahnya tumbuhan maka Hewan juga memiliki organ sel unik yang juga hanya berada pada dirinya. Seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

  • Sentriol

Sentriol adalah bagian sel yang tidak pernah bisa terpisahkan dari hewan. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukan tanpa alasan.

Dimana alasan terbesarnya adalah menjaga sekaligus melindungan proses pemisahan sel hewan. Tentunya hal ini menjadi penting mengingat kromosom yang dimiliki hewan.

Sehingga apabila proses pemisahan sel tidak berjalan seperti yang seharusnya maka dipastikan akan banyak masalah yang terjadi. Sehingga disinilah sentriol mengambil peranannya dalam organ sel hewan.

  • Vakuola

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Vakuola bukan hanya khusus dimiliki oleh tumbuhan. Karena nyatanya hewan juga memiliki vakuola pada dirinya.

Namun ternyata tidak semua hewan bisa memiliki vakuola dalam selnya. Dimana hanya hewan bersel satu saja yang dipastikan memiliki vakuola di dalam dirinya. Sedangkan untuk vakuola pada hewan sendiri terbagi menjadi dua hal.

Yang pertama adalah vakuola kontraktil dan vakuola yang kedua adalah vakuola nonkontraktil. Vakuola kontraktil adalah vakuola yang biasanya hanya terdapat pada hewan bersel satu.

Sedangkan vakuola nonkontraktil adalah vakuola yang berguna untuk mencernakan makanan yang masuk ke perut hewan. Sehingga tidak heran apabila vakuola nonkontraktil juga seringkali disebut vakuola makanan.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata

Perbedaan Organ Sel Hewan dan Tumbuhan | ilmuhewan | 4.5