Penyebab Bobot Sapi Menurun atau Merosot

By On Wednesday, April 26th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Penyebab Bobot Sapi Menurun atau merosot – Di dalam kalangan peternak sapi, Bobot sapi yang cukup bahkan cenderung gemuk dinilai sangat menguntungkan bagi peternak karena selain daging yang dihasilkan banyak, sapi terlihat sehat dan susu yang dihasilkan oleh sapi pasti akan lebih banyak.

Namun dalam beberapa kasus, bobot sapi mengalami kemerosotan sehingga mempengaruhi kesehatan sapi itu sendiri dan tentunya akan merugikan peternak.

Baca Juga : Sistem Perkandangan Ternak Sapi Potong

Ada beberapa penyebab mengapa bobot sapi menurun dan merosot yaitu sebagai berikut ini :

Stress Transportasi

Hal ini biasa terjadi terhadap sapi karena sapi kelelahan saat proses pendistribusian dari tempat sapi dibeli ke tempat peternakan.

Dalam proses pendistribusian, sapi berdiri berjam-jam dengan kondisi truck yang penuh dengan sapi lainnya juga.

Ada beberapa pengemudi truck yang mungkin memberikan jeda istirahat untuk sapi-sapi tersebut dan memberikan makan dan juga minum namun tidak sedikit juga yang tidak melakukan hal tersebut.

Ketika sapi tiba di peternakan, sapi akan tiba dalam kondisi kelelahan dan memicu sapi stress belum lagi sapi yang belum bisa mengkondisikan kondisi lingkungan di peternakan yang baru akan membuat bobot sapi menurun.

Sebenarnya hal ini dapat diatasi yaitu dengan cara jangan membiarkan sapi menempuh perjalanan lebih dari 3 jam atau jika perjalanan lebih dari 3 jam, istirahatkan sapi sebentar, dan jangan lupa untuk memberikan makanan dan minuman kepada sapi.

Tidak sedikit juga, orang memberika obat anti stress kepada sapi yang mengandung vitamin A, D, E yang dapat anda beli di toko hewan ternak.

Lalu, jangan menaruh sapi terlalu banyak di dalam truck, sesuaikan dengan ukuran truck jangan sampai sapi berimpit-impitan sehingga memacu sapi untuk menjadi stress.

Musim Pancaroba

Keadaan cuaca yang berubah-ubah dan tidak menentu mengakibatkan bobot sapi dapat merosot. Keadaan yang tidak nyaman yaitu dari musim kemarau tiba-tiba beralih ke musim hujan atau sebaliknya membuat tubuh sapi menjadi down dan sapi menjadi stess sehingga nafsu makan sapi berkurang.

Hal ini dapat diatasi yaitu dengan memberikan pakan konsentrat yang harum atau pakan hijau-hijauan yang disukai sapi sehingga nafsu makan sapi tidak menurun dan jika diperlukan berikan vitamin khusus untuk sapi agar imun sapi kebal terhadap penyakit yang dapat menyerang sapi di musim pancaroba

Kembung

Penyakit kembung pada sapi sangat umum terjadi. Penyakit kembung pada sapi ditandai dengan nafsu makan sapi berkurang bahkan sapi tidak menyentuh sama sekali makanannya, terlihat gelisah di saat jam makan. Hal ini dapat menyebabkan berat sapi merosot.

Tidak perlu kawatir apabila hal ini terjadi pada sapi anda harus memeriksa suhu sapi dengan cara memegan daun telinganya dan lihat apakah terdapat lendir pad ahidung sapi, lalu raba perut sapi apakah berisi udara yang berebih.

Lalu apabila sapi menunjukan gejala seperti diatas, maka berikan obat anti kembung pada sapi dan satu jam kemudian berikan air gula dan telur. Berangsur-angsur nafsu makan sapi akan kembali seperti semula.

Adanya benda-benda tidak lazim di dalam lambung sapi.

Benda-benda tidak lazim yang dalam beberapa kasus ditemukan di dalam lambung sapi seperti paku, besi, kawat dan pecahan seng berasal dari sampah-sampah yang tercecer di sekitar kandang sapi karena kandang sapi tidak dibersihkan dengan baik.

Benda-benda tersebut tidak sengaja termakan oleh sapi kecuali jika peternak tidak memberikan pakan yang cukup kepada sapi sehingga sapi yang kelaparan memakan benda-benda kecil disekitar sapi.

Hal ini dapat dihindari dengan memberikan pakan yang cukup bagi sapi dan melakukan pemeriksaan rutin pada sapi.

Sapi terpeleset

Sapi terpeleset sangat umum terjadi karena lantai peternakan yang licin mengakibatkan sapi terpeleset. Sapi yang terpeleset dapat mengalami patah tulang sehingga nafsu makan sapi pun menurun karena sapi kesakitan dan akan berdampak pada bobot sapi.

Apabila hal ini terjadi, anda tidak perlu kawatir anda dapat memberikan hijau-hijauan yang disukai sapi dan konsentrat yang harum, lalu setelah sapi makan banyak oleskan balsam ke bagian paha dan pangkal ekor sapi jika sapi tidak mampu berdiri karena kakinya yang cidera.

Setelah diberikan balsam, anda dapat menepuk pantat sapi sebagai pemacu agar sapi berdiri seperti biasa, dan apabila sapi belum kuat berdiri, anda dapat memakai kayu pengungkit untuk membantu sapi berdiri.

Yang paling penting adalah menjaga kondisi lantai peternakan jangan sampai licin sehingga berbahaya bagi sapi.

Baca Juga : Cara Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing

Penyebab Bobot Sapi Menurun atau Merosot | ilmuhewan | 4.5