Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian

By On Wednesday, April 5th, 2017 Categories : Teknologi

Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian – Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian – Bioteknologi sebagai salah satu cabang teknologi yang menggunakan mikro organism hidup telah memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia.

Termasuk untuk bidang peternakan dan pertanian. Para peternak dan petani mendapatkan keuntungan ganda.

Karena jenis mikro organism hidup seperti bakteri atau jamur bisa menjadi ‘tenaga kerja’ yang gratis untuk membantu sistem produksi peternakan dan pertanian.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Hewan Di Air

Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian

Di seluruh dunia bioteknologi telah berkembang semakin pesat dengan dukungan alat-alat modern. Tidak terkecuali di negara adi kuasa, Amerika Serikat.

Bidang pertanian di Amerika tidak luput memakai bioteknologi untuk menghasilkan jenis jenis tanaman yang bermutu tinggi dan unggul. Misalnya saja seperti kedelai dan jagung.

Manfaat bioteknologi untuk pertanian

Dalam perkembangannnya, bioteknologi dalam pertanian benar-benar bisa dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produksi panen. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memakai bioteknologi dalam pertanian:

  • Meningkatkan hasil panen kedelai dan jagung antara 30% hingga 50% dengan rekayasa genetika pada tanaman.
  • Menciptakan jenis tanaman pertanian yang tahan terhadap serangan hama seperti serangga.
  • Bisa menciptakan jenis tanaman baru dengan rekayasa genetik sesuai dengan kriteria sifa- sifat yang diinginkan. Misalnya saja, tomat menjadi tidak cepat busuk sehingga selama proses penyaluran ke pasar dan tangan konsumen, tomat tidak repot dalam penyimpanannya.

Cara kerja bioteknologi dalam pertanian

Berdasarkan eksperimen dan ujicoba selama bertahun-tahun. Kalangan peneliti dalam bidang pertanian telah berhasil menciptakan tanaman baru dengan rekayasa genetik yang bersifat unggul.

Rekayasa genetik dibuat dengan cara memasukkan jenis bakteri tertentu seperti Bacillus thuringiensis di dalam sel jaringan tumbuhan jagung. Efeknya, jagung menjadi lebih tahan terhadap ulat.

Bakteri yang dimasukkan dalam jagung ini akan membentuk suatu pertahanan sel yang berupa racun untuk membunuh serangga atau ulat tanaman.

Alhasil, dengan kemampuan melindungi diri pada tumbuhan jagung ini diharapkan para petani tidak lagi membutuhkan pestisida yang kerap menjadi pemicu utama polusi udara dan pencemaran lingkungan.

Contoh – contoh rekayasa genetik pada tanaman

  • Memasukkan gen pembentuk beta karoten atau vitamin A di dalam jaringan tumbuhan padi. Sehingga anak – anak yang mengkonsumsi padi bervitamin A bisa memiliki mata yang lebih sehat di seluruh dunia.
  • Terciptanya pupuk alam yang mengandung unsur mikro organism hidup dari hasil bioteknologi. Pupuk ini mengandung mikroba yang dapat menyuburkan tanah dan menambah tingkat nitrogen dalam tanah.

Peranan Bioteknologi Dalam Peternakan

Sama seperti pertanian. Peternakan juga mendapatkan manfaat dari bioteknologi. Hasil peternakan berupa daging, susu, kulit atau anakan ternak bisa bertambah dari segi kualitas dan jumlahnya.

Teknik bioteknologi yang diterapkan menggunakan mikro manipulasi embrio atau inseminasi buatan. Dengan adanya bioteknologi dalam peternakan ini, diharapkan proses produksi atau pertambahan kelahiran dalam sebuah peternakan bisa berlangsung lebih cepat dan murah.

Karena tidak perlu mengeluarkan ongkos atau biaya modal untuk mendatangkan induk unggulan baru.

Peranan bioteknologi dalam perikanan

Tak kalah dari bidang pertanian dan peternakan ruminansi. Bidang perikanan juga memberikan hasil signifikan setelah menerapkan bioteknologi.

Rekayasa genetik perikanan dilakukan dengan cara menciptakan ikan dalam satu tahap generasi memiliki jenis kelamin betina.

Pasalnya, ikan yang berjenis kelamin betina bisa mempunyai tingkat pertumbuhan yang lebih cepat daripada ikan berkelamin jantan. Sehingga para peternak ikan tidak perlu menunggu waktu panen yang lebih lama dan bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-jenis Pemuliaan Ternak

Loading...
Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian | ilmuhewan | 4.5