Perbedaan Ikan Cupang Jantang dan Betina

By On Tuesday, June 27th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Perbedaan Ikan Cupang Jantang dan Betina – Ikan cupang adalah salah satu ikan yang diminati banyak orang guna memperindah akuarium mereka atau digunakan sebagai ikan petarung.

Ikan ini memang cantik, sehingga banyak orang yang memburunya, namun, ikan ini sangat sulit dikenali jenis kelaminnya ketika mereka masih berumur kurang dari 1 bulan.

Biasanya mereka memiliki bentuk tubuh yang masih samar mulai dari burayak hingga 1 bulannan tersebut.

Baca Juga : Jenis-jenis Makanan Ikan Cupang

Nah kali ini, saya akan berbagi tips atau cara untuk menentukan jenis kelamin ikan cupang agar anda tidak salah jenis kelamin ketika membeli ikan cupang tersebut.

Ikan cupang yang berkelamin jantan akan memiliki ciri – ciri berikut :

  1. Memiliki tubuh yang langsing.
  2. Memiliki gerakan yang sangat agresif atau bisa di sebut dengan lincah, namun jangan salah ya, karena ada juga ikan betina yang memiliki gerakan yang juga agresif dan lincah.
  3. Memiliki ekor atau caudalfin dan siri atau ventralfin / dasi yang lebar dan panjang.
  4. Memiliki jenis warna yang lebih cerah dan juga menaraik jika dibandingkan dengan ikan cupang betina.

Ikan cupang yang berkelamin betina akan memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki bentuk tubuh yang gempal atau padat namun tidak panjang.
  2. Memiliki gerakan yang tidak agresif atau lambat jika dibandingkan dengan ikan cupang jantan, namun ada juga yang memiliki gerakan cepat.
  3. Memiliki warna yang kurang menarik jika dibandingkan dengan ikan cupag jantan.
  4. Memiliki titik berwarna putih di bagian perut.

Anda juga dapat menentukan kelamin ikan cupang dengan cara berikut ini :

  • Tunggu ikan cupang berumur sekitar 2 bulan.

Ketika mereka masih kecil karakteristik kelamin dari ikan – ikan cupang tersebut masih belum berkembang secara sempurna, sehingga tunggulah ciri – ciri kelamin ikan cupang tersebut terbentuk yaitu ketika mereka berumur sekitar 2 bulan.

  • Perhatikan bentuk dan ukur sirip.

Pada umumnya ikan cupang jantan memiliki sirip belakang, perut dan juga ekor yang panjang dengan panjang sirip sekitar 2 – 3 kali panjang dari tubuhnya. Biasanya sirip belakang dan juga ekornya terkulai karena panjangnya. Namun, ikan cupang betina memiliki sirip yang lebih pendek dan sirip perutnya memiliki bentuk yang mirip dengan sisir rambut.

  • Memperhatikan warna.

Pada umumnya ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan ikan betina. Biasnya ikan betina berwara kusam terutama pada bagian tubuh. Ketika anda menemukan ikan berwana biru, hijau atau merah yang cerah itu berarti ikan tersebut adalah ikan jantan yang bagus. Namun warna ikan cupang akan berubah ketika mereka mengalami stres, misalnya saja ikan cupang betina yang akan berubah warna lebih cerah dibandingkan dengan ikan betina yang tidak stress ketika sedang mengalami stres.

  • Lihat lubang telurnya

Pada ikan cupang betina terdapat titik telur putih kecil atau saluran ovipositor di bawah tubuhnya yang berbentuk mirip sebutir garam dan terletak di dekat tepi sirip perut atau dekat dengan kepala ikan. Titik telur ini hanya terdapat pada Ikan betina saja, jantan tidak ada.

  • Bandingkan bentuk tubuhnya

Ikan cupang betina memiliki bentuk yang pendek dan tebal, sedangkan ikan cupang jantan memiliki bentuk yang tipis dan panjang.

  • Perhatikan janggutnya

Ikan cupang memiliki janggut yang berwarna cokelat atau hitam, untuk ikan jantan janggutnya akan berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan  betina, dan akan lebih terlihat walaupun ketika insang sedang tertutup.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Cupang terbaru

Loading...
Loading...
Perbedaan Ikan Cupang Jantang dan Betina | ilmuhewan | 4.5