Penyebaran Flora Indonesia

By On Friday, July 29th, 2016 Categories : Info Lainnya

Penyebaran Flora Indonesia – Indonesia merupakan surga bagi segala keanekaragaman hayati.

Baik keanekaragaman hayati tumbuh-tumbuhan maupun keanekaragaman hayati hewan. Berbagai spesies jenis mahluk hidup banyak dan mudah ditemukan di Indonesia yang persebarannya merata disetiap pulau-pulau di Indonesia.

Aneka flora dan fauna yang langka pun dapat dengan mudah ditemui disini. Hal ini dapat terjadi akibat dari kekayaan sumber daya alam Indonesia yang begitu melimpah.

Untitled

Namun seiring berjalannya waktu, tanpa disadari jika setiap elemen lupa menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang ada di Indonesia, bukan hal yang tidak mungkin semua hal indah tersebut akan menjadi kenangan. Untuk itu perlu adanya seluruh elemen untuk bersama-sama menjaga alam indah kita ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang harus dilakukan, ada baiknya kita mengetahui persebaran flora di Indonesia mulai dari sabang hingga ke merauke. Check this out, dears!

Jenis Flora yang Tersebar di Indonesia

Menurut Van Steenis, Indonesia merupakan negara kaya akan flora di dunia. Ada sekitar ±4.000 spesies pohon, lebih dari 1.500 tumbuhan paku, ±25.000 spesies tumbuhan berbunga, ±5.000 spesies bunga anggrek, dan ±1.750 spesies tumbuhan yang tidak berbunga.

Alasan Keanekaragaman Flora di Indonesia

Persebaran flora di Indonesia yang sangat beragam disebabkan oleh sejarah geologinya. Indonesia berada pada pertemuan dua lempeng besar pembentuk bumi, yakni lempeng Asia dan lempeng Australia.

Lempeng Asia terdiri dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Lempeng ini disebut juga sebagai Dangkalan Sunda. Sedangkan, lempeng Australia terdiri dari seluruh kepulauan Papua.

Lempeng ini disebut sebagai Dangkalan Sahul. Nah, kepulauan lainnya merupakan campuran lempeng Asia dan lempeng Australia. Hal inilah penyebab keanekaragaman flora di Indonesia sangat banyak.

Faktor Penyebab Keanekaragaman Flora di Indonesia

Selain faktor iklim dan geologi, penyebaran flora di Indonesia juga terdiri dari tanah, air, dan kontur bumi.

  1. Tanah, sebagai tempat atau media untuk tanaman itu tumbuh tentu sangat berpengaruh besar. Semakin tinggi tingkat kesuburan tanah, semakin baik tanaman tersebut dapat tumbuh. Begitupun sebaliknya.
  2. Air, setiap mahluk hidup membutuhkan air. Pun begitu dengan tumbuhan. Dimana ada air tingkat hidup suatu tumbuhan akan meningkat.
  3. Kontur bumi, tinggi rendahnya permukaan bumi sangat berpengaruh dengan jenis tumbuhan yang hidup diatasnya.

Secara umum persebaran flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Indonesia – Malaysia
  2. Kepulauan Wallacea
  3. Australianesia

Baca Juga : Jenis-jenis burung lovebird dengan harga jual tinggi

Penyebaran Flora Indonesia | ilmuhewan | 4.5