Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Yang Terserang Penyakit Pilek

By On Wednesday, July 12th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Yang Terserang Penyakit Pilek – Penyakit pilek yang ada dan terkena pada ternak ayam merupakan suatu penyakit yang biasanya menyerang ayam ketika terjadi suatu pergantian musim.

Selain pada saat pergantian musim, serangan pilek terhadap ternak ayam pada umumnya juga mampu menyerang ternak ayam yang dipelihara dan berada di kandang yang kondisinya lembab dan dingin.

Penyakit pilek terhadap hewan ayam atau snot tersebut disebabkan oleh bakteri Haemophilus galloinarum serta mampu menyerang semua umur ayam terutama menyerang anak ayam.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Ayam Cemani

Penyakit pilek yang menyerang ternak ayam tersebut dimasukkan ke dalam kategori penyakit yang berbahaya karena penyakit ini dapat dengan mudah menular sangat cepat serta dapat menyerang ke semua jenis ayam.

Hewan ayam yang menderita penyakit pilek biasanya memiliki pergerakan yang berubah menjadi pasif.

Melalui lubang hidung dan kedua matanya, akan keluar  cairan yang pada akhirnya akan dapat membuat hidung ayam menjadi tersumbat sehingga membuat ayam menjadi kesulitan bernafas.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus galloinarum ini dapat dengan mudah menyebar melalui makanan, minuman dan udara.

Agar dapat mengatasi penyebaran penyakit pilek ini, peternak ayam harus dengan segera memindahkan ayam yang sedang terkena sakit pilek ke kandang khusus untuk dikarantina.

Hewan ayam yang sudah terserang pilek ayam atau snot ini akan menunjukkan beberapa macam gejala seperti di bawah ini :

  • Ayam yang terserang pilek tersebut akan menunjukkan pengeluaran cairan air mata di matanya
  • Ayam akan terlihat mengantuk dengan sayapnya turun atau menggantung
  • Hewan ayam mengeluarkan lendir dari hidungnya. Lendir tersebut kental serta berwarna kekuningan dan berbau khas.
  • Ayam akan mengalami bersin-bersin serta mengguncangkan kepalanya untuk mengeluarkan cairan yang ada di hidung.
  • Ayam akan mengorok dan sulit untuk bernafas.
  • Pertumbuhan si ayam akan menjadi lambat

Adapun beberapa gejala lain bisa saja muncul pada hewan ayam yang terserang pilek diantaranya nafsu makannya akan menjadi hilang, kepalanya akan bergoyang – goyang serta sering bersin – bersin. Apabila kondisi ini dibiarkan secara berlarut – larut, kondisi ayam ini akan semakin parah nantinya.

LANGKAH PENCEGAHAN

Beberapa langkah pencegahan dapat kalian lakukan seperti pemberian antibiotik (berupa streptomycin dan sulfanilamida) secara berkala sehingga dapat membantu mencegah ayam tidak mudah terserang penyakit pilek.

Vaksinasi (corryta naccin dan vaksin snot) juga sangat perlu dilakukan pada saat ayam masih berumur 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan serta menjelang usia dewasa.

LANGKAH PENGOBATAN

Beberapa pengobatan yang dapat kalian gunakan untuk dapat mengobati penyakit pilek pada ayam adalah bubuk coryuit, kapsul anti snot serta neofet.

Dosis pemakaian untuk obat serta cara pemberian obat ini harus disesuaikan dengan petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

Selain hal itu, penyakit pilek ini juga mampu disembuhkan dengan cara menyuntikkan cairan berupa streptomycin yang berdosis 0,2 cc per suntikkan per hari.

Proses penyuntikkan ini dapat berlangsung selama 5 hari dengan bagian tubuh ayam yang disuntik adalah leher bagian belakang.

Beberapa macam jenis obat yang biasa dikonsumsi oleh manusia juga bisa digunakan untuk dapat mengobati ayam yang tengah terkena penyakit pilek.

Obat tersebut adalah refagan dan bodrex. Cara penggunaannya yaitu ambil satu tablet obat dan kemudian dilarutkan ke dalam 1 sendok air teh, lalu diminumkan kepada ayam.

Ayam terserang penyakit pilek ini harus segera dipisahkan dari kandang (kelompok) ayam yang sehat. Agar dapat mengobati ayam yang terlanjur terkena pilek ini, dapat juga dilakukan dengan obat kimia di bawah ini :

  • Sulfatiasol
  • Sulfadimetoksin
  • Streptomisin
  • Sulfametasin
  • Sulfamerasin
  • Eritromisin

Baca Juga : Cara Sederhana Budidaya dan Ternak Ayam Lingnan 

Loading...
Loading...
Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Yang Terserang Penyakit Pilek | ilmuhewan | 4.5