Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Jenis Dan Sistem Jaringan Otot Ternak

By On Sunday, January 21st, 2018 Categories : Jenis dan Macam

Pengertian, Jenis Dan Sistem Jaringan Otot Ternak – Otot adalah suatu jaringan di dalam tubuh manusia maupun hewan dengan peranan sebagai media untuk bisa bergerak aktif dengan cara menggerak – gerakkan rangka tubuh manusia serta melakukan pergerakan dari organ lain daripada tubuh.

Otot merupakan organ terpenting dari empat kelompok jaringan pokok di dalam tubuh.

Miologi adalah istilah umum yang diberikan untuk ilmu – ilmu yang khusus mempelajari tentang otot dimana diketahui bahwa otot dapat membentuk 43% berat badan dan lebih dari 1/3-nya adalah protein tubuh dan ½-nya merupakan tempat terjadinya kegiatan metabolik disaat tubuh sedang istirahat.

Kegiatan yang dimaksud adalah kontraksi jantung, kontraksi pembuluh darah, pernafasan, atau gerakan – gerakan peristaltic usus.

Baca Juga : Jenis Jenis Hormon yang ada Pada Hewan

Kebugaran terhadap kontraksi otot tergantung pada MCV (Maximum Contaction Voluntary) yaitu masa otot diperpanjang sebelum berkontaksi, otot akan diberi beban, tingkat kelelahan, tingkat keteralihan dan suhu otot. Persentase efisiensi kerja terhadap otot manusia adalah sekitar 18% – 26%.

Jaringan otot pada hewan ternak tersusun atas sel – sel otot dimana pengertian jaringan otot terkait dengan kondisi ini adalah jaringan yang berfungsi untuk melakukan kerja secara mekanik dengan cara melakukan kontraksi dan relaksasi. Maka dari itu, fungsi jaringan otot pada hewan ternak adalah untuk melakukan pergerakan menjadi lebih mudah dan sehat pada bagian tertentu dari tubuh.

Pada masing – masing hewan tingkat tinggi rata – rata memiliki beberapa jenis otot. Jaringan otot pada hewan ternak dibagi menjadi tiga macam yaitu jaringan otot polos, otot lurik (seran lintang), dan otot jantung. Berikut ini kami berikan penjelasan singkat tentang jenis jaringan otot pada hewan.

  1. Jaringan Otot Polos

Ciri khusus pada jaringan otot polos pada hewan adalah bersifat serabut kontraktil, kurang mampu memantulkan cahaya berselang – seling, sehingga sarkoplasmanya tampak polos dan homogen.

Otot polos terdapat di dalam alat – alat tubuh bagian dalam yang disebut juga sebagai otot visera.

Misalnya pada pembuluh darah, pembuluh limfa, saluran pencernaan, kandung kemih, dan saluran pernapasan.

Otot ini berfungsi untuk memberi gerakan di luar kehendak seperti gerakan zat pada sepanjang saluran pencernaan yang berguna sebagai pengontrol diameter pembuluh darah dan gerakan pupil mata.

  1. Jaringan Otot Lurik

Ciri spesifik pada jaringan otot lurik dari hewan adalah memiliki serabut kontraktil yang dapat memantulkan cahaya berselang – seling gelap (anisotrop) dan terang (isotrop). Otot lurik mampu bekerja di bawah kehendak (otot sadar) sehingga disebut dengan nama otot volunter dimana sel – selnya dilengkapi oleh serabut saraf dari sistem saraf pusat.

Terdapat di lidah, bibir, kelopak mata, dan diafragma. Otot lurik memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif karena mampu berkontraksi sangat kuat dan cepat sehingga bisa sekaligus berfungsi sebagai media menggerakkan tulang dan tubuh.

  1. Jaringan Otot Jantung

Ciri jaringan otot jantung dari hewan adalah berbentuk silindris atau serabut pendek yang tersusun atas serabut lurik dengan banyak cabang dan terhubung satu dengan yang lainnya. Kontraksi otot jantung memiliki system kerja secara otomatis namun bereaksi lambat, tidak pernah lelah, tetapi teratur.

Terletak di jantung dimana kontraksi dan relaksasi otot jantung akan menyebabkan jantung menguncup dan mengembang untuk fungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Jaringan otot hewan berkontraksi karena di dalam tubuh ternak banyak ditemukan serabut kontraktil yang disebut miofibril. Miofibril ini tersusun atas miofilamen atau protein aktin dan protein myosin dengan kandungan sekitar 40% berat tubuh mamalia adalah jaringan otot.

Demikian ulasan singkat dari kami semoga bermanfaat bagi pemula.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Struktur Tubuh dari Reptil

Loading...
Pengertian, Jenis Dan Sistem Jaringan Otot Ternak | ilmuhewan | 4.5