Pengertian Klasifikasi Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata (Filum Chordata)

By On Sunday, January 31st, 2016 Categories : Vertebrata

Filum Chordata merupakan sebuah kelompok jenis hewan vertebrata, dan diantaranya seperti Hemichordata, lalu Urochordata, hingga Cephalochordata.

Jenis hewan-hewan ini memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dengan hewan invertebrata misalkan sebagai berikut :

  • Terdapatya korda saraf yang letaknya ada pada dorsal dari notokorda.
  • Terdapat celah-celah insang Faringeal, dan memiliki sistem organ yang kompleks.
  • Terdapat pula notokorda, yang berbentuk seperti tongkat gelatinosa yang dalam beberapa stadium pertumbuhannya dapat berubah menjadi kaku.

Selain ciri-ciri tersebut hewan-hewan dalam filum ini memiliki ciri fisik yang berbeda-beda, seperti berikut ini :

  • Hemichordata yang memiliki bentuk tubuh seperti cacing, dan notokordanya berongga, dan pendek ukurannya serta memiliki insang yang banyak. Umumnya hewan jenis ini hidup di laut dalam, misalnya cacing laut.
  • Urochordata atau dikenal juga dengan sebutan Tunicata memiliki tubuh yang pendek dan tebal. Habitat hidupnya yang bebas hidup di laut sebgai parasite membuat jenis hewan ini mudah berpindah-pindah. Jenis kelaminnya pun ganda atau hermaprodit, serta dapat membentuk tunas, Contoh hewan tersebut seperti Molgula.
  • Cephalochordata, merupakan jenis hewan dengan tubuh yang kecil, memanjang dan pipih bentuknya mirip seperti ikan tapi tidak memiliki sirip, namun memiliki bentuk kepala yang jelas. Hewan tersebut mempunyai faring dan jumlahnya banyak pada celah insang. Keunikan jenis hewan ini tidak memilki jantung, namun terdapat aliran darah yang mengalir dalam tubuhnya. Untuk yang jantan dan betina terpisah maka fertilisasi pun dapat terjadi secara eksternal, misalnya branciostoma sp.

Dengan mengetahui ciri secara fisik dari hewan bertulang belakang ini, maka diharapkan dimasa mendatang akan lebih banyak perkembangan dari hewan ini untuk diteliti, khususnya untuk menambah pengetahuan siswa atau siswi yang sedang menimba ilmu pengetahuan.

Selain itu dengan mengetahui hal tersebut harapannya masyarakat juga dapat bertambah wawasannya sehingga dapat membedakan mana jenis hewan yang bertulang belakang dan mana yang tidak mempunyai tulang belakang.

Dengan mengetahui klasifikasi tersebut juga manusia dapat menentukan jenis hewan peliharaannya bagi yang hobi memelihara binatang.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

Loading...
Loading...
Pengertian Klasifikasi Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata (Filum Chordata) | ilmuhewan | 4.5