Penjelasan dan Peranan dari Sistem ekskresi Pada Hewan

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Info Lainnya

Penjelasan dan Peranan dari Sistem ekskresi Pada Hewan – Seperti halnya manusia, hewan pun memiliki sistem ekskresi yang hampir mirip dimiliki oleh manusia.

Perbedaannya bila pada nanusia lebih kompleks, dan untuk hewan sedikit lebih sederhana. Agar dapat mengetahui uraiannya lebih jelas berikut beberapa jenis hewan dan sistem ekskresinya :

1). Platyhelminthes memiliki alat sekresi dalam bentuk sel-sel berambut getar. Fungsi dari sel tersebut adalah untuk menyaring cairan tubuh dalam sel tersebut dan dikeluarkan dari tubuh lewat lubang dari permukaan tubuhnya.

2).  Annelida, untuk jenis hewan ini memiliki alat ekskresi yang khusus dimana wujudnya adalah nefrida yang letaknya ada pada setiap bagian tubuhnya.

Bentuk dari nefridia ini dilengkapi oleh corong hang terbuka serta bersilia atau disebut juga  dengan nefrostom. dimana fungsinya tersebut untuk mengambil beberapa atau keseluruhan cairan didalam tubuh. Dan contohnya hewan ini adalah cacing tanah.

3).  insecta, binatang yang memiliki sistem ekskresi berupa bulu halus dwngan warnanya yang khusus kekuningan atau yang bisa disebut juga malpighi.

Untuk jenis ini seperti belalang, kecoa dan sebagainya. fungsi dari pembuluh ini adalah mengeluarkan cairan kelebihan garam hingga asam urat di tubuh.

4). Pisces, merupakan jenis hewan yang hidupnya di air dan umumnya memiliki insang. alat ekskresinya ada lah terdapatnya sepasang ginjal.

Namun mekanisme ekskresinya hewan ikan ini berbeda bila dilihat dari segi habitatnya ada yang hidup di air tawar dan ada pula yang ada di air laut.

Untuk ikan itu sendiri yang biasa hidup di air tawar umumnya mengekskresikan amonia serta aktif sekali menyerang ion anorganik dengan insang dan urine yang dikelurkan juga jumlahnya cukup banyak.

Dengan mengetahui beberapa jenis hewan tersebut dan mengetahui mekanisme ekskresinya, akan lebih mudah lagi dalam mengembangbiakan atau dalam hal beternak khususnya ikan.

Terlebih jenis ikan tawar saat ini lebih banyak dibudidayakan. selain itu dengan mengetahui peranan yang ada pada bagian tubuh hewan tersebut juga diharapkan dapat menambah wawasan mengenai sistem ekskresi khususnya pada hewan.

Pengetahuan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam beternak dan membudidayakan khususnya hewan air.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi sistem Pernapasan Pada Hewan Invertebrata

Penjelasan dan Peranan dari Sistem ekskresi Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5