Pengertian Simbiosis Netralisme Pada Hewan

By On Monday, May 29th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian Simbiosis Netralisme Pada Hewan – Pada saat masa sekolah pasti anda mempelajari salah satu ilmu biologi yaitu simbiosis.

Simbiosis merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu sym berarti dengan dan biosis berarti kehidupan. Maka jika digabungkan memiliki arti interaksi antara 2 organisme yanfg hidup berdampingan.

Symbiosis memiliki pola interaksi yang erat dan khusus antara 2 makhluk hidup yang berbeda jenis. Dan makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut sebagai simbion.

Baca Juga : Daftar Hewan Yang Tergolong Anggota Arachoidae

Menurut bentuknya simbiosis dibagi menjadi 6 jenis yaitu

  1. Simbiosis Komensalisme
  2. Simbiosis Parasitisme
  3. Simbiosis Mutualisme
  4. Simbiosis Netralisme
  5. Simbiosis Amensalisme
  6. Simbiosis Kompetisi

Pada kesempatan kali, artikel ini akan membahas tentang simbiosis netralisme. Apa kalian tahu apa itu artinnya? Sesuai dengan namanya, netral berarti sama atau tidak mempengaruhi apapun.

Secara umum, pengertian dari pengertian dari simbiosis netralisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mana kedua pihak tidak saling menguntungkan ataupun tidak saling merugikan antara keduanya. Contohnya adalah

  • Sapi an jangkrik
  • Harimau dan burung hantu
  • Monyet dan semut
  • Gajah dan jerapah
  • Kupu-kupu dan kumbang

Jika diuraikan dari contoh hubungan antar makhluk hidup diatas seperti dalam sebuah padang rumput terdapat beraneka ragam makhluk hidup yang hidup berdampingan yaitu gajah dan jerapah.

Walaupun kedua jenis binatang tersebut hidup berdampingan tapi tidak mempengaruhi satu sama lain. Keduanya tidak rugi maupun untung.

Begitu juga dengan contoh hubungan antar binatang yang lainnya seperti kupu-kupu dan kumbang. Walaupun kedua hewan tersebut hidup dalam satu lingkungan dan berdampinga.

Namun kedua hewan tersebut tidak berpengaruh antara satu sama lain sehingga tidak merugikan maupun menguntungkan satu sama lain.

Demikian penjelasan tenang simbiosis netralisme pada hewan, jadi jika kita simpulkan. Simbiosis netralisme banyak terjadi dilingkungan sekitar kita tanpa kita ketahui dan simbiosis ini tidak mempengaruhi proses hidup antar makhluk hidup karena tidak menguntungkan maupun merugikan.

Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan kita dalam jenis-jenis interaksi hubungan antar makhluk hidup.

Baca  Juga : Pembagian Hewan Langka Menurut Wilayah di Indonesia

Pengertian Simbiosis Netralisme Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5