Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Penjelasan dan Ciri – ciri Hewan Bunglon Beserta Fungsinya

By On Monday, November 21st, 2016 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri – ciri Hewan Bunglon Beserta Fungsinya – Bunglon termasuk salah satu jenis hewan reptil, dan jenis reptil ini mempunyai banyak ciri khusus yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup bunglon itu sendiri.

Sebelum membahas ciri – ciri khusus yang dimiliki oleh bunglon, maka akan dijelaskan sedikit mengenai ciri – ciri fisik yang ada pada bunglon agar nantinya lebih mudah untuk membedakan antara hewan lainnya yang bisa dikatakan sejenis dengan bunglon, seperti biawak, kadal dan hewan sejenis lainnya.

ciri-bunglon

Baca Juga : Ciri Ciri Burung Kecial Kombo Jantan dan Betina

Ciri – ciri Hewan Bunglon dan Fungsinya

  • Kepala

Bagian kepala pada tubuh bunglon terdapat segi – segi yang bersudut, kemudian bunglon memiliki kantung yang lebar pada bagian dagu, serta bunglon termasuk hewan yang bertulang lunak.

Biasanya bunglon juga memiliki pelupuk mata yang lentur, cukup besar, dan adanya sisik – sisik halus pada bagian sekitar tubuhnya.

  • Kaki

Jenis kaki yang dimiliki oleh bunglon adalah kaki yang mempunyai kemampuan untuk bisa mencengkeram seperti tangan sehingga bisa mencengkram dengan kuat.

  • Mata

Bunglon memiliki mata yang bisa berputar serta bisa melihat ke segala arah, kemampuan bisa memutar mata ini juga dapat digunakan bunglon untuk bertahan hidup karena mampu mengetahui keberadaan musuh yang ingin memangsanya dan untuk memata – matai musuh atau mangsanya serta mengamati musuh atau mangsa dari jarah yang jauh.

  • Ekor

Bunglon memiliki sebuah ekor yang bisa menggulung dan kemampuan ini berguna agar bunglon bisa bergantung di pohon.

  • Habitat atau Tempat Hidup

Bunglon ini hidup di semak – semak pohon dan sering tidak terlihat jika hanya sekejap saja, hal ini karena memang ciri bunglon itu sendiri adalah yang paling unik.

Bunglon juga mempunyai kemampuan untuk dapat tinggal didalam air untuk waktu yang bisa dikatakan cukup lama. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pada paru – paru bunglon terdapat kantung udara

  • Warna Kulit

Bunglon memiliki untuk melindungi dirinya dengan kemampuannya yang bisa merubah warna kulit sesuai dengan warna tempat bunglon berada atau yang biasa dikenal dengan istilah mimikri sehingga bunglon bisa menipu musuhnya saat bunglon merasa dirinya berada dalam ancaman musuh atau predatornya.

Untuk warna kulit bunglon yang bisa berubah – rubah ini sesuai dengan tempat dimana bunglon berada, terkadang warna kulitnyanya bisa menjadi hijau seperti warna daun, coklat seperti warna batang pohon, hitam seperti warna batu, dan sebagainya.

Warna kulit bunglon yang bisa berubah – rubah karena bunglon memiliki sebuah sel khusus yaitu kromatofor yang ada pada bagian kulitnya.

Sel kromatofor ini memiliki pigmen yang dapat mengmpul dan menyebar sesuai dengan kebutuhan bunglon ini.

Saat sel tersebuti menyebar, maka akan diperoleh warna kulit yang lebih muda dan lebih cerah. Sebaliknya jika sel ini menutup, maka akan didapatkan muncul warna kulit bunglon yang berwarna gelap dan pekat.

  • Lidah

Selain memiliki kemampuan untuk mengubah warna dari kulitnya, bunglon juga memiliki lidah yang sangat panjang dan lengket dan lidah ini berfungsi sebagai penangkap mangsa dengan cara yang sangat cepat dan akurat Sehingga dengan lidah yang panjang dan lengket ini sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi bunglok jika saat diserang ataupun menyerang.

  1. Kantung Udara

Tidak hanya itu, bunglon memiliki kantung udara yang bisa digunakan sebagai pertahanan dari serangan musuh.

Saat situasi yang terdesak, maka bunglon dapat mengembang atau mengempiskankan kantung udara yang dimilikinya sehingga bisa digunakan untuk menakut-nakuti musuh yang telah bersiap – siap akan menyerangnya.

Baca Juga : Jenis dan Ciri Khusus Hewan Kelelawar

Loading...
Penjelasan dan Ciri – ciri Hewan Bunglon Beserta Fungsinya | ilmuhewan | 4.5