Penyakit ini Sering Menyerang landak mini dan Cara Mengatasinya

By On Tuesday, June 6th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi Penyakit landak mini – Ada beberapa penyakit yang juga menyerang landak mini, seperti :

Jamur

Merupakan salah satu penyakit yang menyerang para landak mini, biasanya mereka menyerang kulit punggung, muka hingga telinga. Jamur ini muncul akibat kondisi lingkungan yang di tinggali oleh landak kurang bersih dan terlalu lembab.

Biasanya landak mini yang terkena jamur akan mengalami kerontokan duri pada punggungnya, jadi seolah terjadi kebotakan kecil, tetapi kebotakan itu akan semakin menyebar dan muncul bercak putih.

Jika menyerang telinga, biasanya ditandai dengan keluarnya lendir dari dalam telinga atau bisa di sebut dengan congkak.

Baca Artikel Terkait :

Jenis-jenis Makanan Untuk Hewan landak Mini

Cara menjinakkan landak mini yang galak

Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan

Cara Membuat Kandang Landak Mini

Cara Budidaya dan Ternak landak Mini

Cara mengatasinya adalah dengan cara memandikan landak menggunakan sabun anti kutu atau sampo kucing secara bertahap, rajin – rajin untuk menjemurnya di matahari pagi, semprot dengan obat anti kutu dan berilah vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, karena ketika terserang oleh jamur yang sudah lama akan mempengaruhi kekebalan tubuh dari si landak mini.

Kutu

Pengganggu ini dapat menyerang landak mini juga apalagi ketika kondisi lingkungan sedang tidak bersih. Biasanya di tandai dengan landak yang sering menggaruk – garuk badannya.

Para kutu ini akan menyerang kulit punggung dan moncongnya, biasa kutu – kutu ini dapat berpindah tempat dari satu landak ke landak lainnya, untuk itu ketika seekor landak terserang kutu, maka segera isolasi agar tidak menyebar.

Cara mengatasinya seperti cara mengatasi jamur di atas.

Obesitas

Kelebihan berat badan bisa saja terjadi kepada landak mini yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan banyak mengandung gula. Jika kondisi ini berlanjut, maka dapat menimbulkan penyakit baru, yaitu penyakit hati berlemak.

Cara mengatasinya adalah dengan cara mengubah pola makan, seperti diet ketat, dan mengurangi porsi makan yang mengandung tinggi lemak. Bisa juga dengan memperluas kandang mereka dan memberinya peralatan olahraga.

Influenza

Salah satu penyakit yang diakibatkan Oleh lingkungan yang kurang bersih, namun bisa juga dikarenakan oleh serbuk kayu yang di pakai kurang tepat.

Misalnya  serbuk kaya berdebu atau terlalu halus tersebut di hirup oleh landak mini, maka dapat menyebabkan influenza.

Cara mengatasinya adalah dengan cara memberinya obat antibiotik, seperti amoxycilin yang telah disesuaikan dosisnya. Anda bisa mencampurnya dengan minuman atau langsung memberikannya menggunakan spet atau alat suntik. Menjemur landak mini juga dapat membantu mengurangi influenza.

Diare

Bisa jadi para landak mini akan mengeluarkan PUP yang sangat cair dan warnanya hijau. Jika iya, itu tandanya merak mengalami diare yang disebabkan oleh beberapa hal.

Biasanya kondisi ini terjadi karena kebersihan kurang terjaga. Misalkan kandang yang jarang di bersihkan atau di cuci, serbuk kayu yang jarang diganti, tempat makan dan minum kotor terkena PUP landak sendiri atau jarangnya di bersihkan.

Cas mengatasinya adalah dengan cara memberinya tablet norit yang dap menyerap semua racun pada saluran pencernaan landak mini.

Anda bisa mencampurkan atau di larutkan di dalam air minumnya atau bisa langsung diberikan dengan spet. Cara lainnya adalah dengan memberinya tambahan menu berupa ulat bambu atau hongkong untuk membantu mengeraskan PUP landak mini.

Scabbies

Scabbies biasa juga menyerang landak mini, walaupun biasanya mereka menyerang anjing dan kucing. Biasanya penyebabnya adalah adanya interaksi dengan hewan kotor , seperti tikus.

Cara mengatasinya adalah dengan cara membawanya ke dokter untuk dilakukan penyuntikan.

Loading...
Loading...
Penyakit ini Sering Menyerang landak mini dan Cara Mengatasinya | ilmuhewan | 4.5