Pengertian SOP Adalah

By On Monday, August 12th, 2019 Categories : Uncategorized

Pengertian SOP Adalah – Pasti anda pernah mendengar istilah SOP diucapkan. Satu singkatan dari standar operasional prosedur. Sekalipun pernah mendengar, standart regulasi ini tentu asing bagi anda.

Maka dari itu, pada artikel berikut, kami akan menjelaskan hal tersebut. Silakan disimak, semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk anda.

Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)

Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah sebuah dokumen. Di dalamnya, berisi tata cara prosedural, tentang aktivitas tertentu. Kajiannya, diruntut secara kronologis, dari awal hingga tujuan tercapai. Sedangkan tujuannya adalah menciptakan efektifitas dalam bekerja.

Isi SOP sendiri sangat simpel. Selain ada tanggal pembuatan, data revisi, metode penulisan juga dicantumkan. Sedangkan di bagian akhir, biasanya dipasangkan blagan berbentuk flowchart.

Penggunaan SOP

SOP biasa ditemukan di perusahaan sektor industri. Sedangkan untuk usaha non bisnis, seperti sekolah dan selainnya, tidak menggunakan istilah SOP melainkan tata tertib sekolah.

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Narasi umum di atas, bisa menjadi ukuran pengertian SOP. Namun agar lebih maksimal, kami sertakan juga pengertian menurut ahli. Ini diantaranya, yaitu:

1. Moekijat

Menurut Moekijat, SOP adalah urutan langkah aktivitas di perusahaan. Di dalamnya terdapat cara, waktu dan tempat pekerjaan dilakukan.

2. Sailendra

Sedangkan menurut Sailendra, SOP merupakan panduan tertulis, yang menjadi acuan keberhasilan organisasi di dalam melakukan aktivitas.

3. Istyadi Insani

Pengertian SOP menurut Insani adalah dokumen tertulis yang di dalamnya berisi intruksi yang disepakati bersama tentang cara melakukan pekerjaan serta pihak yang melaksanakannya.

Fungsi SOP / Standar Operasional Prosedur

Fungsi SOP semata merealisasikan tujuan perusahaan dengan baik, serasa kurang lengkap. Maka dari itu, berikut kami list fungsi komplit dari SOP, yaitu:

  1. Membantu untuk memudahkan pekerjaan para pegawai atau tim/ unit kerja
  2. Sebagai dasar hukum yang kuat bila terjadi penyimpangan
  3. Untuk memberikan pengetahuan mengenai hambatan pegawai
  4. Memberikan arahan kepada para pegawai agar menjaga kedisiplinan kerja
  5. Berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kerja atau tugas

Itulah penjelasan pengertian SOP. Kami yakin, kini anda sudah mengetahuinya. Selanjutnya, anda bisa membuatnya untuk diterapkan kepada bawahan anda.

Loading...
Loading...
Pengertian SOP Adalah | ilmuhewan | 4.5