Penjelasan dan Fakta Unik Tentang Monyet Laba-Laba

By On Wednesday, November 23rd, 2016 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Tentang Monyet Laba-Laba – Monyet telah lama dikenal sebagai primata yang hidup sekitar hutan tropis. Selain itu Monyet juga memiliki banyak jenisnya.

Salah satu jenisnya adalah jenis Monyet Laba-Laba. Bagi orang awam dan sebagian banyak orang lainnya tentunya jenis Monyet ini terdengar masih asing di telinga.

Apalagi apabila terdengar sekilas namanya seperti menggabungkan dua nama jenis binatang sekaligus. Yaitu Monyet dan Laba-Laba.

monyet-laba-laba

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Mamalia

Namun ternyata Monyet Laba-Laba ini bagi sebagian kalangan bukanlah jenis yang asing lagi. Apalagi dengan persebarannya yang cukup meluas terutama di hutan tropis Amerika Selatan.

Sehingga bukan jenis Monyet yang baru lagi untuk diketahui. Selain itu ternyata Monyet Laba-Laba juga dikenal dengan berbagai keunikannya.

Untuk itulah, berikut ini penjelasan dan fakta unik tentang Monyet Laba-Laba:

  1. Pelompat yang Handal

Fakta Unik pertama yang patut diketahui tentang Monyet Laba-Laba adalah kemampuan melompatnya yang luar biasa. Dimana Monyet Laba-Laba mampu melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Dimana jarak antar pohon tersebut biasanya cukup jauh. Dalam habitatnya, kemampuan ini sangat berguna bagi Monyet Laba-Laba.

Disebabkan karena dalam hutan tropis biasanya ada sungai yang menjadi jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Sehingga tentunya untuk bisa mendapatkan makanan dari pohon lainnya maka Monyet Laba-Laba harus pindah dengan cara melakukan lompatan.

Dimana kemampuan melompat yang dimiliki oleh Monyet Laba-Laba disebabkan karena ukuran tangan dan kakinya yang bisa dibilang sangat panjang dibandingkan jenis monyet lainnya.

  1. Berkomunikasi Dengan Suara Pekikan

Tiap hewan tentunya melakukan komunikasi dengan caranya masing-masing. Tidak terkecuali bagi Monyet Laba-Laba itu sendiri.

Dimana biasanya komunikasi yang terjadi antara Monyet Laba-Laba dengan Monyet Laba-Laba lainnya berada di atas pohon.

Terutama ketika mereka sedang makan. Sedangkan untuk berkomunikasi sendiri, antar Monyet Laba-Laba biasanya menggunakan pekikan.

Dimana pekikan ini terdengar sangat keras. Sehingga tidak heran apabila Monyet Laba-Laba sedang berkomunikasi antara satu sama lain maka suasana akan berubah sangat berisik dan juga bising.

  1. Memiliki Ekor Yang Kuat

Selain memiliki tangan dan kaki yang panjang ternyata kemampuan unik lainnya yang dimiliki oleh Monyet Laba-Laba adalah ekornya.

Dimana ekor dari Monyet Laba-Laba bukan hanya memiliki ukuran yang panjang namun juga sangat kuat. Sehingga dengan ekor tersebut, seringkali digunakan oleh Monyet Laba-Laba untuk bergelantungan di atas pohon.

Bahkan daripada menggunakan tangan maupun kaki untuk mengambil buah dan makanan, Monyet Laba-laba lebih sering menggunakan ekornya untuk melakukan hal tersebut.

Ternyata ekor kuat yang dimiliki oleh Monyet Laba-Laba bukannya tanpa rahasia. Rahasia terbesarnya adalah otot-otot kuat yang ada di dalam ekor tersebut.

sehingga tidak heran apabila ekor dari Monyet Laba-Laba memiliki daya lebih. Padahal biasanya banyak sekali hewan yang memiliki ekor namun tidak ada otot-otot kuat didalamnya. Tentunya hal ini tidak berlaku bagi ekor yang dimiliki oleh Monyet Laba-Laba.

  1. Monyet Laba-Laba Menggendong Anaknya Selama Tiga Bulan

Tiap induk tentunya sangat menyayangi anaknya dan berusaha untuk selalu melindungi dari marabahaya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Monyet Laba-Laba.

Dimana ketika anak dari Monyet Laba-Labar telah lahir maka tidak akan pernah lepas dari gendongan induknya.

Dalam gendongan tersebut, anak dari Monyet Laba-Laba akan menyusui induknya. Dan hal tersebut akan terus dilakukan selama tiga bulan hingga sang induk merasa bahwa anaknya sudah cukup dewasa untuk lepas dari gendongannya.

Baca Juga : 5 Penyakit Hewan yang Disebabkan Virus

Penjelasan dan Fakta Unik Tentang Monyet Laba-Laba | ilmuhewan | 4.5