Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Fungsi dan Macam Pakan Ternak

By On Sunday, April 16th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian, Fungsi dan Macam Pakan Ternak – Hal pertama yang muncul dibenak kalian ketika mendengar kata pakan apa?

Pasti banyak yang bilang bahwa pakan merupakan makanan yang biasa kita berikan pada hewan peliharaan dan ternak kita seperti burung, ikan, kucing, anjing, ayam, kambing, domba, dll. Tapi apa sih penegrtian sebenarnya dari pakan?

Pakan adalah segala hal yang kita berikan kepada hewan berupa makanan/asupan yang dapat menunjang kehidupan serta kesehatan hewan yang kita rawat dan jaga.

Biasanya pakan berfungsi untuk menunjang energi dan materi untuk pertumbuhan hewan yang kita rawat, terutama kepada para ternak.

Baca Juga : Klasifikasi Bahan Pakan Menurut Sumbernya

Zat yang paling penting dan sangat dibutuhkan pada pakan ternak adalah protein. Hal ini dikarenakan protein dapat menunjang kekebalan dan daya tahan tubuh, serta mempercepat perumbuhan pada hewan ternak.

Hal – hal yang harus diperhatikan mengenai Pakan

Sama seperti makanan pada umumnya, pakan juga memiliki waktu dimana pakan akan mengalami pembusukan. Maka dari itu, pakan jangan dibiarkan disimpan terlalu lama.

Biasanya, waktu maksimal dalam menyimpan pakan adalah 2 minggu atau sekitar 14 – 16 hari. Tempat yang digunakan untuk pakan pun harus lah bersih dan kering, karena sangat dikhawatirkan pakan akan mengalami pelapukan jika dibiarkan di tempat yang lembab.

Sebelum membeli pakan, biasakanlah untuk melihat latar belakang pakan tersebut. Seperti pabriknya, periksalah pabrik yang menciptakan pakan untuk ternak anda memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Setelah itu, pastikan juga bahwa pakan ternak yang anda berikan untuk ternak anda itu memiliki standar kualitas yang bagus dan haganya pun murah.

Fungsi Pakan

Dalam hal ini, sudah jelas jika fungsi pakan adalah untuk menunjang kehidupan yang baik bagi hewan ternak. Tetapi jangan salah, pakan juga memiliki fungsi yang lain.

Pakan dapat berfungsi sebagai pemelihara bagi tubuh ternak karena pakan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh ternak.

Pakan juga berperan penting dalam perkembangbiakan. Makanya kita harus menyiapkan pakan yang baik agar keturunan yang dihasilkan oleh ternak kita pun baik dan unggul.

Pakan juga dapat berfungsi sebagai penghasil warna kulit dan rambut yang indah. Itu sebabnya jangan pernah sembarangan dalam memberi pakan pada ternak kita.

Pakan juga berfungsi untuk menciptakan rasa yang lezat untuk setiap daging yang diciptakan oleh ternak kita.

Namun, jangan sekali – kali memberikan pakan yang terlalu banyak atau berlebih pada ternak yang kita rawat, karena itu akan berdampak buruk bagi kondisi fisik/kesehatan dari ternak tersebut.

Macam – Macam Pakan

Saat ini, banyak pabrik pakan yang mengembangkan pakan – pakan ternak pada umumnya dengan beberapa kompoposisi bahan kimia dengan harapan menciptakan pakan ternak dengan kandungan gizi yang lebih banyak dari sebelumnya.

Tetapi tidak sedikit pula pavrik pakan yang masih mempertahankan sifat alamiah dari sebuah pakan dan tidak mencampurkannya dengan bahan kimia lain dengan harapan untuk menjaga pakan ternak pada makanan – makanan alamiah pada umumnya.

Maka dari itu pakan ternak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Pakan Buatan

Pakan ini merupakan pakan yang disiapkan manusia dengan campuran beberapa komposisi tertentu. pakan ini biasanya bersifat mahal, karena pakan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mempercapat pertumbuhan dari ternak yang anda rawat agar menjadi ternak yang memiliki harga jual yang tinggi.

  1. Pakan Alami

Pakan ini merupakan pakan yang berasal dari alam dan masih terjaga kealamiannya. Biasanya pakan ini sangat murah, karena masih bisa ditemukan di pasar dan perkebunan atau pertanian.

Itulah pengetahuan yang kami punya seputar pakan ternak. Jangan lupa untuk terus membaca artikel – artikel kami yang berisi tentang hal – hal seputar peternakan.

Demikian artikel yang telah kami buat, mohon maaf apabila ada ada kesalahan kata dan hal – hal yang kurang berkenan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Air Rebusan Kedelai Untuk Ternak

Loading...
Pengertian, Fungsi dan Macam Pakan Ternak | ilmuhewan | 4.5