Penyebab kandang ayam bau dan Cara mengatasinya

By On Saturday, February 4th, 2017 Categories : Kandang

Cara Mengatasi dan Penyebab kandang ayam bau – Jika anda pernah melewati kandang ayam yang sering anda rasakan adalah anda akan mencium aroma yang tidak sedap yang bersumber dari kandang ayam tersebut.

Hal ini sangat menganggu lingkungan sekitar peternakan ayam dan dapat merugikan peternak ayam itu sendiri.

Ketidakmampuan peternak untuk mengelola kebersihan kandang dari kotoran ayam adalah penyebab mengapa kandang ayam berbau tidak sedap.

Baca Juga : Jenis tipe kandang untuk ayam ras petelur

Kotoran ayam yang tidak dibersihkan secara rutin akan menyebabkan kotoran ayam menumpuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Sistem tempat pembuangan kotoran ayam yang tidak bagus juga dapat menyebabkan mengapa kandang ayam berbau tidak sedap.

Selain itu, kotoran ayam yang basah atau dikenal dengan istilah wet droppin dapat menjadi penyebab mengapa kandang ayam bau tidak sedap.

Faktor yang menyebabkan mengapa kotoran ayam basah adalah ketidakmampuan peternak ayam untuk menjaga tingkat suhu dari kandang ayam sehingga ayam mengalami stress bisa karena kepanasan bisa juga karena kandang ayam yang lembap, konsumsi air yang berlebihan oleh ayam, ayam terinfeksi bakteri, protozoa dan virus sehingga menyebabkan kotoran ayam menjadi basah dan pakan ayam yang mengandung jamur sehingga ayam mengalami iritasi pencernaan yang dapat menyebabkan kotoran ayam menjadi basah atau wet droppin.

Sebenarnya, bau yang bersumber dari kandang ayam tersebut dapat diatasi yaitu dengan cara-cara berikut ini:

  1. Membuat kandang ayam dengan konstruksi yang baik sehingga dapat dengan mudah dibersihkan dari kotoran ayam.
  2. Secara rutin membersihkan kotoran ayam yang ada di kandang ayam maupun diluar kandang ayam agar tidak menumpuk dan dapat membuat kandang ayam menjadi semakin berbau tidak sedap. Selain menimbulkan bau, penumpukan kotoran ayam juga dapat menimbulkan penyakit bagi ayam lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pembersihan kandang ayam setiap harinya. Selain itu, menjaga kebersihan tempat pakan ayam dan peralatan ternak ayam juga sangat perlu agar kesehatan ayam terjaga sehingga ayam tidak terkena penyakit diare yang dapat menyebabkan kotoran ayam menjadi basah dan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  3. Memberikan ayam bakteri pengurai protein misalnya adalah probiotik yang berfungsi untuk membantu menghancurkan protein dalam system pencernaan ayam sehingga ayam tidak mengalami diare dan hal tersebut juga dapat membantu pertumbuhan menjadi semakin cepat.
  4. Memperhatikan nutrisi dari pakan yang diberikan pada ayam. Jangan memberikan ayam minuman secara berlebih agar kotoran ayam tidak basah yang dapat menyebabkan kandang menjadi bau. Jangan memberikan pakan yang terlalu asin karena dapat menyebabkan ayam diare. Untuk mengurangi bau pada kotoran ayam bisa juga dengan cara menambahkan kunyit pada pakan ayam hanya sebanyak 2% dari jumlah pakan ayam. Cara ini dipercaya oleh beberapa peternak ayam ampuh untuk mengurangi aroma tidak sedap pada kotoran ayam.
  5. Melalukan penyemprotan kandang ayam 2 bulan hingga 6 bulan sekali dengan desifektan secara rutin agar kandang ayam tidak berbau tidak sedap. Selain itu, kegunaan dari penyemprotan desifektan pada kandang ayam adalah agar kandang ayam menjadi bersih terhindar dari penyakit yang dapat menyerang hewan ternak ayam.
  6. Memberikan kapur tembok pada litter dan kotoran ayam yang basah dan menggumpal untuk menghilangkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh kotoran ayam.

Selamat mencoba tips yang telah kami berikan diatas ya, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam

Loading...
Loading...
Penyebab kandang ayam bau dan Cara mengatasinya | ilmuhewan | 4.5