Penyakit yang menyerang kucing pada usia tua

By On Wednesday, March 29th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Penyakit yang menyerang kucing pada usia tua – Jika anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, maka anda perlu memberikan perhatian yang lebih ketika usia kucing kesayangan anda mulai menginjak usia 7 tahun.

Apalagi pada usia tersebut kucing semakin berusia tua, itu berarti bisa saja sewaktu – waktu kucing terserang penyakit tua.

Pada umumnya kucing senior di bedakan menjadi 3 tingkatan berdasarkan umur, di antaranya : usia 7 – 10 tahun (MiddleAged) , usia 11 -1 4 tahun (Senior)  dan 15 tahun (geriatric).

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Kucing Karena Menelan Rambut

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa saja menyerang kucing kesayangan anda di usia tua :

Gangguan fungsi ginjal kronis

Kucing mengalami gangguan fungsi ginjal ketika usianya menginjak umur 7 tahun. Jika kucing mengalami penyakit ini maka kucing akan menunjukkan gejala haus berlebihan, nafsu makan yang berkurang, konstipasi hingga penurunan berat badan.

Untuk mengetahui penyakit ini maka perlu dilakukan pengecekan darah dan urine yang ditandai oleh meningkatnya ureum dan kreatinin pada darah.

Cara menanganinya dengan melakukan diet pada kucing dengan memberinya protein yang mudah dicerna kucing (digestible), pemberian serat tinggi atau fiber, atrium dan magnesium yang cukup. Jika melakukan diet anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan guna mengetahui formula yang tepat untuk kucing anda.

Diabetes mellitus

Bukan hanya manusia saja yang terserang penyakit diabetes mellitus, tetapi penyakit ini juga menyerang para hewan kucing di usia tua yang obesitas.

Ciri kucing terserang penyakit diabetes mellitus adalah kucing memiliki nafsu makan yang sangat tinggi (ExcessiveHunger) hanya saja tubuhnya yang obesitas tersebut tiba – tiba menjadi kurus, mereka juga memiliki rasa haus yang sangat tinggi serta urinasi berlebih.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Kucing Anggora

Cara menanganinya adalah dengan cara diet ketat di bawah pengawasan dokter hewan.

Gangguan pada gusi dan gigi

Pada usia tua kucing juga mengalami kondisi gusi dan gigi yang mulai rapuh, sehingga tidak cocok memakan makanan  yang kering. Untuk itu sangat perlu diperhatikan pemilihan makanan yang lembut sesuai anjuran dari dokter hewan.

Anda juga perlu membersihkan gigi kucing anda dengan scalling demi membersihkan karang gigi sehingga infeksi pada rongga mulut dan bau mulut kucing berkurang.

Penyakit jantung

Ternyata bukan hanya manusia saja yang juga memiliki penyakit jantung, tetapi kucing juga mengalaminya.

Karena penyakit jantung berhubungan dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi maka sangat perlu di hindari pemberian pakan yang memiliki kadar atrium tinggi dan garam tinggi.

Anda juga perlu memperhatikan pemberian asupan asam amino Turin pada kucing anda.

Penyakit pada saluran pencernaan

InflamatoryBowelDisease atau dikenal dengan penhyakit pada sakura pencernaan adalah salah satu penyakit pada kucing tua dan sangat umum terjadi karena semakin tuanya fungsi organ sehingga semakin menurun juga kinerjanya.

Ketika penalti ini menyerang akan ditandai dengan mutah, diare, turunnya nafsu makan pada kucing dan mereka rentan sekali terhadap serangan penyakit.

Anda perlu memperlakukan diet pada kucing anda dan meningkatkan asupan protein, karbohidrat dan lemak, tapi di bawah pengawasan dokter hewan.

Arthritis

Kucing tua juga mengalami peradangan pada sendi atau artritis yang ditandai dengan sulitnya kucing bergerak atau melompat tinggi.

Penyakit akan lebih sering menyerang pada kucing tua yang obesitas karena beban berat kucing yang ditanggung Oen kaki meningkat. Anda perlu memberinya suplemen persendian seperti glukosamin dan kondroitin sulfat.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia Yang Sedang Hamil

Loading...
Penyakit yang menyerang kucing pada usia tua | ilmuhewan | 4.5