BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Penyebab Bulu Kucing Anggora Sering Rontok

By On Monday, November 21st, 2016 Categories : Perawatan

Penyebab Bulu Kucing Anggora Sering Rontok – Pada dasarnya kerontokan yang terjadi pada bulu kucing adalah hal yang biasa, termasuk kucing anggora juga mengalaminya.

Hanya saja jika sudah terjadi kerontokan bulu secara berlebihan sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter hewan mengenai gejala kerontokan yang dialami oleh kucing tersebut.

Dengan banyaknya bulu kucing yang rontok, tentu akan membuat penampilan kucing peliharaan menjadi kurang cantik dan menarik sehingga mulai timbul rasa malas untuk bermain – main dengan kucing tersebut.

anggora-rontok

Baca Juga : Cara Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Pekarangan Rumah

Berikut ini adalah beberapa penyebab bulu kucing anggora sering rontok dan cara mengatasinya.

  1. Salah dalam memilih peralatan mandi kucing

Selalu perhatikan saat memilih produk mandi yang akan digunakan untuk kucing, seperti shampoo misalnya. Jika terjadi kesalahan saat memilih shampoo untuk kucing, maka secara tidak langsung akan membuat bulu kucing menjadi rontok.

Oleh karena itu jangan memilih shampoo dengan kandungan busa yang banyak, karena shampoo dengan kandungan busa yang cukup banyak ini umumnya juga tinggi mengandung detergen di dalamnya.

Sehingga hal ini lah yang menyebabkan kulit kucing iritasi dan akhirnya kucing mengalami kerontokan pada bulunya.

  1. Hal yang biasa jika bulu kucing rontok

Tidak ada kucing yang tidak mengalami kerontokan bulu, baik jenis kucing anggora ataupun kucing lainnya. Hal ini masih tergolong normal, karena nantinya akan tumbuh bulu kucing yang baru.

Kerontokan bulu yang terjadi  pada kucing juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Contohnya saja pada kucing betina, bulu kucing betina akan mengalami kerontokan saat kucing betina dalam keadaan birahi hal ini dipengaruhi faktor hormon estrogen pada kucing betina yang sedang memuncak.

  1. Berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin kucing

Vitamin juga diperlukan bagi kucing, akan tetapi sekali lagi jika dosisnya berlebihan maka akan berdampak pada bulu kucing yang mengalami kerontokan.

Berawal dari kulit kucing yang menjadi lebih kering, tampak berkerak bahkan sampai mengelupas. Oleh karena itu perhatikan dosis vitamin yang akan diberikan pada kucing agar tetap aman.

  1. Terkena Alergi Kucing

Kucing yang mengalami alergi terkadang juga mengalami kerontokan pada bulunya. Gejala ini lah yang menyebabkan kulit kucing kotor dan menjadi pemicu dari rontoknya bulu kucing Salah satu pemicu dari alergi yang terjadi pada kucing biasanya berasal dari obat – obatan, jenis vaksin, parasit atau bahkan makanan.

Apabila hal ini terus berlanjut terjadi pada hewan peliharaan, maka segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat.

  1. Gizi yang kurang

Beri makanan yang mengandung protein dan vitamin berkualitas yang dibutuhkan oleh kucing peliharaan. Jangan hanya memberikan makanan khusus kucing yang dijual dipasaran dengan harga murah namun kualitasnya rendah. Oleh karena itu pilihlah makanan khusus hewan peliharaan dengan yang bermerk atau yang berkualitas.

  1. Perubahan Suhu

Perubahan suhu juga bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan pada bulu kucing, karena pada saat musim panas maka bulu kucing akan rontok. Sebaliknya pasa musim dingin, bulu kucing yang lebat akan melindungi kucing dari kedinginan.

  1. Banyaknya Kutu

Selain itu penyebab bulu kucing rontok lainnya adalah adanya spesies parasit sejenis kutu yang tinggal pada bagian kulit dan bulu kucing kemudian merusak struktur kulit sehingga bulu kucing akan mengalami kerontokan.

Untuk mengatasi hal ini, sisir bulu kucing secara berkala agar frekuensi kutu dapat diminimalisir dan gunakan shampoo khusus yang bisa membasmi kutu pada kucing.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Kucing yang Anda Harus Tahu

Loading...
Penyebab Bulu Kucing Anggora Sering Rontok | ilmuhewan | 4.5