Pengertian Mutasi Gen

By On Friday, September 13th, 2019 Categories : Biologi

Pengertian Mutasi Gen – Pernah menonton film X-men dan mendengar sebuah istilah yang disebut dengan mutan? Mutan itulah sebutan untuk mahluk hidup yang mengalami mutasi gen.

Dalam film tersebut diperlihatkan beberapa orang yang mengalami mutasi dan memiliki fisik yang berbeda. Mutasi gen sendiri merupakan suatu hal yang nyata dan dapat terjadi pada DNA manusia.

Hal inilah yang nantinya akan membentuk bagaimana fisik atau sifat manusia. Pengertian mutasi gen itu sendiri adalah perubahan yang terjadi pada gen baik DNA atau RNA yang nantinya akan menyebabkan perubahan sifat suatu individu namun tanpa mempengaruhi jumlah dan susunan kromosom.

Mutasi gen ini seringkali disebut dengan mutasi kecil namun tetap mutasi gen ini akan mengarah pada munculnya variasi-variasi spesies baru yang bisa sangat berbeda dari indukannya, apalagi bila terjadi secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Karena dalam proses mutasi, gen yang merupakan pembawa sifat suatu individu berubah yang nantinya juga akan menyebabkan perubahan atau ciri dari suatu mahluk hidup, baik dari segi tampilan maupun perilakunya.

Seperti dikatakan di awal, individu yang mengalami mutasi gen disebut juga dengan mutan, sedangkan yang menjadi penyebab mutasi disebut dengan mutagen.

Beberapa mutasi dapat terjadi melalui keturunan, karena mereka diturunkan ke keturunan dari orang tua yang membawa mutasi melalui garis keturunan, kemudian melalui sel telur atau sperma akan membawa mutasi ini pada keturunananya.

Ada juga mutasi yang erjadi bukan karena pewarisan keturunan (non-hereditas) yang terjadi pada sel-sel di luar germline, mutasi ini disebut mutasi somatik.

Selain itu mutasi juga dapat terjadi karena adanya zat-zat penyebab mutasi, antara lain seperti radiasi matahari, radiasi radioaktif, radiasi sinar X, inframerah dan sinar ultraviolet, adanya senyawa kimia yang terhirup atau termakan dan lainnya.

Baca Juga :

Terlebih saat ini, semakin tingginya teknologi dan zaman yang semakin modern, banyak menghasilkan senyawa-senyawa dalam bentuk polutan, maka terjadinya mutasi gen pun dapat meningkat.

Mutasi dapat diperkenalkan karena kesalahan yang dibuat selama replikasi DNA atau karena paparan mutagen, yaitu bahan kimia dan lingkungan yang dapat memperkenalkan mutasi pada urutan DNA, seperti sinar ultraviolet.

Loading...
Loading...
Pengertian Mutasi Gen | ilmuhewan | 4.5