Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Penjelasan Lengkap tentang Sistem Integumen Pada Ikan

By On Saturday, December 31st, 2016 Categories : Perikanan

Sistem Integumen Pada Ikan – Sistem integumen adalah sistem organ yang memisahkan, melindungi hewan terhadap lingkungan di sekitarnya.

Sistem ini bisa mencangkup rambut, kulit, sisik, bulu, kuku, kelenjar keringat dan lainnya. Jika sistem integumen pada ikan, maka sistem organ yang terdapat pada ikan yaitu :

Lapisan epidermis

Lapisan epidermis adalah lapisan  kulit yang paling luar pada ikan,  yang membatasi antar tubuh ikan dan lingkungan . lapisan ini juga berfungsi sebagai fungsi utama pelindung ikan.

Baca Juga : Cara Membuat Kolam Bulat Atau Bundar dengan Mudah

Kulit ikan juga tersusun dari jaringan epitel yang dapat melindungi tubuh ikan bagian dalam dari infeksi,  gangguan mekanik atau gangguan yang lainnya.

Fungsi epidermis :

  • Pelindung

Epidermis berada pada luar sendiri yang melindungi ikan dari ancaman infeksi patogen atau lainnya yang berbentuk lendir. Selain untuk melindungi ikan, lendir tersebut juga dapat membantu ikan untuk bergerak di dalam air.

  • Osmoregulasi

Lapisan epidermis juga menjadi osmoregulasi pada ikan untuk mengikat dan melepaskan mineral beserta air yang berlangsung secara difusi.

  • Eksresi

Ikan akan mengeluarkan senyawa yang tidak bermanfaat bagi tubuh bersamaan dengan proses osmoregulasi.

  • Identifikasi

Di lapisan epidermis terdapat pigmen warna sebagai alat identifikasi jenis ikan.

Lapisan epidermis tersusun dari lapisan sel yang lebih tipis dari pada lapisan dermis dan terdapat lapisan yang berperan untuk regenerasi sel yang aktif dengan cara membelah sel guna menggantikan sel yang mengelupas di antara lapisan epidermis dan dermis.

Lapisan dermis

Lapisan ini lebih tebal ukurannya dan mengandung pembuluh darah, syaraf, reseptor, jaringan ikat dan lainnyalapisan dermis ini tersusun dari stratum laxum dan stratum compactum.

Lapisan stratum laxum berbatasan langsung dengan epidermis yang terdapat chromatophora untuk memberi warna pada kulit ikan.

Sedangkan lapisan compactum terdapatt jaringan kolagen dan bagian dari jaringan ikat yang lain. Dibawahnya lapisan dermis ada lapisan hypodermis yang terdapat cadangan lemak. Lapisan dermis ini membentuk derivate dermis yang akan memebentuk bagian tubuh lain seperti sisik.

Derivat – derivat dari sistem integument

Berikut ini macamnya derivat sistem integumen :

1). Sisik

Sisik adalah hasil modifikasi dari lapisan dermis yang terbentuk melalui proses evaginasi lapisan dermis ke lapisan epidermis, namun ada juga yang sebaliknya, proses lapisan epidermis ke lapisan dermis. Sisik memiliki fungsi untuk melindungi tubuh si ikan dan sebagai rangka tubuh ikan bagian dalam.

Sisik ikan memiliki bentuk:

  • Placoid

Bentuk dari sisik ini seperti gigi, sehingga disebut sebagai sisik gigi dengan struktur keras, terdapat enamel yang dalamnya mengandung pembuluh darah dan saraf .

  • Cosmoid

Berbentuk mirip sisik placoid tapi bentuknya lebih mendatar yang strukturnya seperti gigi dan tulang. Sisik cosmoid tersusun dari dua lapisan yaitu isopedine yang keras dan cancellous yang seperti spons dan mengandung banyak pembuluh darah. Terdapat lapisan paling luar cosmin yang menjadi komponen nonselular dan mengandung vitrodentin untuk membentuk sisik yang keras.

  • Ganoid

Memiliki bentuk belah ketupat, serupa dengan cosmoid tapu lapisan cosminnya adalah lapisan ganoin.

  • Cycoloid

Berbentuk mirip dengan sisik ganoid, hanya saja tidak ada lapisan ganoinnya, sehingga memiliki ukuran yang tipis yang tersusun lebih halus dan lembut.

  • Ctenoid

Memiliki struktur seperti cycloid tapi ujungnya beda yang bentuk seperti sisir.

2). Lendir

Lendir dimiliki oelh ikan yang tidak bersisik, bentuknya kental seperti jeli terbentuk dari sel kelenjar di lapisan epidermis untuk melindungi tubuh ikan dari gesekan ketika ikan bergerak di perairan. Selain itu dapat melindungi dari infeksi pathogen karena mengandung senyawa glycoprotein.

Baca Juga : Cara budidaya artemia untuk pakan ikan

Loading...
Penjelasan Lengkap tentang Sistem Integumen Pada Ikan | ilmuhewan | 4.5