Perbedaan Burung Sepah Jantan Dan Betina Dilihat Dari Jenisnya

By On Thursday, November 24th, 2016 Categories : Burung

Perbedaan Burung Sepah Jantan Dan Betina Dilihat Dari Jenisnya – Burung sepah atau yang juga dikenal sebagai burung mantenan merupkan jenis burung famili Campepaghidae dari genus pericrocotus.

Burung ini memiliki warna di bagian bulunya. Biasanya burung sepah ini mencari serangga kecil seperti ulat, laba-laba, dan angkrang sebagai makanannya. Namun, ada juga burung sepah yang memakan buah-buahan.

Tidak kalah dengan burung kicau lainnya, burung sepah juga memiliki kicauan yang menarik. Tak heran jika bayak penggemar burung yang memelihara burung sepah sebagai koleksi.

bung1

Pasalnya harga satu burung sepah pun sangat terjangkau yaitu Rp. 40.000 dan harga sekiatr Rp. 100.000 untuk burung sepah yang sudah mahir berkicau.

Untuk membedakannya antara sepah jantan dan betina bisa dilihat pada kicauan yang dihasilkan. Untuk sepah jantan memiliki kicauan yang bervariasi.

Sedangkan burung sepah betina sama halnya dengan burung kicau betina lainnya yaitu memiliki kicauan yang pasif dan monoton.

Dari banyak jenis burung sepah, hanya jenis sepah himalaya yang memiliki kicauan yang keras dan beragam.

Berikut 6 jenis burung sepah dengan perbedaan jantan dan betina :

  1. Sepah Padang (Pericrocotus divaricatus)

Burung jenis ini memiliki ukuran 20 cm dengan warna yang khas yaitu hitam, abu-abu, dan putih. Kicauannya seperti getaran yang gemerincing jika dikeluarkan saat burung sepah terbang. Biasanya burung sepah jenis ini memburu serangga pada tajuk pohon.

Antara jantan dan betina bis dibedakan dengan sepah jantan memiliki topi, setrip mata, dan bulu terbang berwarna hitam. Untuk betina, warnanya lebih pucat dan lebih abu-abu.

  1. Sepah Kecil (Pericrocotus cinnamomeus)

Burung ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis padang yaitu 15 cm dengan warna bulu merah, abu-abu, serta hitam. Perbedaan dengan jenis sepah lainnya terletak pada bagian kepala dan mantel.

Pada sepah jantan memiliki kepala dan mantel berwarna abu-abu, dan perut yang berwarna jingga. Sedangkan sepah betina memiliki warna yang lebih pucat dari sepah jantan, dan memiliki warna dada yang keputih-putihan.

Biasanya sepah jenis ini terbang dalam kelompok kecil serta mencari makan di daerah puncak pohon. Kicauan burung sepah kecil memiliki nada yang tinggi.

  1. Sepah Hutan (Pericrocotus flammeus)

Sepah hutan memiliki ukuran 19 cm dengan banyak warna bulu. Dan perbedaan anatara jantan dan betina pun terletak pula pada warna bulunya.

Sepah jantan memiliki dada yang berwarna hitam biru, perut yang berwarna merah. Untuk sepah betina punggungnya berwarna lebih keabu-abuan, perutnya berwarna kuning yang warna pun melebar hingga tenggorokan, dagu, seta dahi. Suara kicauan yang dihasilkan lembut dan bernada tinggi.

  1. Sepah Gunung (Pericrocotus miniatus)

Sesuai dengan jenisnya, burung ini biasa fitemukan di daerah pegunungan di Sumatera dan Jawa. Sepah jenis ini memiliki ukuran yang sama dengan sepah hutan yaitu 19 cm, memiliki warna merah dan hitam, serta ekor yang panjang.

Perbedaan antara jantan betina yaitu pada betina kombinasi kepalanya berwana hitam dengan ekor yang sangat panjang.

Sama halnya sepah jantan yang memiliki warna merah di daerah tenggorokan, dagu, dahi, serta mantel.

  1. Sepah Tulin (Pericrocotus igneus)

Sepah ini memiliki ukuran dengan sepah kecil yaitu 15 cm dengan warna khas merah dan hitam. Pada jantan memiliki warna merah cerah pada bagian kepala, punggung, serta sayap.

Di bagian tengah ekor memiliki warna hitam yang menggkilap dan goresan jingga pada perut dan sisi ekor. Sedangkan betina memiliki warna kuning pada tubuh bagian bawah dan muka. Kepala dan punggungnya berwarna abu-abu.

  1. Sepah Dagu-Kelabu (Pericrocotus miniatus)

Burung sepah ini memiliki ukuran sedang yaitu 17 cm. Perbedaannya dengan jenis sepah lain terletak pada tenggorokan dan penutup telinga memiliki warna bulu abu-abu gelap.

Itulah 6 jenis burung sepah dengan perbedaan jantan dan betina. Sebenarnya, kita juga bisa membedakan antara jantan dan betina dengan melihat fisiknya. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

Loading...
Perbedaan Burung Sepah Jantan Dan Betina Dilihat Dari Jenisnya | ilmuhewan | 4.5