Pengertian Hewan Karnivora dan Herbivora

By On Thursday, February 2nd, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian Hewan Karnivora dan Herbivora – Tiap makhluk hidup tentunya diciptakan dengan berbagai keunikannya masing-masing.

Dimana tiap keunikan inilah yang membuat makhluk hidup menjadi memiliki keistimewaan tersendiri. Tidak terkecuali bagi hewan. Dimana hewan ternyata masih dibagi dalam berbagai jenis. Termasuk pembagian dalam jenis makanan yang mereka konsumsi.

Dimana untuk makanan yang dikonsumsi maka hewan akan terbagi menjadi tiga. Yakni hewan karnivora, hewan herbivore dan hewan Omivora.

Baca Juga : Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Ikan Sidat

Dimana tiap jenis hewan tersebut tentunya memiliki keunikannya sendiri. Namun sayangnya masih sedikit orang yang mengetahui apa saja keunikan yang dimiliki.

Terutama bagi hewan karnivora dan juga hewan herbivore. Untuk itulah akan dijelaskan pengertian hewan karnivora dan herbivora:

Pengertian Hewan Karnivora

Hal pertama yang patut diketahui adalah definisi dari hewan karnivora. Dimana hewan karnivora bisa diartikan sebagai hewan pemakan daging.

Yang artinya adalah hewan ini hanya menjadikan daging sebagai konsumsi utamanya. Daging yang dimaksud disini sendiri adalah daging dalam bentuk mangsa yang masih hidup atau daging dari hewan lain yang telah menjadi bangkai. Seperti yang dilakukan pada Burung Bangkai.

Contoh Hewan Karnivora:

  • Singa
  • Ular
  • Buaya
  • Musang
  • Burung Bangkai

Peranan Hewan Karnivora

  • Menjaga Tingkat Populasi

Peranan pertama yang dimiliki oleh Hewan Karnivora nyatanya tidak main-main. Yaitu mereka memegang peranan penting dalam menjaga tingkat populasi.

Dimana hal tersebut bisa dicapai dengan cara memakan hewan dengan tingkat lebih rendah. Hal ini berguna untuk membuat hewan jenis tersebut tidak melebihi jumlah yang seharusnya.

  • Menjaga Proses Seleksi Alam

Peranan lainnya yang dimiliki oleh hewan karnivora adalah menjaga proses seleksi alam. Seperti yang diketahui seleksi alam sangat dibutuhkan dalam tahap evolusi.

Dimana evolusi ini dibutuhkan dalam mencitpakan makhluk yang memiliki daya tahan hidup lebih tinggi.

  • Menjaga Ekosistem

Peranan terakhir yang dimiliki oleh Hewan Karnivora adalah mereka mampu menjaga ekosistem. Dimana hal bisa didapatkan dengan hewan karnivora jenis pemakan bangkai. Dimana mereka mampu menjaga ekosistem dengan membersihkan bangkai-bangkai hewan lainnya.

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan Herbivora sendiri adalah kebalikan dari hewan Karnivora. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa hewan karnivora adalah hewan yang menjadikan daging sebagai makanan utama mereka. Maka hewan Herbivora adalah kebalikannya.

Dimana Hewan Herbivora menjadikan tumbuhan sebagai makanan utama mereka. Hal paling menarik yang dimiliki oleh Hewan herbivora adalah kemampuan mereka dalam beradaptasi.

Dimana banyak pihak yang beranggapan bahwa Hewan Herbivora memiliki bakteri unik di sistem pencernaan yang membantu mereka dalam menjaga asupan makanan.

  • Posisi Mata Hewan Herbivora

Bisa dibilang, posisi mata yang dimiliki oleh hewan herbivora cukup unik. Hal tersebut tidak lepas karena posisi mata mereka yang terletak disamping wajah mereka.

Hal ini sangat berguna bagi hewan herbivora. Karena dengan posisi mata tersebut maka cakupan pandangan yang dimiliki oleh hewan herbivora sangatlah luas.

Sehingga membuat mereka memiliki tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah hewan predator menyergap mereka.

  • Bentuk Gigi Hewan Herbivora

Bentuk gigi yang dimiliki oleh hewan Herbivora tentunya tidak bisa disamakan dengan hewan karnivora. Dimana biasanya hewan karnivora memiliki taring untuk memakan mangsa mereka.

Sedangkan hewan herbivora tidak memiliki taring bahkan giginya bisa dibilang datar. Hal ini berguna untuk menyesuaikan makanan utama mereka. Yaitu tumbuh-tumbuhan.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Hewan Beruang

Loading...
Loading...
Pengertian Hewan Karnivora dan Herbivora | ilmuhewan | 4.5