Perbedaan Nila Lokal Dengan Nila GIFT

By On Wednesday, September 27th, 2017 Categories : Perkawinan

Perbedaan Nila lokal dengan nila GIFT – Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang sekarang ini sedang populer untuk dipelihara oleh masyarakat di Indonesia.

Namun ikan ini juga menjadi hama beberapa sungai serta danau di Indonesia.

Ikan nila yang memiliki rasa enak ini tidak mampu hidup dengan baik di lingkungan yang beriklim dingin.

Ikan nila juga mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Ikan nila memiliki banyak jenis, seperti Ikan nila gift, nila srikandi, nila gesit, dan nirwana.

Namun berikut ini akan di bahas beberapa perbedaan antara ikan nila lokal atau nila biasa yang ada di Indonesia dengan ikan nila Gift :

  1. Nila lokal

Nila lokal adalah nila yang pertama kali didatangkan ke Indonesia dari Taiwan. Secara singkat ikan nila lokal ini disebarluaskan ke seluruh Indonesia setelah melalui rangkaian uji coba.

Baca Juga :

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton

Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila

Jenis-jenis ikan nila

Jenis-jenis Makanan Untuk Ikan Nila

Ikan ini sangat akrab dengan masyarakat Indonesia sehingga pada tahun 1972 Direktur Jenderal Perikanan memberinya julukan ikan nila Lokal atau Biasa.

Akhir – akhir ini pertumbuhan ikan nila lokal menjadi kurang menguntungkan yang dikarenakan kurang pahamnya atau keterbatasannya pengetahuan masyarakat tentang ikan nila, sehingga menjadikan laju pertumbuhan ikan nila menurun.

Bahkan terkadang terjadi perkawinan silang antara ikan nila dan mujaer sehingga menjadikan ikan nila lokal ini makin menurun kualitas genetisnya.

Memiliki warna tubuh hitam atau abu – abu terutama pada bagan tubuh atas adalah cirinya, selain itu memiliki warna agak putih kekuningan atau kehitaman pada bagian bawah dada dan perut.

  1. Nila gift

Nila GIFT atau Genetic Improvement of Farmed Tilopias adalah jenis ikan nila baru yang dibawa ke Indonesia pada tahun 1994 melalui balai Penelitian Perikanan Air Tawar atau Balitkanwar untuk dikenalkan di Indonesia.

Ikan nila tersebut merupakan generasi ke – 4 setelah proses pengembangan pertama kali pada tahun 1987 oleh International Center for Living Aquatic Research Management (ICLARM) di Filiphina.

Pada tahun 1997 ikan nila gift generasi ke – 6 dibawa lagi ke Indonesia dan jika di bedakan dengan ikan nila lokal sangatlah sulit karena mereka mirip apalagi dalam kondisi masih benih, dan untuk membedakan hanya bisa dari bentuk proporsi warna dari ikan nila.

Berikut ini beda ikan nila Lokal dan GIft :

  1. perbandingan ikan nila lokal dan ikan nila gift adalah 2,5 : 2 pada panjangnya, 1 : 1 pada tingginya, dan 3 : 4 pada lebar tubuh ikan nila.
  2. Nila lokal memiliki ukuran kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan nila Gift.
  3. Nila lokal memiliki ukuran mata yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan nila gift.
  4. Nila lokal memiliki warna tubuh kehitaman sedangkan ikan nila gift memiliki warna tubuh hitam keputihan.

Keunggulan nila gift :

  1. Memiliki telur yang berjumlah 20 – 30 % lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan nila lokal.
  2. Berat benih ikan nila gift dapat mencapai 17,5 gram .
  3. Pertumbuhan ikan nila gift lebih cepat 300 – 400 % jika dibandingkan dengan ikan nila lokal.
  4. Pertumbuhan ikan nila gift lebih cepat 100 – 200 % pada masa pembesaran yang konveksi pakannya rendah antara 0,8 – 1,2 %.
  5. Ikan nila gift mampu bertahan di lingkungan yang kurang baik dan mampu bertoleransi pada perairan yang salinitasnya antara 0 – 15 %. Karena hal tersebut, ikan nila gift lebih mampu jika di pelihara di perairan payau.
Loading...
Loading...
Perbedaan Nila Lokal Dengan Nila GIFT | ilmuhewan | 4.5