Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Penjelasan Tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan Mamalia dan Intervertebrata

By On Monday, December 26th, 2016 Categories : Info Lainnya, Invertebrata

Cara Pencernaan Pada Hewan Mamalia dan Intervertebrata – Setiap mahkhluk hidup tentunya membutuhkan asupan nutrisi agar bisa terus hidup.

Tentunya asupan nutrisi ini tidak bisa didapatkan dengan begitu saja. Dimana asupan nutrisi ini hanya bisa didapatkan dengan makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh makhluk hidup tersebut.

Namun tentunya tidak semua makanan maupun minuman yang telah dikonsumsi akan dimanfaatkan semuanya. Akan ada bagian yang tidak dimanfaatkan dan akan dibuang.

Dimana apabila tidak dibuang nantinya sisa-sisa makanan ini bukan menjadi nutrisi malah menjadi racun. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya bagi kelangsungan makhluk hidup tersebut. untuk itulah peranan dari sistem pencernaan menjadi sangat dibutuhkan.

Dimana sistem pencernaan dibutuhkan untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang telah dikonsumsi oleh makhluk hidup dan yang sudah tidak diperlukan lagi. Pada sistem pencernaan inilah makanan yang dimasukan akan mendapatkan proses terlebih dahulu.

Yang bermanfaat akan diserap oleh tubuh sedangkan yang tidak bermanfaat akan dikeluarkan dari tubuh. Yaitu dengan cara melakukan pencernaan dalam tubuh.

Hal tersebut tentunya berlaku bagi semua makhluk hidup. Tidak terkecuali bagi hewan Mamalia dan intervertrbata. Untuk itulah berikut ini akan dijabarkan penjelasan tentang sistem pencernaan pada hewan mamalia dan intervertebrata:

  1. Pencernaan Hewan Mamalia

Seperti yang diketahui hewan mamalia adalah hewan yang menyusui. Ternyata hewan mamalia memiliki sistem pencernaan yang cukup unik. Hal tersebut tidak lepas karena pencernaan pada hewan mamalia dibagi menjadi dua. Apa saja? Berikut ini akan diberikan penjelasannya:

  • Sistem Pencernaan Monogastrik

Dimana ternyata sistem pencernaan yang dimiliki antara Monogastrik dengan Poligastrik memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Dimana sistem pencernaan Monogastrik memiliki organ Yang tergantung seperti Small, Stomach, Mulut, intestiunum, large intestiunum, rectum dan yang terakhir adalah anus. Semua organ tersebut yang mendukung terjadinya sistem pencernaan Monogastrik.

  • Sistem Pencernaan Poligastrik

Sebenarnya perbedaan antara Sistem Pencernaan Poligastrik dengan sistem pencernaan Monogastrik tidak terlalu jauh berbeda. Hanya beberapa bagian yang membuat sistem pencernaan Poligastrik menjadi berbeda dengan sistem pencernaan Monogastrik.

Perbedaan tersebut terletak pada organ yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan Poligastrik yakni Rumen, reticulum, omasum dan obamasulum.

  1. Pencernaan Hewan Intervebrata

Hewan intervebrata tersendiri termasuk ke dalam jenis seperti hewan unggas. Yang menjadi letak paling pembeda antara hewan intervebrata dengan hewan Mamalia adalah karena hewan intervebrata seperti hewan unggas tidak memiliki gigi dalam mulutnya.

Hal ini tentunya tidak seperti hewan kebanyakan yang memiliki gigi. Dimana gigi ini berguna untuk mengunyah makanan sebelum masuk ke dalam perut. Seperti yang diketahui, gigi juga termasuk ke dalam salah satu sistem pencernaan.

Hal tersebut tidak lepas karena gigi mampu menjadi penghancur makanan terlebih dahulu sebelum masuk ke lambung. Sehingga membuat makanan menjadi lebih lembut.

Sehingga kerja dari ginjal juga tidak terlalu berat untuk mengolah makanan tersebut untuk menjadi lebih lembut lagi.

Namun karena tidak memiliki gigi tentunya hewan intervebrata cukup kesulitan dalam mengunyah makanan.

Namun nyatanya hewan intervebrata memiliki proventrikulus. Namun sebelum makanan masuk terlebih dahulu ke proventriukulus maka makanan awalnya tersimpan di tembolok dari hewan tersebut.

Dimana makanan akan tersimpan dalam beberapa waktu terlebih dahulu di tembolok ini. Baru setelah makanan mengalami masa pengendapan yang cukup baru makanan tersebut akan dikirimkan ke proventrikulus. Dimana proventrikuluslah yang nantinya akan mengolah makanan tersebut hingga masuk ke sistem pencernaan yang lain.

Loading...
Penjelasan Tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan Mamalia dan Intervertebrata | ilmuhewan | 4.5