Penyebab dan Tanda-tanda Hewan Sugar Glider Stress

By On Tuesday, June 6th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Penyebab dan Tanda-tanda Hewan Sugar Glider Stress – Stres bisa saja terjadi pada Sugar glider, guna menghindari hal – hal tersebut pada Sugar glider anda, maka perhatikan sebab dan tanda ketika para Sugar glider mengalami stres, dengan begitu maka anda dapat melakukan pencegahan dan pengobatan secara bijak.

Berikut ini beberapa sebab Sugar glider menjadi stres :

  1. Pindah lingkungan kandang

Salah satu sebab terjadinya stres pada Sugar glider adalah pindahnya lingkungan kandang, terutama pada Sugar glider yang masih berusia muda atau mereka yang memiliki karakter rapuh.

Biasanya kondisi ini mereka di jual ke pemilik lain atau si pemilik pindah tempat.

Baca Artikel Terkait :

Tips dan Trik Usaha Hewan Sugar Glider

Ciri dan Karakteristik Hewan Sugar Glider

Cara membedakan sugarglider jantan dan betina

Cara Budidaya dan Ternak Sugar Glider

Mereka akan merasa sudah nyaman dan cocok dengan tempat sebelumnya, namun di tempat baru mereka bisa saja ketakutan dan memicu stres.

  1. Perjalanan jauh

Salah adu penyebab Sugar glider stres adalah ketika anda mengajaknya dalam perjalanan jauh. Terkadang mereka akan mengalami sedikit sedikit sterss akibat dari perjalanan jauh tersebut.

Namun, ada juga Sugar glider yang tidak mengalami stres akibat kondisi ini, biasanya mereka sudah mengenal dengan baik terhadap pemiliknya.

Guna menghindari kondisi stres maka anda dapat melakukan perjalanan jauh bersama Sugar glider kesayangan anda ketika mereka sudah mengenal anda secara apik atau sudah bonding.

  1. Kehamilan

Hamil dapat memicu stres, terutama kepada Sugar glider yang sudah hamil pada usia di bawah anjuran Sugar glider hamil. Parahnya mereka akan memakan anak mereka saat kondisi stres ini.

  1. Kehilangan teman kandang

Memiliki sahabat bukan hanya pada manusia saja, tapi bisa terjadi pada Sugar glider atau biasa di kenal dengan imprint.

Mereka akan mengalami stres berat ketika teman sekandangnya hilang, bahkan perilaku mereka akan berubah drastis, misalnya bersikap galak dan sering melakukan barking, hal ini terjadi akibat kesepian.

  1. Sakit

Ketika mereka sakit secara signifikan , maka mereka bisa jadi mengalami stres, sehingga aktivitasnya menurun,  misalnya yang biasanya aktif berubah jadi pemurung, jarang gerak, dan anda harus segera menangani kondisi ini, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kematian mendadak.

  1. Makanan

Mengganti makanan kepada Sugar glider dan menggantinya secara mendadak dapat juga menjadi pemicu stres. Untuk menghindari kondisi stres tersebut, maka anda dapat memberikan makan pengganti tersebut secara bertahap.

Tanda Sugar glider stres :

  1. Galak

Berperilaku tak seperti biasa adalah salah adu ciri akibat stres. Biasanya mereka cenderung bersifat galak, agresif saat mereka baru pindah ke lingkungan baru.

  1. Memakan kotoran sendiri

Tanda selanjutnya adalah mereka akan memakan kotorannya sendiri, baik urine maupun fesesnya. Biasanya mereka sedang mengalami kebosanan terhadap makanannya atau makanan yang diberikan tidak memiliki kandungan gizi cukup.

Guna mengatasinya maka anda bisa mengganti makanan mereka namun secara bertahap.

  1. Tidak mau makan

Bisa jadi si Sugar glider akan mengalami mogok makan akibat adanya perubahan makanan yang secara mendadak, atau akibat makanan mereka yang biasanya di ganti dengan makanan asing, sehingga mereka tidak mau makan.

Jika mereka mengalami kondisi ini selama 2 – 3 hari maka segera bawa ke dokter guna mengetahui penyebabnya.

  1. Memakan diri sediri atau Joey

Ada saatnya Sugar glider mengalami stres parah, yang mana ditandai dengan sel mutation atau memakan diri mereka sendiri. Mereka juga akan memakan anak mereka sendiri, hal ini terjadi karena mereka hamil di bawah usia standar hamil pada Sugar glider.

Loading...
Penyebab dan Tanda-tanda Hewan Sugar Glider Stress | ilmuhewan | 4.5