Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan

By On Friday, June 9th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan – Salah satu hal yang menyebalkan adalah ketika harus jatuh sakit. Apalagi dengan keadaan cuaca yang tidak bisa ditebak hari – harinya.

Di saat itu lah penyakit hinggap dan harus membuat kamu kadang tidak berdaya di tempat tidur. Vitamin pun harus siap tempur demi mencegah agar penyakit tidak mampir kepada kamu.

Ternyata bukan hanya manusia yang kadang tidak tahan dengan perubahan cuaca tiba – tiba ini. Burung pun harus menanggung sakit karena cuaca yang tidak bersahabat.

Ada bermacam – macam penyakit yang hinggap pada burung peliharaan kamu. Kalau peliharaan sudah malas berkicau dan makan, otomatis kamu pun harus pijit – pijit. Apalagi burung kesayangan kamu adalah tambang emas buat kamu.

Baca Artikel Terkait :

Jenis-jenis Burung Branjangan

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Branjangan

Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru

Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan

Ada beberapa penyakit yang sering menyerang burung branjangan lho. check this out!

Stress

Penyakit stress ternyata tidak hanya bisa dialami oleh manusia saja lho. Burung juga bisa mengalami penyakit ini. Bahkan tidak untuk burung yang liar saja burung peliharaan kamu yang sudah jinak beberapa bulan pun bisa mengidap penyakit satu ini lho.

Perubahan fisik adalah ciri utama yang bisa kamu deteksi. Selanjutnya emosional dan metabolisme tubuh burung juga bisa kamu perhatikan. Kamu juga perlu ketahui bahwa penyakit stress ini bisa membuat burung jinak berubah jadi liar. Yang tadinya rajin berbunyi tiba – tiba berubah jadi pendiam dan mogok makan.

Virus Cicovirus (Beak and Feather Disease)

Jika kamu menemukan kondisi burung dalam keadaan bulunya yang sering rontok maka bisa jadi peliharaan kamu terserang virus cicovirus.

Nama lain dari virus ini adalah polyoma yang sebenarnya adalah penyakit umum yang sering menyerang burung branjangan. Dalam hal ini branjangan mengalami kesulitan dalam menumbuhkan bulu. Penyakit ini disebabkan gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus serta bulu – bulu branjangan ini disebut psittacosis kronis.

Keadaan burung yang mengidap penyakit ini sangat lah prihatin sekali. Peliharaan kamu jelas akan tampak menyedihkan dengan bulu – bulu yang yang rontok dan kulit yang kelihatan jelas memerah. Sebenarnya virus ini sudah melalang buana di dunia burung.

Pollorum

Penyakit satu ini bisa melakukan penyebaran melalui udara lho. Bahkan dapat menular dan berkembang biak dengan cepat. Pullorum atau penyakit berak kapur ini juga dapat menularkan penyakit ke telur yang belum menetas sekalipun. Ini karena pollorum sudah menularkannya dari si induk.

Jangan sampai biarkan penyakit ini meraja lela pada branjangan kamu ya. Tapi jika peliharaan kamu sudah terlanjur terserang penyakit ini maka satu – satunya cara untuk mengetahuinya adalah burung akan terlihat lebih pucat dari biasanya, mudah mengantuk. Bahkan tubuhnya bisa gemetar jika sedang bertengger. Nafsu makannya pun akan berkurang sehingga mengakibatkan berat badannya menurun.

Tidak hanya itu jika branjangan sudah tertular penyakit ini maka kotoran yang dikeluarkan akan bertekstur encer dan berwarna putih atau bisa saja berlendir. Kamu juga bisa memeriksa bagian sayapnya yang tidak seperti biasanya saat mengepakkan sayap, sayap itu terlihat bersih dan rapi. Tapi dengan keadaan seperti ini maka bagian itu akan tampak kusam.

Kimiawi

Jangan sembarangan memandikan branjangan kalau tidak tahu bagaimana tekhniknya. Alangkah baiknya jika kamu cari tahu dengan searching di google atau pecinta burung yang sudah ahli. Hal ini dapat mencegah kerontokan bulu yang ada pada branjangan.

Jika kamu adalah salah satu orang yang rajin memberikan obat pembasmi cacing jenis mebendazole maka harus hati – hati. Salah – salah bulu peliharaan kamu tumbuh tidak seperti yang kamu inginkan, misalnya keriting. Ini karena tingginya kandungan bahan kimia yang ada.

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan | ilmuhewan | 4.5