Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras

By On Monday, January 7th, 2019 Categories : Info Lainnya

Pengertian magnet lunak dan magnet keras secara umum akan kami bahas melalui artikel ini dimana didahului dengan mengenal magnet melalui sudut pandang definisinya yaitu yang dimaksud dengan magnet secara garis besar adalah sebuah objek benda mati yang memiliki suatu medan dikenal dengan nama magnet.

Suku kata magnet itu sendiri berasal dari Bahasa Yunani artinya ‘Magnitis Lithos’ yang mengandung makna yaitu Batu Amgnesian, dimana makna ini mengingatkan anda akan nama sebuah kota di Yunani yang bernama Magnesia dan sekarang populer dengan sebutan Kota Manisa, yaitu sebuah daerah dimana terdapat sebuah batu magnet raksasa yang ditemukan sejak zaman dahulu kala di wilayah ini juga.

Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras

Yang dimaksud dengan magnet lunak adalah salah satu jenis magnet yang dibuat dari bahan – bahan mudah dibentuk namun setelah selesai melalui proses pembuatan magnet maka sifat kemagnetan di dalamnya kurang mampu bertahan lama alias tidak awet. Contoh dari magnet lunak adalah besi.

Sedangkan yang dimaksud dengan magnet keras adalah salah satu jenis magnet yang dibuat berdasarkan bahan – bahan untuk membuat magnet pada umumnya yang agak sulit untuk dibentuk namun ketika selesai melalui proses pembuatan magnet maka akan membentuk sifat magnet yang mampu bertahan lama. Contohnya adalah baja dan kobalt.

Proses pembuatan kedua jenis magnet tersebut di atas berasal dari beberapa materi yang menyimpan medan magnet tetap maupun yang sementara alias tak tetap.

Informasi tambahan yang lainnya terkait dengan magnet adalah masing – masing jenis magnet mempunyai dua kutub yang saling berlawanan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Meskipun kondisi sebuah magnet sudah dipotong – potong hingga berukuran sangat kecil, tetap saja potongan magnet ini mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan selatan.

Di samping memiliki dua kutub yang saling berlawanan, magnet mempunyai sifat utama yaitu kemampuan untuk bisa menarik benda – benda lain bahkan beberapa benda yang memiliki berat jauh lebih besar dari berat magnet tersebut seperti benda – benda dari bahan logam namun tidak semua logam mempunyai daya tarik sama, ada materi kategori logam yang mempunyai daya tarik rendah yaitu oksigen cair. Contoh materi yang lainnya menyimpan daya tarik tinggi terhadap kekuatan magnet adalah besi dan baja.

Magnet sangat dibutuhkan dalam kelancaran kegiatan kehidupan sehari – hari, anda dapat melihat banyak contoh di sekitar anda tinggal yang memperkuat penjelasan bahwa ada banyak manfaat dan kegunaan dari magnet untuk kehidupan manusia antara lain : sebagai bahan untuk membuat ‘speaker’ / pengeras suara, diaplikasikan pada bagian ujung obeng guna memudahkan mengambil atau memasang skrup, dll.

Demikianlah pembahasan kami mengenai pengertian magnet lunak dan magnet keras, semoga saja bermanfaat !

Loading...
Loading...
Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras | ilmuhewan | 4.5