Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Jenis, Mekanisme Kerja dan Keuntungan Memberikan Probiotik Pada Hewan

By On Friday, October 27th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Pengertian, Jenis, Mekanisme Kerja dan Keuntungan Probiotik – Dewasa ini masyarakat sangat memerlukan gizi yang cukup, dari mulai protein nabati maupun protein hewani.

Maka dari itu peternakan unggas terutama ayam dituntut untuk dapat menyiapkan protein hewani sebagai pemenuhan gizi bagi masyarakat yang baik, ekonomis yang higienis.

Dan juga menguntungkan bagi para peternak.  Untuk mutu yang baik serta memenuhi kebutuhan masyarakat baik kuantitas maupun kualitasnya, maka unggas diberi feed additive atau suplement yang akan berguna untuk memperbaiki performance produksi dari unggas.

Baca Juga : Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

Berikut beberapa macam jenis feed additive atau makanan tambahan,  yaitu:

  1. Obat-obatan
  2. Antibiotik
  3. Hormon-hormon pertumbuhan

Namun obat-obatan yang dipergunakan untuk unggas sebagai feed additive, mempunyai efek samping kurang baik, hal itu dikarenakan resistensi terhadap suatu penyakit, membuat penyakit yang ada sulit disembuhkan, bahkan dapat menyebabkan timbulnya penyakit baru.

Hal ini juga berpengaruh bagi manusia yang mengkonsumsinya karena residu yang tertinggal dari pertumbuhan bisa menyebabkan efek kurang baik buat manusia dari daging ayam yang dikonsumsi.

Seiring dengan perkembangan dalam peningkatan mutu unggas yang berkualitas maka probiotik menjadi pilihannya. Probiotik adalah makanan tambahan atau feed additive yang berupa mikroorganisme hidup, yang kandungannya berupa bakteri maupun yeast yang diberikan melalui campuran ransum atau air minum para unggas.

Istilah dari probiotik menurut (Fuller, 1992) berasal dari bahasa Yunani yang artinya dalam ilmu biologi berarti untuk kehidupan.

Istilah tersebut pertama kali digunakan untuk menjelaskan substansi yang di sekresikan oleh suatu mikroba atau mikroorganisme yang dapat memicu pertumbuhan. Sedangkan mikroba yang berkaitan dengan makanan tambahan baru dimulai sekitar tahin 1974, tetapi penggunaan mikroba sebagai makanan tambahan telah dimulai dari ratusan bahkan ribuan tahun sebelumnya.

Sebagai contoh adalah makanan yang pertama kali mengandung mikroorganisme hidup adalah susu fermentasi seperti yoghurt.

Sedangkan tujuan dari probiotik adalah untuk memperbaiki keseimbangan populasi mikroba didalam saluran pencernaan.

Mikroba-mikroba yang menguntungkan populasinya akan meningkat dan menekan pertumbuhan mikroba yang merugikan bagi sebagian besar adalah mikroba penyebab penyakit (mikroba pathogenik), semuanya digunakan untuk mencegah terjadinya kontaminasi mikroba penyebab penyakit.

Probiotik memiliki sejumlah kriteria sebagai berikut (Mc Naught and Macfie, 2000) yaitu: bisa diisolasi dari hewan inang dengan spesies yang sama, mampu menunjukkan pengaruh yang menguntungkan pada hewan inang, tidak bersifat pathogen, bisa transit dan bertahan hidup dalam saluran pencernaan hewan.

Berikut 5 mekanisme kerja dari probiotik adalah:

  1. Menekan mikroba jahat melalui penyerapan nutrisi
  2. Merubah merabolisme pada mikrobial dengan cara yang cepat meningkatkan dan menurunkan aktivitas enzim pencernaan
  3. Mengandung imun yang dapat menstimulasi peningkatan kadar antibodi dan dapat dengan mudah mencerna bakteri dan sisa-sisa sel yang ada dalam jumlah banyak
  4. Berkompetisi terhadap makanan dan memproduksi zat anti mikroba
  5. Membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan.

Pemberian probiotik pada ternak seperti unggas ayam adalah salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah terjadinya kontaminasi penyakit-penyakit terutama penyakit typus terhadap unggas, yaitu daging dan telur sehingga menjadi aman dan higienis bila dikonsumsi oleh manusia.

Selain itu keuntungan pemberian probiotik adalah :

  1. Dapat memacu pertumbuhan
  2. Memperbaiki konversi pakan
  3. Menjaga kesehatan ternak antara lain dengan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Pemberian probiotik dapat memperbaiki produksi telur, berat kerabang dan tebal kerabang telur serta menurunkan kadar kolesterol di kuning telur.

Demikian beberapa manfaat dari probiotik bagi unggas untuk kuantitas dan kualitas sumber protein hewani yang mumpuni.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk Ternak

Loading...
Pengertian, Jenis, Mekanisme Kerja dan Keuntungan Memberikan Probiotik Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5