Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Perbedaan Burung Poci Jantan Dan Betina

By On Tuesday, November 1st, 2016 Categories : Burung

Perbedaan Burung Poci Jantan Dan Betina – Burung Poci atau yang biasa dikenal dengan sebutan Burung Kacer merupakan salah satu jenis burung petarung yang unik.

Keunggulan burung ini terletak pada suara kicauan yang melengking unik dan bentuk tubuh yang mungil lucu.

Sehingga banyak pengkoleksi burung akan berburu burung kacer yang mampu menghibur pemiliknya dengan lengkingan suaranya.

burung-poci

Namun, masih banyak kacermania sebutan untuk pecinta burung poci menemui kesulitan dalam membedakan ciri-ciri poci jantan dan betina.

Apalagi jika burung tersebut masih anakan/trorolan. Pasalnya, antara jantan dan betina memiliki bentuk fisik yang hampir sama.

Padahal, banyak pemburu burung poci lebih memilih burung yang berkelamin jantan dibanding betina. Dikarenakan si jantan lebih memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh betina.

Mulai dari ciri kicauannya yang lantang, serta badan yang lebih gagah dibanding poci betina. Soal kicauan, poci jantan memiliki kicauan yang bervariasi, berbeda dengan betina yang cenderung pelan dan monoton. Tak heran, jika harga yang ditawarkan untuk poci betina lebih tinggi.

Nah, bagi Anda yang ingin mengoleksi burung poci sebagai peliharaan, Anda harus benar-benar paham akan ciri-ciri burung poci jantan dan betina tersebut. Berikut ini kami sajikan 5 tips membedakan burung poci jantan dan betina.

  1. Dilihat dari bentuk paruhnya

Poci jantan yang masih anakan memiliki bentuk paruh yang lancip seperti huruf V terbalik. Dan biasanya warna paruh untuk poci jantan adalah hitam.

Berbeda dengan poci betina, paruh poci betina memiliki paruh yang tebal namun lebih pendek dari poci jantan. Dan untuk warnanya pun, paruh poci betina berwarna abu-abu atau putih.

  1. Dilihat dari warna bulu

Poci anakan jantan biasanya memiliki warna bulu yang hitam legam di bagian sayap dan punggungnya. Untuk poci betina, memiliki warna bulu yang tidak segelap poci jantan. Warna bulu poci betina cenderung abu-abu atau coklat.

  1. Dilihat dari bentuk kepala

Jika burung poci yang Anda temui memiliki bentuk kepala yang cenderung persegi, poci tersebut bisa dikatakan poci berkelamin jantan. Untuk bentuk kepala poci betina cenderung agak bulat.

  1. Dilihat dari gaya berdiri

Dilihat dari gaya burung poci berdiri akan bisa terlihat apakah poci tersebut jantan atau betina. Poci jantan biasanya berdiri atau biasa disebut katuranggan dengan tegap dan gagah. Poci jantan juga terkadang menunjukkan sikap siap dengan dada bidang dan ramping.

Berbeda dengan poci betina yang memang dari bentuk kepala pun sudah bulat, sehingga saat berdiri pun tidak setegap poci jantan. Sehingga saat poci betina berdiri akan terlihat bulat.

  1. Dilihat dari bentuk tubuh

Selain itu, Anda juga bisa melihat pada bentuk tubuh burung poci tersebut. Bentuk poci jantan  lebih ramping tapi tetap terlihat kokoh.

Bentuk badan seperti ini lebih memudahkan poci jantan untuk bebas bergerak. Lain lagi dengan poci betina yang memiliki bentuk tubuh cenderung gemuk dan bulat. Dan memiliki bentuk dada yang lebih menonjol. Meski begitu, burung poci betina tetap terlihat menarik.

Nah, kelima tips tersebut bisa Anda jadikan panduan dalam membedakan burung poci anakan jantan atau pun betina. Untuk poci jantan dan betina yang sudah dewasa akan lebih mudah membedakannya.

Bisa dilihat dari kelincahan dan keagresifan, dimana poci jantan akan lebih atraktif dan agresif jika wilayah teritorialnya terdapat poci betina.

Lain halnya dengan poci betina dewasa yang lebih pasif dalam bergerak. Bila Anda ingin mengoleksi burung poci, Anda tak perlu khawatir lagi karena sudah mempelajari perbedaan burung poci jantan dan betina untuk peliharaan Anda. Semoga bermanfaat, selamat mencoba…

Baca Juga ; Faktor Yang Menyebabkan Burung Pandai Berkicau

Loading...
Perbedaan Burung Poci Jantan Dan Betina | ilmuhewan | 4.5